12 September 2019

Peta Antipodal, Melihat Sisi Bumi di Bawah Kaki Anda

Tipsiana.com - Paling tidak sekali dalam hidup, Anda pasti pernah bertanya-tanya apa yang ada dibawah kaki Anda, di sisi lain bumi. Ketika kecil dulu, kita pasti pernah berfantasi jika bumi ini digali hingga tembus sisi lain dunia, kita akan berakhir dimana?

Para orangtua di AS sering menjawab, mereka akan ketemu dengan negara China, tapi sebenarnya jawaban tersebut salah. Bumi itu bulat, jadi jika Anda mulai menggali di belahan bumi utara, maka lubang tersebut akan berakhir di belahan bumi selatan. China dan AS sama-sama berada di belahan bumi utara. Bagaimana dengan Indonesia? Kita terletak di jalur khatulistiwa yang artinya geografis Indonesia berada di tengah-tengah belahan bumi utara dan selatan.


Dalam geografi, antipode adalah dua tempat yang terletak di belahan bumi yang berlawanan. Dua titik yang antipodal dari satu tempat ke tempat lain terhubung oleh garis lurus yang melewati garis tengah bumi.

Dengan ilmu geografi, kita bisa menjawab rasa penasaran tersebut. Peta Antipodal akan menunjukkan lokasi akurat, tinggal masukkan dimana lokasi Anda berdiri, maka ia akan memberi tahu apa yang ada di belahan bumi tepat dibawah kaki Anda.

Bila kita menggali dari Indonesia, maka akan tembus di sekitar hutan Amazon benua Amerika. China akan tembus ke Argentina. Selandia Baru akan berakhir di Spanyol dan Greenland akan berakhir di benua Antartika. Tempat-tempat tadi termasuk beruntung karena akan bertemu daratan. Karena bumi dua pertiganya berisi air, maka kebanyakan negara lain akan akan berakhir di lautan.


Secara teori tidak mungkin kita bisa menembus perut bumi. Tak ada ilmu teknik yang sanggup menembus perut bumi. Jika pun nanti ada yang mampu, perut bumi berisi logam cair yang sangat panas sehingga semua alat pengebor akan meleleh. Bahkan, penelitian menunjukkan suhu inti bumi lebih panas dibanding suhu permukaan matahari.

Usaha penggalian paling jauh yang pernah dilakukan manusia hanya mampu menembus sedalam 7,5 mil (12 km) bernama pengeboran Kola Superdeep di Murmansk, Rusia. Di kedalaman tersebut suhu telah mencapai 180 derajat Celsius yang membuat semua alat pengeboran rusak. 12 km untuk ukuran bumi adalah sangat dangkal, sama halnya baru menembus kulit ari bumi.

Nah, daripada repot dengan segala urusan penggalian fisik, lebih aman dan nyaman bila kita menggali lewat peta antipodal ini. Tinggal masukkan koordinat, maka jawaban sepanjang hidup Anda akan diberikan.


Dari peta antipodal diketahui ada 16 kota di dunia tembus tepat dengan kota lain. Dan dua diantaranya ada di Indonesia. Kota padang terletak tepat terletak dibawah kota Esmeraldas, Ekuador. Dan Kota Palembang akan tembus di Kota Neiva, Kolombia. Sekali lagi Indonesia termasuk 'beruntung' karena bila melakukan penggalian, maka akan termasuk wilayah paling banyak bertemu daratan.

Bagaimana dengan tempat tinggalmu? silahkan jelajahi sendiri di sini: https://www.antipodesmap.com

Ini Artikel Terbaru