10 Januari 2019

Tiga Cara Kupas Bawang Putih Paling Cepat dan Mudah

Tipsiana.com - Bawang putih adalah bahan wajib yang selalu tersedia di dapur kita. Hampir semua masakan tak sempurna rasanya bila tak ditambah bawang putih. Selain bawang putih mampu membuat masakan lebih lezat, ia ternyata juga  memiliki banyak kasiat lain untuk kesehatan. Karena sudah menjadi kebutuhan, tak heran jika banyak ibu rumah tangga membeli bawang putih dalam jumlah banyak sebagai stok di dapur mereka.


Yang sering dikeluhkan, kulit bawang putih yang keras dan lengket pada daging umbinya cukup sulit dilepas. Sehingga untuk mengupas bawang putih cukup memakan waktu dan harus menggunakan alat bantu pisau.


Tiga trik cara mengupas bawang putih berikut ini akan menjadi solusi sederhana bagi para ibu di dapur. Waktu Anda akan banyak terselamatkan dan memasak menjadi jauh lebih cepat. Anda tinggal memilih trik mana yang paling cocok. Dari tiga cara yang akan disajikan, Anda akan mengetahui mana yang paling efektif. Untuk hasil terbaik, pilihlah bawan putih yang berwarna putih susu dan kulitnya tidak terlalu kering.

1. Mengguncang bawang putih dalam wadah

Trik ini menjadi tren pada beberapa tahun terakhir. Caranya sangat unik, masukkan bawang putih kedalam wadah bertutup, lalu guncang/ kocok sekuat-kuatnya selama beberapa saat. Ajaib, kulit bawang yang keras dan lengket menjadi terlepas sendiri dari dagingnya.

Cara ini akan efektif jika Anda mengguncangnya sekuat tenaga. Biasanya butuh waktu agak lama hingga kulit bisa terlepas.

2. Merendam dengan air hangat

Bisa saja Anda menggunakan air dingin untuk merendam bawang putih. Tapi waktu merendamnya menjadi lebih lama. Idealnya, rendam bawang putih kedalam air hangat selama 10 - 15 menit. Selagi menunggu, Anda bisa menyiapkan pekerjaan yang lain.

Dengan merendam dalam air hangat, air akan masuk meresap kedalam kulit bawang putih sehingga kulit menjadi lebih mudah dikupas. Hanya saja, bila air rendaman terlalu panas, bagian luar bawang menjadi matang.

3. Digeprek

Cara ini sangat praktis, Anda tinggal memipil bawang dari bonggolnya lalu menempatkannya dibawah badan pisau. Pukul badan pisau dengan telapak tangan dan bawang akan tergeprek. Kulit bawang akan otomatis terlepas begitu bawang menjadi penyet.

Kekurangannya, bawang tak lagi berbentuk seperti semula karena sering menjadi remuk. Namun ini biasanya tak masalah bila bawang tak berbentuk lagi. Toh, rasanya tak berubah.

Untuk lengkapnya, silahkan tonton video dibawah ini:

loading...