1 November 2019

Ternyata, Indonesia Pernah Kirim Pesan untuk Alien Ke Luar Angkasa

Tipsiana.com - Pada tahun 1977, sebuah proyek ambisius diluncurkan ke luar angkasa. Proyek yang diberi nama Program Voyager ini adalah rangkaian misi luar angkasa Amerika Serikat yang meluncurkan dua pesawat angkasa tak berawak, yaitu Voyager 1 dan Voyager 2. Program ini memanfaatkan sebuah momentum yang disebut "Planetary Grand Tour", suatu geometri langka pada planet-planet luar yang hanya terjadi setiap 176 tahun sekali.

Keadaan ini memungkinkan wahana antariksa bumi dapat mengunjungi beberapa planet dalam satu kali perjalanan. Ini tentu sebuah kesempatan besar untuk menggali informasi dan mempelajari planet di tata surya. Lebih dari itu, dengan memanfaatkan gaya gravitasi dari tiap planet yang didatangi, wahana Voyager ternyata mempunyai tenaga untuk terlontar keluar dan lepas dari tata surya menuju ruang antar bintang.


Karena kemampuan ini, maka selain misi mempelajari planet luar, para ilmuwan NASA yang dipimpin Carl Sagan memiliki ide untuk menyertakan sebuah Piringan Emas Voyager ke dalam wahana. Mereka berharap suatu saat nanti piringan yang berisi segala informasi tentang planet Bumi dapat ditemukan dan dimengerti oleh peradaban asing yang mungkin ada di luar sana.

Informasi direkam dalam sebuah piringan fonograf berbahan tembaga berlapis emas yang berisi suara-suara dan gambar-gambar pilihan yang menggambarkan keanekaragaman mahluk hidup dan budaya di Planet Bumi. Dari banyak informasi yang disematkan, ternyata ada empat penggal pesan yang berasal dari Indonesia.

1. Ucapan Salam

Bagian pertama dari rekaman suara Piringan Emas Voyager adalah ucapan salam dalam 55 bahasa yang ada di Bumi. Pada menit 1.41, pengisi suara asal Indonesia bernama Ilyas Harun memberi ucapan salam dengan kalimat, "Selamat malam hadirin sekalian. Selamat berpisah dan sampai bertemu di lain waktu."

Dibanding ucapan salam dari berbagai negara yang sekedar say hello, kalimat "sampai bertemu kembali di lain waktu" ini cukup menarik. Seakan-akan sang Alien suatu saat nanti akan mengunjungi Indonesia dan bertemu kembali dengan kita.

2. Pesan

Ilyas Harun kembali berujar pada bagian penyampaian pesan di menit 5.23, "Saya ingin menyampaikan sekedar pesan singkat melalui satelit Voyager ini"


3. Rekaman Gamelan "Puspawarna"

Musik gamelan dari Jawa yang berjudul Puspawarna, merupakan karya Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV dari Surakarta (1853-1881). Puspawarna dimainkan Tjokrowasito (K.P.H. Notoprojo), maestro gamelan Indonesia di masanya, yang pindah ke California di tahun 1971 untuk mengajar gamelan di Institut Seni California.


Puspawarna berdampingan dengan karya-karya maestro dunia gubahan Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven. Konon, suara magis dari Puspawarna ini dianggap mampu mengilustrasikan penciptaan semesta.

4. Potret Penari Bali

Pesan terakhir yang berasal dari Indonesia adalah foto berwarna seorang wanita penari Bali. Ini sebagai representasi keindahan budaya di Bumi yang diwakili oleh pulau Bali yang dikenal sebagai salah satu surga dunia.


Foto penari Bali ini berada di urutan ke-64 dari 122 gambar yang ada di Piringan Emas Voyager.

Berikut isi rekaman lengkap Piringan Emas Voyager:

Kapan akan bertemu Alien?

Saat ini, kedua wahana tersebut telah resmi keluar dari tata surya kita. Mereka mulai memasuki ruang Interstellar (antar bintang) dan sedang menuju tata surya tetangga terdekat yang berjarak 1,7 tahun cahaya. Ini akan membutuhkan waktu 40.000 tahun untuk sampai. Dan tata surya tetangga ini kemungkinan besar tak ada penghuninya. Planet mirip bumi yang paling dekat dan mungkin berpenghuni bernama Tau Ceti E.  Jaraknya? "cuma" 12 tahun cahaya dari Bumi. Dengan kecepatan Voyager saat ini, maka butuh waktu 200.000 tahun untuk bisa sampai.


