12 Desember 2017

Kenali Tanda Awal Serangan Jantung

Tipsiana.com - Salah satu penyakit paling mematikan saat ini adalah serangan jantung. Tekanan hidup ditambah dengan pola makan tidak sehat yang selalu kita jalani, adalah penyebab utama mengapa penyakit ini kian umum menyerang masyarakat.

Melakoni gaya hidup sehat dengan banyak berolahraga dan selalu berusaha mengatur tingkat stres dapat secara signifikan menurunkan resiko terkena serangan jantung. Tapi hal penting lain yang sangat berguna bahkan dapat menyelamatkan nyawa adalah paham dan awas pada gejala serangan jantung yang akan terjadi, biasanya sebulan sebelum serangan.


Gejala-gejala berikut dapat menjadi tanda peringatan terhadap kemungkinan akan terjadinya serangan. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, segera datangi dokter dan lakukan pemeriksaan intensif. Bahkan jika ternyata yang sedang Anda alami bukanlah sesuatu yang seserius serangan jantung, bukankah lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian?

1. Kelelahan tanpa sebab

Ketika Anda menjadi sempit, jantung Anda menerima lebih sedikit darah daripada biasanya. Akibatnya, jantung Anda harus bekerja lebih berat, membuat Anda merasa lelah dan mengantuk setiap saat.

2. Sesak nafas

Bila jantung Anda kurang mendapat darah daripada biasanya, paru-paru Anda tidak akan mendapatkan cukup oksigen. Ini karena kedua sistem bergantung satu sama lain. Jika Anda mengalami kesulitan bernafas tanpa ada riwayat penyakit asma, sebaiknya segera ke dokter Anda, karena ini bisa berarti serangan jantung terjadi di sekitar jalan.

3. Menjadi lesu 

Ketika tiba-tiba seluruh badan Anda menjadi ringkih dan lesu, ini terjadi karena ada saluran arteri yang tidak mengalirkan darah dengan seharusnya. Sirkulasi darah yang buruk akan membuat otot-otot kurang mendapat pasokan oksigen. Dan ahsilnya, Anda akan merasa lamah dan lesu bahkan samapi bisa jatuh pingsan.


4. Gejala Flu dan Demam

Jika Anda mengalami gejala flu tanpa sebab, ini saja menjadi tanda serangan jantung akan segera datang tak lama lagi. Banyak orang yang mendapat serangan jantung mengatakan mereka mengalami gejala demam sebelum terkena serangan.

5. Pusing dan keluar keringat dingin

Sirkulasi yang buruk juga akan menghambat aliran darah ke otak. Akibatnya, Anda akan mengalami pusing dan berkeringat dingin. Jangan sepelekan tanda ini.

6. Dada terasa seperti tertekan

Jika Anda mengalami gejala serangan jantung, kemungkinan Anda akan merasakan ketidaknyamanan di dada, apakah itu berupa sakit ringan atau merasa dada seperti ditekan (orang Indonesia sering menyebutnya sebagai angin duduk). Ketidaknyamanan ini berangsur-angsur akan meningkat sampai serangan jantung benar-benar terjadi.

Sumber : http://www.ba-bamail.com/content.aspx?emailid=23704

loading...