12 Mei 2019

Delapan Manfaat Daging Kulit Semangka

Tipsiana.com - Konsumsi buah-buahan di bulan puasa seperti sekarang biasanya meningkat. Salah satu buah favorit yang nyaris tak pernah ketinggalan mengisi berbuka adalah buah semangka. Rasa manis dengan air jusnya yang melimpah sangat cocok menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Tapi tahukah Anda? Kebanyakan kita hanya mengkonsumsi daging buahnya saja, tanpa tahu bahwa kulit buah semangka yang berwarna putih kehijauan ternyata juga dapat dikonsumsi. Bahkan, kulit buah semangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Faktanya, 95% nutrisi yang terkandung dalam semangka tersimpan di kulit buahnya.


Kulit buah semangka mirip daging buahnya dimana sama-sama mengandung kadar air yang tinggi. Karenanya, konsentrasi air yang tinggi dapat membantu kerja ginjal lebih efektif. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu menurunkan tekanan darah.

Kulit semangka juga penuh dengan vitain C, B6, dan A. Dengan mengonsumsi kulit buahnya, kadar Kalium dan Seng yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi.

Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian Amerika menyatakan bahwa senyawa citrulline yang ada di kulit semangka dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Semua vitamin dan mineral tersebut dapat ditemukan hanya dalam satu porsi dari total buah.

Manfaat mengkonsumsi kulit buah semangka
1. Menghancurkan batu ginjal

Kalium pada kulit semangka adalah unsur penting untuk kesehatan ginjal karena membantu mengatur dan menjaga kadar asam dalam urin.  Selain itu, kandungan air pada kulit semangka membantu meluruhkan batu yang bersembunyi di ginjal. Oleh karena itu kulit semangka sangat bagus untuk pengobatan dan pencegahan batu ginjal.

2. Menurunkan berat badan

Citrulinne dapat membantu menurunkan berat badan. Serat yang terkandung di kulit membuat Anda menjadi kenyang untuk waktu yang lama. Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi citrulline, mengalami kehilangan 30% lemak lebih banyak dari yang tidak mengonsumsinya.

3. Anti inflamasi

Likopen yang ditemkan dalam kulit semangka mampu mengurangi peradangan penyebab radang sendi, sedangkan folat dapat mengurangi resiko serangan jantung dan kanker usus besar. Selain itu, karena kulit semangka merupakan sumber beta-karoten yang baik, ia akan menyehatkan mata Anda.

4. Afrosidiak

Kulit semangka membantu meningkatkan sirkulasi darah. Efeknya, minum jus semangka dapat membantu pria yang menderita disfungsi ereksi sedang. Kesehatan prostat pria juga akan terjaga.


5. Mengobati infeksi saluran kemih

Sifat melembabkan dan diuretik dari kulit semangka sangat efektif mengobati infeksi saluran kemih. Karena itu, jika terdapat gejala ISK, mulailah minum jus semangka.

6. Mengurangi keluhan saat hamil

Wanita hamil dapat mengonsumsi kulit semangka untuk mengurangi rasa mulas dan pembengkakan saat hamil. Gula alami yang ada di kulit bahkan dapat mengurangi mual di pagi hari.

7. Mengatur tekanan darah

Karena kandungan airnya yang tinggi, mengonsumsi kulit semangka dapat menurunkan darah tinggi. Selain itu, jika Anda menderita tekanan darah rendah, mengkonsumsi kulit semangka akan mengatur sirkulasi darah Anda dan menormalkan tekanan darah.

8. Lebih ekonomis

Menggunakan setiap bagian dari semangka tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi juga bermanfaat bagi dompet Anda. Anda dapat membuat acar dari kulit semangka karena memiliki konsistensi yang sama dengan mentimun.

Sumber : http://juicing-for-health.com/watermelon-rind-juice-break-down-kidney-stones-stop-uti.html

loading...