Karenanya, piringan emas ini akan membutuhkan waktu yang amat sangat lama sekali untuk bisa ditemukan oleh bentuk kehidupan lain, kecuali bila bentuk kehidupan asing itu sendiri yang tidak sengaja berpapasan dengannya di luar angkasa.

Rekaman emas ini tampaknya hanya merupakan sebuah kapsul waktu atau sebuah pernyataan simbolis, dan bukan sebuah usaha serius untuk mencoba berkomunikasi dengan peradaban asing. Malah, dimasa depan, besar kemungkinan yang akan menemukan piringan ini adalah manusia Bumi sendiri yang telah mampu menembus tata surya dan sedang mencari bentuk kehidupan selain di bumi.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Piringan_Emas_Voyager
https://id.wikipedia.org/wiki/Isi_Piringan_Emas_Voyager
https://id.wikipedia.org/wiki/Puspawarna
http://goldenrecord.org/#discus-aureus

31 Oktober 2019

Menikmati Indahnya Kemarau di Pulau Kenawa

Tipsiana.com - Meski telah memasuki bulan Oktober, wilayah kepulauan Nusa Tenggara hingga saat ini masih dilanda kemarau panjang, nyaris enam bulan tanpa hujan. Ini membuat banyak daerah menjadi kering kerontang. Hampir di semua tempat, gugusan bukit-bukit yang biasanya hijau kini tampak menguning terpanggang matahari.

Pulau Kenawa yang terletak di Sumbawa bagian barat juga mengalami kekeringan. Pulau tak berpenghuni yang biasanya dikenal dengan bukit dan padang rumput hijau yang indah, nyaris tak memiliki sisa daun segar lagi. Tapi bukan berarti ia kehilangan pesonanya.


Ada sensasi tersendiri bila mengunjungi pulau Kenawa saat kemarau panjang. Hamparan padang ilalalang yang mengering dan debu yang berterbangan setiap tapak kaki melangkah menjadi pengalaman menyenangkan. Pendakian ke puncak pulau pun semakin menantang karena harus berhadapan dengan hembusan angin kemarau yang kuat dan berhati-hati melangkah di guguran tanah kering yang tak kokoh dipijak.


Pulau Kenawa adalah destinasi wisata alam yang unik. Pulau kecil seluas 15 hektar ini merupakan perpaduan antara keindahan laut lepas, pantai pasir putih, padang rumput luas dan bukit tunggal kecil yang berdiri tegak diujung pulau. Semuanya memiliki keindahan yang memanjakan mata.

Untuk sampai kesana, Anda harus menyeberang dari Pulau Lombok ke Pulau Sumbawa via kapal feri selama dua jam hingga sampai ke Pelabuhan Kayangan. Perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan Poto Tano dan mencari dermaga kecil tempat para nelayan menambatkan kapalnya. Dengan menumpang perahu motor nelayan, hanya butuh waktu 20 menit untuk sampai ke Pulau Kenawa.


Dari jauh Kenawa tampak anggun dengan pulau kecil yang berdiri diantara dataran rendah. Bagian depan pulau didominasi tumbuhan ilalang kering sementara bagian belakangnya tampak berderet pepohonan bakau, salah satu tumbuhan yang masih hijau di musim kemarau ini.


Anda harus membawa perbekalan sendiri terutama air bersih yang cukup. Pulau tanpa penduduk ini memang memiliki fasilitas sanitasi, tapi hanya dibuka saat masa liburan saja. Pada hari biasa, toilet digembok dan tak ada air bersih yang bisa dipakai.


Berkemah di Kenawa sangat menyenangkan, namun bila Anda tidak ingin bermalam, ada beberapa saung kecil yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Selain itu, ada satu saung besar yang berdiri di tepi dermaga.


Bila telah puas menikmati keindahannya, saat pulang jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang Anda hasilkan disini. Karena seperti kebanyakan daerah wisata lainnya, sampah menjadi masalah tersendiri yang akan mengurangi kenyamanan pengunjung. Botol-botol plastik bisa dibuang ketempat sampah yang disediakan.




