24 April 2018

Tak Sengaja Temukan Harta Karun, Tujuh Orang ini Kaya Mendadak

Tipsiana.com - Keberuntungan dalam hidup bisa terjadi dimana saja. Bahkan kadang cara mendapatkannya tak terduga. Beberapa orang berikut menemukan benda berharga secara tak sengaja di tempat yang unik. Ada yang menemukannya dia tumpukan barang rongsokan, di pasar loak, dinding rumah, hingga halaman belakang rumah.

Semua benda berharga tersebut ditemukan dengan cara yang sangat tidak biasa. Namun yang pasti, penemunya telah menemukan harta karun yang membuat mereka menjadi kaya raya. Dalam artikel ini, Anda akan melihat keberuntungan mereka.


1. Batu Royal Opal

Pria beruntung ini berasal dari Australia. Ia menemukan batu opal paling langka di dunia. Saat sedang bekerja, ia menemukan sebuah batu berkilauan didasar ember berisi batuan biasa. Pria itu memutuskan menyimpan batu indah tersebut sebagai suvenir. Saat ditunjukkan kepada seorang ahli batu berharga 14 tahun kemudian, ia diberitahu kalau batu miliknya adalah batu jenis black opal yang sangat langka.


Batu tersebut akhirnya diberi nama "Royal One," dan menurut ahli, harga yang dibanderol di rumah lelang bernilai 3 juta dolar (41 milyar rupiah).

2. Deklarasi Kemerdekaan

Seorang pria yang juga berasal dari Pennsylvania, AS, membeli sebuah lukisan berharga 4 dollar. Ia sengaja membelinya untuk hiasan rumahnya, namun ketika ia sedang mengganti pigura lukisan, ia menemukan dokumen yang terselip di belakang lukisan.


Ternyata dokumen tersebut adalah satu dari 25 salinan Deklarasi Kemerdekaan AS yang dibuat pada tahun 1776. Tak lama, dokumen tersebut terjual di rumah lelang dengan harga 2,4 juta dollar (32,9 milyar rupiah).

3. Dinding koin

Ada sebuah rumah tua di kota Windber, Pennsylvania, AS yang telah ditinggalkan pemiliknya lebih dari dua puluh tahun. Suatu hari, beberapa orang anak setempat masuk dan bermain di rumah  tua tersebut. Saat bermain itulah mereka menemukan beberapa kepingan uang logam kuno didekat dinding rumah yang mulai rusak.


Anak-anak itupun bergegas pulang dan melaporkan temuan mereka pada orangtuanya. Para orangtua memutuskan untuk menjebol dinding dan menemukan ratusan koin tua di dalamnya.

Menurut perhitungan, sejumlah koin kuno biasa yang mereka temukan bernilai sekitar 8.500 dollar (116 juta rupiah). Kejutan belum berakhir, diantara koin kuno biasa tadi, beberapa diantaranya terdapat koin yang sangat langka keluaran antara tahun 1793 - 1857 yang bernilai 200.000 ribu dollar (2,7 milyar rupah).




4. Palu yang Hilang

Pada tahun 1992, seorang petani Inggris bernama Peter Whatling kehilangan palunya. Berusaha menemukannya, ia meminjam detektor logam buatan temannya. Beberapa menit pencarian, Lawes menemukan sekeping koin perak besar.

Ia mulai menggali tepat ditempat koin tersebut ditemukan dan menemukann kotak kayu yang berisi perhiasan dan beratus koin.


Arkeolog menamakan harta penemuannya sebagai "Hoxne Hoard." Nilainya ditaksir mencapai 15 juta dolar (200 milyar rupiah). Hebatnya, semua artefak yang ditemukannya ia sumbangkan ke Museum Inggris. Ia akhirnya mendapat hadiah penghargaan sebesar 2,3 juta dolar (32 milyar rupiah) dan ia membagikan hadiah tersebut kepada temannya. Pada akhirnya, Whatling tak pernah menemukan palunya.

5. Amplop berisi uang

Di tahun 2009 seorang pekerja bangunan dari Cleveland, Ohio, AS bernama Bob Kitts sedang merenovasi bangunan sekolah tua milik temannya, Amanda Reece. Ia mencopot ubin kamar mandi dan menemukan dua kotak kaleng obat berisi amplop penuh uang. Setelah dihitung, uang tersebut berjumlah 182 ribu dolar (2,5 milyar rupiah).


Kedua sahabat tersebut girang bukan kepalang tapi tak menemukan kesepakatan soal pembagiannya. Amanda menawarkan 10% untuk Bob, tapi Bob minta 40%. Pertikaian mereka akhirnya sampai ke pengadilan. Akhirnya hakim memerintahkan harta temukan tersebut dibagi dua.

7. Emas Bangsawan Inggris

Terry Herbert, seorang arkeolog amatir, meminta izin kepada temannya untuk menyusuri kebunnya dengan metal detektor. Ia berharap bisa menemukan beberapa keping koin kuno. Bukannya menemukan satu atau dua keping koin kuno, dihari pertama pencariannya mereka menemukan 4000 artefak dengan berat total 4,5 kg.


Arkeolog menemukan bahwa harta karun tersebut dulunya milik seorang Bangsawan, Panglima dan tokoh relijius di abad ke-12 yang suka melakukan ritual pengorbanan untuk tuhan. Harta karun tersebut bernilai 5,3 juta dolar (73 milyar rupiah).

8. Bongkahan emas

Di Ballarat, Australia, seorang petani lokal berjalan menusuri padang pasir dekat rumahnya dengan alat pendeteksi logam. Ketika alat mendeteksi adanya logam, ia mulai menggali. Ia menemukan secuil emas. Ia lanjutkan menggali sampai akhirnya menemukan bongkahan emas seberat 5,5 kg bernilai 315 ribu dolar (4,4 milyar rupiah).


Lucunya, sebelum ia menggali, banyak orang sudah mencari benda berharga di tempat yang sama namun tak pernah menemukan apapun.

Sumber: Brightside

loading...