20 Mei 2018

Reaksi Tak Terduga Masyarakat Pada Wanita Bercadar

Tipsiana.com - Berbagai peristiwa peledakan bom yang melibatkan perempuan dan anak-anak belakangan ini begitu mengusik kedamaian masyarakat Indonesia. Terlepas dari siapa dalang dan apa tujuan tindakan biadab tersebut, satu hal yang pasti adalah banyak kalangan kini ikut menjadi korban tak langsung peristiwa tersebut.

Mereka yang berbusana Niqab atau cadar adalah salah satunya. Pelaku peledakan dan beberapa anggota terduga teroris yang saat tertangkap menggunakan cadar berbuntut panjang. Secara tak langsung, wanita bercadar mulai dikaitkan dengan terorisme. Beberapa oknum bahkan melakukan persekusi terhadap mereka yang bercadar.


Hal ini tentu sangat menyedihkan dan berpotensi memecah persatuan bangsa. Padahal, melakukan generalisasi terhadap apa yang dikenakan seseorang merupakan tindakan tak adil. Ahmad Zaki, seorang Youtuber asal Indonesia melakukan eksperimen sosial tentang bagaimana sebenarnya persepsi masyarakat luas tentang wanita bercadar. Hasilnya ternyata diluar dugaan.

Zaki menempatkan seorang pria dengan gaya ikhwah; berkafayeh dan bercelana taktis yang sengaja dibuat cingkrang (dinaikkan diatas mata kaki) di sebuah kawasan mall di Jakarta.  Disebelahnya berdiri dua orang perempuan bercadar. Ketiganya membawa tulisan yang meminta orang-orang untuk memeluk bila mereka merasa aman dengan kehadiran mereka.

"Jika Anda Lelaki Peluk Saya" tulisan ini dibawa oleh si laki-laki. Dua wanita bercadar lainnya membawa tulisan "Jika Anda perempuan, peluk saya," dan "Peluk Saya jika Anda merasa Aman dengan keberadaan Saya."


Awalnya, Zaki berpikir percobaannya ini akan gagal, berbagai ujaran kebencian pada perempuan bercadar yang banyak menyebar di media sosial seolah menggambarkan persepsi umum masyarakat. Namun diluar dugaan, hanya butuh beberapa menit menunggu, para pejalan kaki yang melihat aksi mereka dengan hangat mulai berdatangan memeluk dan menyapa.

Melihat reaksi luar biasa ini, dua perempuan bercadar tersebut menangis haru. Mereka akhirnya tahu bahwa persepsi negatif yang selama ini menyebar hanya dilakukan oleh segelintir orang. Mayoritas masyarakat Indonesia tetap menerima mereka sebagai saudara dan tetap merasa aman berada di sekitar mereka.

Dalam dua hari ini, video Ahmad Zaki menjadi viral di media sosial. Jutaan orang telah menontonnya di Facebook dan ribuan orang memberikan komentar positif, terharu dan bangga pada apa yang dilakukan masyarakat.


Berikut beberapa komentar dari netizen di youtube:
"Demi apa pun saya sangat sedih liat videonya. islam bukan teroris. Teroris bukan islam" tulis Adikaputra CS.

"Saya wanita bercadar, terkadang saya sedih apabila ada yg memandang "KAMI" wanita bercadar sebagai seorang teroris, aliran sesat, sok alim, sok suci dsb
padahal ga semua wanita bercadar itu seperti apa yg orang orang fikirkan, kami hanya manusia biasa yg ingin menjalankan Sunnah. Semoga Allah senantiasa memberi keteguhan hati, kesabaran kepada kita dan menjauhkan kita dr fitnah akhir zaman. Aamiin Allahuma Aamiin" Octarian Mutiara Pradana bercerita.

"Saya salah satu yg memeluk cowo disana...saya merasa sedih kok islam dibeginikan nya...padahal di indonesia ini mayoritas muslim...kok dijaman sekarang seolah-olah orang muslim seperti lemah dan sperti brlindung dr pmerintahan yg tidak pduli dengan mreka...

Jujur saja apa salahnya mereka bercadar,berjenggot atau menggunakan atribut islam lain nya.

Biarkan lah mereka berpakaian tertutup untuk menjalankan ketaatan dalam agamanya dan jangan mengganggunya. Dan kami umat islam jg tidak mngganggu agama lain dengan cara brpakaian nya dlam mnjalan kn kgiatan nya...mari saling berangkulan dan jgn trpecahkan..sesungguhkan umat beragama sedang di adu domba oleh org" sekuler dan liberal...agar kita saling mnjatuhkan dan lemah...dan mreka dengan mudah mnguasai indonesia/NKRI ini...smngat indonesia...allahu akbar!!!" seru akun The new Tyo The new tyo.

Kini gerakan sosial ekspermen ini menyebar ke lampung

Dan Bali

loading...