Bila Anda penasaran bagaimana keindahan Pulau Kenawa ketika dalam rupa hijaunya, video buatan anak Sumbawa ini akan memanjakan mata Anda :

30 Oktober 2019

11 Cara Mudah Kuasai Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Tipsiana.com - Mesin tik komersial pertama dibuat di tahun 1868, lebih dari 150 tahun yang lalu. Penemuan ini mengubah wajah dunia dan sekarang merupakan bagian penting dalam keseharian kita.

Meski mesin tik kini telah bertansformasi menjadi papan keyboard di laptop atau PC, perannya tak tergantikan. Kemampuan mengetik dengan cepat akan menjadi sebuah nilai tambah saat Anda mencari pekerjaan kantoran.

Meski hampir semua orang bisa mengetik, namun sedikit yang mampu mengetik dengan 10 jari dan cepat. Kebanyakan kita mengetik dengan tak lebih menggunakan 2-5 jari kita. Bahkan, ada yang hanya mengandalkan "11" jari saja, satu jari kanan dan satu jari kiri.

Rekor dunia untuk mengetik cepat huruf A sampai Z adalah 1,6 detik, bayangkan betapa bayak waktu yang bisa dihemat bila kita bisa mengetik cepat. Nah, kali ini kita akan menemukan 11 tips mudah cara mengetik cepat dan akurat.

1. Berikan penanda untuk jari yang berbeda


Member penanda warna pada jari yang berbeda akan menghemat banyak waktu karena Anda tak akan menggerakkan jari terlalu banyak diatas keyboard dan tombol tuts keyboard akan lebih mudah dijangkau.

2. Letakkan 4 jari kiri di tuts A, S, D, dan F


Ini akan memudahkan memencet tuts bagian sebelah kiri keyboard tanpa melakukan banyak pergerakan jari.

3. Letakkan 4 jari kiri di tut J, K, L, dan ;


Ini akan memudahkan memencet tuts sebelah kanan keyboard tanpa melakukan banyak pergerakan jari.

4. Gunakan semua jari Anda


Mengetik dengan 10 jari akan membuat ketikan menjadi jauh lebih cepat, karena posisi telapak tangan Anda tetap pada posisi yang sama dan hanya jar-jari saja yang bergerak.

5. Geser jari Anda di sepanjang keyboard

Daripada harus mengangkat jemari Anda saat mengetik, jauh lebih efisien jika Anda menggeser jari-jari saat menekan tuts, ini akan mempercepat ketikan Anda.


6. Gunakan jempol saat menekan tuts spasi


Jempol hanya digunakan untuk menekan spasi dan harus selalu berada diatasnya, sehingga Anda akan selalu siap menggunakannya.

7. Gunakan keyboard dengan kode warna


Untuk latihan, keyboard dengan kode warna akan membantu jari bergerak lebih cepat dan mudah. tiap warna mewakili jari yang harus dipakai.

8. Untuk melatih memori otot jari, cobalah untuk tidak melihat ke keyboard


Dengan tidak melihat keyboard ketika mengetik, akan membantu otak Anda belajar di mana tombol ditempatkan tanpa memandang, ini akan menghemat banyak waktu.

9. Hafalkan shortcut pada keyboard


Mempelajari cara pintas ingin menghemat waktu karena Anda hanya perlu papan ketik untuk melakukannya.

10. Jaga jarak antara mata dengan layar di kisaran 45-70 cm


Dengan jarak ini Anda akan dapat melihat layar dan keyboard dengan nyaman

11. Tulis dan tempelkan penanda di jari


Sebagai latihan agar menjadi terbiasa dengan tombol tuts keyboar. Coba tulis dan tempelkan penanda di jari Anda. Jari Anda akan menjadi disiplin dan lama-kelamaan akan terbiasa. Dan ingat, kunci bisa mengetik cepat yang paling utama adalah sering berlatih.

Polisi Dilempar Tahi Masih Bisa Mandi, Mahasiswa Ditembak Mati Mustahil Hidup Lagi

Tipsiana.com - Sungguh, saya masih berusaha untuk tidak percaya, bahwa yang kalian lemparkan kepada polisi adalah tahi, bukan sanksi disiplin berupa teguran tertulis.

