30 Maret 2018

Tujuh Ramuan Sederhana Pereda Sakit Gigi

Tipsiana.com - Sakit gigi adalah pengalaman menyakitkan yang pernah dialami seseorang setidaknya sekali seumur hidupnya. Menurut sebuah survey, lebih dari 90% orang dewasa pernah menderita sakit gigi.

Saat gigi sakit, penderita akan merasakan sakit yang sering tak tertahan. Kalau ada yang berkata lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, itu adalah ungkapan ketika ia belum pernah atau sudah lama tak sakit gigi.


Untuk mengurangi dan meredakan rasa sakit pada gigi yang bermasalah, beberapa ramuan sederhana ini akan menolong Anda. Paling tidak ini akan menghemat pengeluaran Anda karena harus pergi ke dokter gigi. Namun bagi ibu hamil, menyusui dan mereka yang memiliki kondisi medis yang tak bisa mengkonsumsi herbal, sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi sebelum menggunakan ramuan ini.

1. Air garam


Air garam adalah disinfektan alami, dan juga obat yang mudah dan efisien untuk menyembuhkan sakit gigi. Yang dibutuhkan hanya campurkan 1/2 sendek teh garam dapur kedalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Air garam juga dapat mencegah pembengkakan dan membersihkan area disekitar gigi yang sakit.

2. Hidrogen Peroksida


Hidrogen peroksida adalah bahan kimia pereda nyeri. Ia tak hanya dapat mengurangi plak gigi tapi juga dapat menyembuhkan gusi berdarah. Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur sama seperti air garam. Caranya, campurkan 3% hidrogen peroksida dengan air. Ingat, jangan ditelan.

3. Cengkeh dan Minyak Cengkeh


Selama berabad-abad, cengkeh telah menjadi obat alami penyembuh sakit gigi. Kandungan eugenol yang ada didalamnya merupakan antiseptik alami. Dalam keadaan darurat, gunakan sedikit bubuk cengkeh pada lubang gii atau kunyah cengkeh untuk mengeluarkan minyaknya. Anda juga bisa menggunakan setetes minyak cengkeh di gigi yang sakit hingga nyeri gigi mereda.



4. Kompres dingin

Kompres menggunakan es batu efektif untuk mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Gunakan wadah es batu atau masukkan es batu kedalam wadah plastik dan bungkus dengan kain tipis. Tempelkan komprs pada gigi yang sakit selama 15 menit hingga saraf disekitar gigi mati rasa. Tindakan ini juga akan mengurangi pembengkakan gusi.

5. Bawang Putih


Bawang putih dikenal sebagai bahan pengobatan yang ampuh. Ia mampu mebunuh bakteri jahat dan bekerja sebagai pereda nyeri. Cara penggunaan paling baik adalah dengan membuatnya menjadi pasta dan ditempelkan diarea gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyaknya secara perlahan. Lakukan hal ini selama beebrapa hari hingga gigi sembuh.

6. Bawang Merah

Bawang merah mengandung senyawa pitokimia yang mampu membunuh kuman penyebab infeksi dan mampu meredakan nyeri.


Cara pakainya, iris tipis bawang merah dan kunyah. Air bawang merah akan masuk kedalam gigi yang sakit. Jika gigi Anda terlalu sakit untuk mengunyah, Anda bisa menggunkan jari untuk menempelkan irisan bawang merah ditempat gigi yang sakit, tahan untuk beberapa waktu.

7. Daun Jambu Biji


Daun jambu adalah bahan anti inflamasi dan anti mikrobia alami. Tak hanya meredakan sakit gigi, daun jambu juga mampu meredakan sariawan dan gusi bengkak.

Cukup kunyah satu atau dua lembar daun jambu biji hingga air sari daun jampbu bekerja pada gigi yang sakit. Atau, Anda bisa merebus daun jambu biji kedalam air mendidih, biarkan air rebusan mendingin hingga suam-suam kuku, lalu tambahkan sedikit garam. Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur.