24 Mei 2018

Jangan Pernah Simpan Ponsel Anda di Tempat-tempat Ini

Tipsiana.com - Hari ini, praktis hampir tak ada orang yang keluar rumah tanpa membawa ponselnya. Meski begitu, penelitian membuktikan ada banyak tempat yang tak boleh Anda gunakan untuk menyimpan ponsel dalam jangka waktu lama. Alasannya, bila Anda nekat menyimpan ponsel di tempat-tempat tersebut, kalau tidak ponsel Anda yang rusak, maka kesehatan Anda yang jadi korban.

Berikut delapan tempat menyimpan handphone yang harus Anda hindari:


1. Kantung celana belakang 

Banyak alasan mengapa menyimpan ponsel di kantung belakang adalah ide yang buruk. Yang paling utama, Anda akan sangat mudah lupa kalau sedang menyimpan ponsel di kantung belakang. Resikonya, ponsel akan rusak akibat tak sengaja terduduk, membuat panggilan tak sengaja atau bahkan bisa hilang tanpa sadar.

Menyimpan ponsel di kantung belakang juga bisa mengganggu sirkulasi Anda, sehingga Anda merasa sakit di bagian kaki dan perut.

2. Kantung celana depan

Menyimpan dikantung celana depan bisa membahayakan kaum pria. Ini karena studi membuktikan bahwa radiasi gelombang elektromaknetik yang dikeluarkan smartphone dapat berakibat negatif pada kualitas dan jumlah sel sperma pria. Resikonya akan meningkat seiiring semakin lamanya pria menyimpan ponsel di kantong celananya.

3. Bra

Meski tak semua ahli setuju dengan yang satu ini, sebagian peneliti memperingatkan kalau menyimpan ponsel dalam bra bisa meningkatkan resiko terserang kanker payudara.

4. Menempel di kulit

Saat berbicara di HP, cobalah untuk menjaga jarak setidaknya 0,5 hingga 1,5 cm dari wajah Anda. Ini karena bila Anda menempelkan wajah Anda ke ponsel, Anda akan mentransfer bakteri yang ada di ponsel. Radiasi elektromaknetik dari ponsel juga akan semakin kuat terserap kulit Anda.

5. Dibawah bantal

Cukup banyak alasan kenapa Anda dilarang menyimpan ponsel di bawah bantal. Radiasi yang dikeluarkan bisa membuat kepala Anda pusing, dan jika layar ponsel menyala setiap ada pemberitahuan masuk, produksi melatonin Anda akan terganggu. Jika Anda ingin tidur nyenyak, letakkanlah ponsel jauh dari kepala Anda.


6. Di pinggul Anda

Menurut peneliti, membawa ponsel dekat dengan paha atau pinggul dapat beresiko membuat tulang panggul Anda melemah, terutama saat jika membawanya dalam jangka waktu lama.

7. Di kereta bayi (Stoller)

Para ibu yang terburu-buru sering meletakkan begitu saja ponselnya kedalam stoller. Padahal, beberapa peneliti mengklaim tindakan tersebut sebenarnya dapat membuat bayi menderita beberapa gangguan, seperti ADHD dan hiperaktif.

8. Menempel di pengisi daya terlalu lama(Charger)

Meski meninggalkan ponsel dalam kondisi di cas semalaman tidak akan merusak ponsel Anda, kebiasaan ini ternyata dapat mengurangi efisensi baterai secara signifikan. Ia juga akan memperpenduk usia ponsel. Pastikan Anda mencabut daya segera setelah baterai penuh.

Beberapa tempat kadang memang tak bisa terhindarkan. Kuncinya adalah tidak menaruhnya terlalu lama di tempat-tempat terlarang tersebut.

loading...