Enam polisi Sulawesi Tenggara dikenai sanksi disiplin. Mereka adalah AKP Diki Kurniawan, Bripka Muhammad Arifuddin, Bripka Muhammad Iqbal, Brigadir Abdul Malik, Briptu Hendrawan, dan Bripda Fatur Rochim Saputro. Keenam aparat tersebut kena sanksi disiplin karena membawa senjata api saat bertugas (mengamankan) unjuk rasa mahasiswa di depan kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis, 26 September 2019.


Dalam demo tersebut, dua mahasiswa, yakni Immawan Randi dan Muhammad Yusuf Kardawi tewas. Randi dan Yusuf tewas setelah peluru menembus tubuh mereka, diduga peluru dari senjata api polisi.

Ketika keenam polisi tersebut diselidiki sesama polisi, publik berharap institusi penegak hukum ini sedang bermaksud mengusut pelaku pembunuhan Randi dan Qardawi. Wong Kapolri saat itu, Jenderal Tito Karnavian, sudah bilang nggak boleh dan nggak ada polisi membawa senjata api untuk menangani demo. Lha kok ini ada orang mati kena tembakan?

Tapi, lagi-lagi polisi bikin kecewa. Sudahlah tak menemukan pembunuh Randi dan Yusuf, keenam polisi pembawa senjata api itu hanya divonis tidak menaati perintah pimpinan, yaitu membawa dan menyalahgunakan senjata api pada saat melaksanakan tugas.

“Terhadap AKP Diki Kurniawan bersama lima orang terduga pelanggar lainnya dijatuhi hukuman disiplin berupa teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun, penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan pendidikan selama satu tahun, dan penempatan di tempat khusus selama 21 hari,” demikian bunyi salinan keterangan pers Polda Sultra seperti dikutip BBC Indonesia.

Sementara itu, mahasiswa dari Universitas Halu Oleo (UHO) masih melakukan unjuk rasa demi keadilan. Mereka menuntut identitas polisi yang menembak Almarhum Randi dan Yusuf segera dibuka dan diberi hukuman setimpal.

Well, mau dipikir kayak gimana, sanksi disiplin untuk 6 polisi yang “menyalahgunakan senjata api” itu memang terlalu ringan. Padahal polisi sudah mengumumkan, di antara 6 polisi itu memang ada yang melepaskan tembakan.

Tidak salah dong jika sanksi seringan teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun, penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan pendidikan selama satu tahun, dan penempatan di tempat khusus selama 21 hari dicibir terlalu ringan.


Maka, ketika polisi dilempar tahi oleh mahasiswa, alasannya kuat dan jelas: mereka sudah sangat kesal dengan ketidakadilan ini. Jadi, mengapa sampai ada influencer seperti Kang Maman mendayu-dayu sok sedih ketika polisi dilempar tahi. Ini tahu, bukan batu, apalagi peluru. Bisa bayangkan kalau ada orang sipil yang berani-beraninya menembaki sesama sipil, apalagi aparat, ia akan dihukum seperti apa? Tentu mustahil cuma diberi teguran tertulis.

Potensi kekerasan saat bertugas adalah risiko pekerjaan aparat. Itulah mengapa polisi punya tameng. Ya dipakai dong untuk menepis tahi-tahi yang perlu saya akui, dibungkus dengan rapi itu. Bayangkan, kamu menyerok seember tahi sapi, menyimpannya di ember yang lebih kecil, menggunakan sendok kamu membungkus tahi itu ke dalam bungkus lebih kecil lalu mengikatnya dengan rapat. Ketelatenan mengikat plastik isi tahi ini perlu mendapat pujian.

Polisi dilempar tahi juga bukan petaka dan akhir dunia. Meski memang, saya akui, melempar tahi ini bukan perbuatan terpuji. Mahasiswa perlu tahu kalau harga ngelondri itu mahal. Apalagi kalau sudah risih pakai seragam bekas tahi. Noda bekas tahi itu sangat sulit hilang. Malunya sampai ke sumsum tulang.

Hari-hari ini, lebih murah ngelondri kaos yang bolong kena tembakan ketimbang bekas kena tahi sapi. Berapa sih ongkos reparasi kaos yang bolong kena tembakan? Bawa ke tukang jahit minta ditambal juga selesai. Nah, seragam kena tahi sapi itu baru ancaman kepada seragam sebagai wujud keamanan dan kestabilan investasi.

