7 Mei 2018

Cara Ampuh Bersihkan Karat pada Logam dan Pakaian

Tipsiana.com - Karat bukan saja fenomena yang mengganggu dan merusak keindahan, ia juga menyebabkan logam melemah dan menjadi rusak serta memperpendek umur alat-alat berbahan logam. Meski banyak produk penghilang karat dijual, biasanya kita lebih memilih membuang barang berkarat karena mahalnya harga penghilang karat tersebut.

Tips berikut akan membantu mencegah pembentukan karat lewat cara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Cara ini ini bahkan mampu menghilangkan noda karat yang menempel di pakaian Anda.


Apa penyebab karat dan bagaimana mencegahnya?

Karat adalah hasil dari proses yang disebut korosi yang terjadi pada logam yang terkena air dan oksigen. Proses ini melemahkan ikatan antara molekul pada senyawa besi dan menyebabkan molekulnya terurai lebih cepat.

Jadi, sebelum Anda berpikir bagaimana cara menghilangkan karat, mengapa tidak mencegah pembentukan karat lebih awal dengan beberapa langkah mudah? Tentu, kita tahu solusi dasarnya, selalu tempatkan peralatan logam Anda di lingkungan yang kering dan jauhkan dari air, dan selalu lap hingga kering logam yang terkena air. Tapi, ada beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk mencegah agar peralatan logam Anda tak mudah berkarat.

Cat dengan baik

Mengecat peralatan logam adalah cara terbaik mencegah karat muncul, gunakan warna dasar dan cat tipis di permukaan logam untuk membuat lapisan isolasi yang akan mengurangi kontak metal dengan kelembaban udara. Disarankan untuk mengecat lebih dari satu lapisan agar hasilnya efektif.

Gunakan musuh terbesar air

Semua tahu kalau minyak dan air takkan bisa menyatu, jadi untuk melindungi benda logam Anda tanpa mengecatnya, Anda bisa menggunakan minyak makan. Oleskan ke seluruh permukaan logam, jemur di panas matahari selama sepuluh menit lalu lap dengan tisu. Perlu dicatat, membilas permukaan atau mengelap hingga minyak hilang akan membuat logam kembali rentan berkarat lagi.

Perawatan berkala

Ini mungkin tips paling sederhana tapi juga paling efektif. Karat tak akan muncul jika Anda selalu melakukan pemeliharaan rutin. Selalu menyimpan ditempat kering dan rutin meminyaki setiap beberapa minggu adalah langkah yang tepat. Besi ujung-ujungnya akan tetap berkarat, tapi sama seperti merawat kesehatan Anda, jika dipelihara dengan baik akan memperpanjang umurnya.



Lima Cara Alami Hilangkan Karat

Tak banyak yang tahu disamping produk penghilang karat yang mahal, ternyata ada banyak pilihan yang bisa digunakan dengan biaya murah dan tersedia di rumah Anda. Berikut 5 cara alami dan efektif membersihkan karet:

1. Cuka Putih

Cairan asam ini mampu menghilangkan karat dengan cepat dan efisien hanya dalam hitungan jam. Cuka biasa juga dapat digunakan namun butuh perendaman selama 24 jam untuk hasil yang sempurna.


Cara penggunaan : Jika benda logamnya berukuran kecil, rendam kedalam mangkuk berisi cuka, biarkan terendam selama beberapa jam dan dengan hati-hati gosok karat di permukaan logam. Jika objeknya lumayan besar, Anda bisa mencelupkan kain kasar atau wol baja kedalam cuka putih dan gosokkan diatas permukaan yang berkarat.

2. Bir

Anda mungkin tak pernah menyangka minuman beralkohol ini bisa menghilangkan karat, namun karbohidrat yang terkandung dalam bir, berkontribusi mendekomposisi partikel karat di permukaan logam sehingga Anda dapat dengan mudah menghapusnya.

Caranya : Gunakan kain lap yang telah dicelup kedalam bir untuk menggosok permukaan berkarat. Letakkan logam berkarat di bawah sinar matahari selama beberapa jam sampai mengering, kemudian bersihkan karat dengan cara menggosoknya memakai aluminium foil.

3. Baking Powder

'Bubuk ajaib' ini sering digunakan untuk membersihkan berbagai perabot, dan bahkan bila Anda tidak mengunakannya untuk memasak, punya baking powder di rumah sangat baik. Salah satu kemampuannya adalah menghilangkan karat membandel pada perabot.

Cara pakai: Tempatkan baking soda kedalam mangkuk dan tambahkan air hingga mengental. Gunakan pisau atau spatula untuk mengambil pasta dan lumuti ke permukaan logam berkarat, biarkan selama beberapa jam. Lagu gosok dengan sikat atau aluminium foil.

4. Kentang

Kentang ternyata tak hanya berguna sebagai makanan. Asam oksalat yang terkandung di dalamnya efektif menghilangkan karat jika Anda tahu cara menggunakannya. Yang dibutuhkan adalah kentang ditambah sabun dan air. Campuran ketiganya membentuk senyawa kimia yang efektif.


Cara pakai : Potong kentang jadi dua bagian, lalu rendam kedalam mangkuk yang berisi air sabun. Setelah semenit, angkat potongan kentang dari mangkuk dan gosokkan ke permukaan yang berkarat. Celupkan kentang kedalam cairan air sabun beberapa kali selagi menggosok karat.

5. Minuman bersoda

Soda kini mungkin tak lagi populer karena efek negatif yang dapat ditimbulkannya untuk kesehatan, tapi bukan rahasia lagi kalau minuman bersoda mampu menghilangkan karat. Kandungan asam fosfat didalamnya mampu mengikat oksida besi dan menyebabkan lapisan karat melarut.


Caranya: Untuk hasil terbaik, disarankan untuk merendam logam kedalam mangkuk berisia minuman bersoda selama 24 jam atau lebih. Setelahnya gosok dengan aluminium foil. Jika perangkatnya terlalu besar, Anda bisa mengelapnya menggunak spons yang dicelup kedalam larutan soda, lalu gosok dengan menggunakan gumpalan aluminium foil.

Cara menghilangkan noda karat pada pakaian

Karat tak hanya menyerang logam, ia juga bisa melekat di pakaian dan nodanya sangat susah dihilangkan. Dengan beberapa langkah sederhana ini, Anda bisa melawannya. Yang Anda butuhkan hanya air, garam dapur, air lemon dan sianr matahari. Anda juga bisa gunakanlarutan ini untuk menghilangkan karat di permukaan logam.


Caranya:

  • Campurkan segelas air dengan air lemon dan sesendok makan garam dapur, aduk hingga larut.
  • Jika Anda butuh lebih dari segelas air,  tambahkan garam dapur, tapi hati-hati, jangan kebanyakan, karena bisa menyebabkan cairan terlalu berbusa.
  • Gunakan cairan tadi pada noda karat. Lalu jemur dibawah sinar matahari.
  • Setelahnya, cuci pakaian seperti biasa. Jika noda tak mau hilang, ulangi lagi langkah diatas. Noda karat membandel kadang butuh beberapa kali pengulangan.
  • Jia Anda ingin memakainya pada permukaan logam, rendam logam yang berkarat selama beberapa jam, lalu gosok hingga karatnya lenyap.

loading...