18 Mei 2018

Al-Qur'an & Ramadhan

Tipsiana.com - Allah berfirman, "Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda" - QS 2: 185

Allah telah memilih Ramadhan diatas bulan-bulan yang lain untuk menurunkan Al-Qur'an kepada manusia. Kitab yang mengubah segala-galanya untuk selama-lamanya

Di bulan yang sama ini, Allah sampaikan bahwa fungsi Al-Qur'an itu setidaknya ada 3: petunjuk bagi manusia, bukti-bukti dalam petunjuk, dan pembeda antara haq dan bathil


Pertama, indah sekali ketika Allah memberitahu hamba-hamba-Nya, bahwa Al-Qur'an diturunkan di bulan Ramadhan, agar jadi petunjuk bagi manusia, bukan hanya mukmin saja.

Inilah penegasan bagi ummat Rasulullah saw, sebab diantara semua ummat para Nabi, kaum Muslimlah yang bertanggung jawab atas semua manusia, agar mereka mengenal Islam.

Maka misi Ramadhan ini adalah untuk kembali mempelajari Al-Qur'an, sebab tugas kita mengenalkan Al-Qur'an itu untuk semua manusia, khususnya di bulan Ramadhan.

Kedua, Al-Qur'an ingin menegaskan bahwa ia datang bukan hanya sebagai petunjuk dari Allah buat manusia, tapi ia juga mukjizat, bukti bahwa Islam adalah agama yang benar.

Andai Musa diberikan petunjuk oleh Allah dalam Taurat, tapi mukjizatnya bukanlah Taurat, melainkan tangan bercahaya, terbelahnya laut, manna wa salwa dan seterusnya.


Begitu juga Isa, petunjuk yang ia bawa dari Allah adalah Injil, akan tetapi mukjizatnya bukanlah Injil, melainkan hidupkan orang mati, menyembuhkan buta dan lepra sekali sentuh.

Tapi Nabi Muhammad saw, Allah berikan petunjuk sekaligus mukjizat, bukti-bukti tak terbantah di dalamnya, agar manusia tak punya hujjah kecuali beriman, itulah Al-Qur'an.

Ketiga, bila keduanya sudah mewujud dalam diri kita, petunjuk dan bukti kebenaran (mukjizat), maka dengan itulah kita bisa membeda, mana yang haq dan mana yang bathil.

Di bulan Ramadhan, ketiganya lebih dibuka pada kita, lebih banyak dan lebih melimpah ketimbang bulan-bulan lainnya, sebab inilah bulan Al-Qur'an.

Ya Allah sayangi kami dengan Al-Qur'an.

Sumber : Status Instagram Ustadz Felix Siauw

loading...