Oleh sebab itu, ke depan, kalau mau demo lagi, jangan bawa tahi buat dilempar ke arah polisi. Bayangkan, jika itu dilakukan terhadap dirimu, saudaramu, orangtuamu atau anak-anakmu. Setega itukah dirimu? Sudah hilangkah keberadaban kita?

Sungguh, saya masih berusaha untuk tidak percaya, bahwa yang kalian lemparkan kepada polisi, adalah tahi, bukan sanksi disiplin berupa teguran tertulis.

Oleh : Yamadipati Seno
Sumber : https://mojok.co/yms/ulasan/pojokan/polisi-dilempar-tahi-masih-bisa-mandi-mahasiswa-ditembak-mati-mustahil-hidup-lagi/

12 September 2019

Peta Antipodal, Melihat Sisi Bumi di Bawah Kaki Anda

Tipsiana.com - Paling tidak sekali dalam hidup, Anda pasti pernah bertanya-tanya apa yang ada dibawah kaki Anda, di sisi lain bumi. Ketika kecil dulu, kita pasti pernah berfantasi jika bumi ini digali hingga tembus sisi lain dunia, kita akan berakhir dimana?

Para orangtua di AS sering menjawab, mereka akan ketemu dengan negara China, tapi sebenarnya jawaban tersebut salah. Bumi itu bulat, jadi jika Anda mulai menggali di belahan bumi utara, maka lubang tersebut akan berakhir di belahan bumi selatan. China dan AS sama-sama berada di belahan bumi utara. Bagaimana dengan Indonesia? Kita terletak di jalur khatulistiwa yang artinya geografis Indonesia berada di tengah-tengah belahan bumi utara dan selatan.


Dalam geografi, antipode adalah dua tempat yang terletak di belahan bumi yang berlawanan. Dua titik yang antipodal dari satu tempat ke tempat lain terhubung oleh garis lurus yang melewati garis tengah bumi.

Dengan ilmu geografi, kita bisa menjawab rasa penasaran tersebut. Peta Antipodal akan menunjukkan lokasi akurat, tinggal masukkan dimana lokasi Anda berdiri, maka ia akan memberi tahu apa yang ada di belahan bumi tepat dibawah kaki Anda.

Bila kita menggali dari Indonesia, maka akan tembus di sekitar hutan Amazon benua Amerika. China akan tembus ke Argentina. Selandia Baru akan berakhir di Spanyol dan Greenland akan berakhir di benua Antartika. Tempat-tempat tadi termasuk beruntung karena akan bertemu daratan. Karena bumi dua pertiganya berisi air, maka kebanyakan negara lain akan akan berakhir di lautan.


Secara teori tidak mungkin kita bisa menembus perut bumi. Tak ada ilmu teknik yang sanggup menembus perut bumi. Jika pun nanti ada yang mampu, perut bumi berisi logam cair yang sangat panas sehingga semua alat pengebor akan meleleh. Bahkan, penelitian menunjukkan suhu inti bumi lebih panas dibanding suhu permukaan matahari.

Usaha penggalian paling jauh yang pernah dilakukan manusia hanya mampu menembus sedalam 7,5 mil (12 km) bernama pengeboran Kola Superdeep di Murmansk, Rusia. Di kedalaman tersebut suhu telah mencapai 180 derajat Celsius yang membuat semua alat pengeboran rusak. 12 km untuk ukuran bumi adalah sangat dangkal, sama halnya baru menembus kulit ari bumi.

Nah, daripada repot dengan segala urusan penggalian fisik, lebih aman dan nyaman bila kita menggali lewat peta antipodal ini. Tinggal masukkan koordinat, maka jawaban sepanjang hidup Anda akan diberikan.


Dari peta antipodal diketahui ada 16 kota di dunia tembus tepat dengan kota lain. Dan dua diantaranya ada di Indonesia. Kota padang terletak tepat terletak dibawah kota Esmeraldas, Ekuador. Dan Kota Palembang akan tembus di Kota Neiva, Kolombia. Sekali lagi Indonesia termasuk 'beruntung' karena bila melakukan penggalian, maka akan termasuk wilayah paling banyak bertemu daratan.

Bagaimana dengan tempat tinggalmu? silahkan jelajahi sendiri di sini: https://www.antipodesmap.com

9 September 2019

Kenali Jenis Gigitan Serangga dari Bentuk Lukanya

Tipsiana.com - Dimanapun kita berada, apakah itu sedang di alam terbuka atau sedang berbaring di kasur, ada makhluk kecil yang selalu mengintai. Mereka bersembunyi dan menunggu kesempatan untuk menggigit kita. Seringkali, kita malah tak tahu serangga apa yang telah menggigit, tahu-tahu ia sudah meninggalkan bekas luka di kulit.

Meski bekas gigitan serangga tampak tak membahayakan, ada baiknya kita mengidentifikasi jenis serangga mana yang menggigit.  Karena bagi mereka yang memiliki alergi terhadap salah satu serangga tersebut, mengenali serangga dari bentuk gigitannya akan menjadi vital.

Berikut kita akan mengenali jenis gigitan serangga dari bentuk luka serta panduan singkat cara penanganannya.

8. Laba-laba


Bagaimana bentuknya: Kebanyakan gigitan laba-laba tidak berbahaya dan hanya meninggalkan tanda titik merah kecil yang sedikit membengkak.meski begitu, beberapa jenis laba-lana punya racun mematikan. Sebagai contoh, dua luka usukan biasanya tanda Anda telah digigit seekor laba-laba jenis Black Widow yang beracun, sementara bengkak merah disertai lepuh putih kecil yang menyerupai memar merupakan tanda gigitan jenis laba-laba petapa coklat, yang juga punya racun berbahaya.

Yang harus dilakukan:

  • Jika Anda digigit laba-laba tak beracun, cukup basuh dengan air dan sabun lalu kompres dengan es batu dan oleskan area gigitan dengan salep antibiotik.
  • Jika Anda curiga telah digigit oleh laba-laba beracun, tinggikan area yang tergigit untuk mencegah penyebaran racun. Kemudian ikat perban yang nyaman di atas area, itu jika lukanya terletak di lengan atau kaki, untuk mengurangi penyebaran racun lebih lanjut. Setelah itu, hubungi ambulan atau pergi ke rumah sakit.


7. Nyamuk


Bagaimana bentuknya: Semua orang tahu bentuk gigitan nyamuk, kulit akan membengkak, mengeras, memerah dan sangat gatal. Ia akan muncul beberapa menit begitu nyamuk menggigit.

Yang harus dilakukan:

  • Cobalah menahan diri untuk tidak menggaruk agar terhindar dari resiko infeksi.
  • Meski biasanya akan hilang dengan sendirinya, Anda bisa mempercapatnya dengan cara membasuh dengan air sabun dan mengkompresnya. Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih, lidah buaya, salep baking soda atau madu.

Peringatan : Jika Anda mengalami pusing, demam tinggi, menggigil, atau ruam yang tidak biasa. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Nyamuk terkenal sebagai serangga pembawa penyakit serius seperti malaria dan demam berdarah.

6. Caplak


Bagaimana bentuknya: Bekas gigitan caplak (tick) biasanya mudah dikenali karena si kutu caplaknya sendiri mampu terus menempel dikulit hingga 10 hari. Jika ia jatuh, Anda akan mendapati lingkaran merah kecil ditempat kulit yang digigit, biasanya tanpa rasa sakit. Perlu diketahui bahwa caplak selalu bergerak ke daerah tubuh yang hangat, seperti di ketiak dan selangkangan.

Yang harus dilakukan:

  • Jika kutu masih menempel pada kulit Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkannya, untuk ini, ambil pinset yang runcing dan pegang kutu sedekat mungkin ke permukaan kulit Anda, kemudian tarik lurus ke atas dan menjauh dari kulit dengan tekanan yang stabil.
  • Setelah kutu mati, bersihkan area gigitan dengan alkohol atau sabun dan air. Masukkan kutu dalam alkohol untuk memastikannya mati dan kemudian letakkan di wadah tertutup.

Peringatan: Beberapa kutu caplak berkaki hitam dapat membawa penyakit Lyme. Gejala pertama dari penyakit ini adalah ruam berbentuk mata yang dapat muncul hingga satu bulan setelah gigitan kutu. Anda juga bisa mengalami demam, kelelahan, sakit kepala, otot dan persendian. Nyeri, dan irama jantung yang tidak teratur. Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda ini, segera ke dokter.

5. Semut


Bagaimana bentuknya: Jenis semut yang paling membuat masalah biasanya adalah semut api. Mulanya berbentuk titik merah kecil dengan sensasi panas di kulit. Setelah dua hari, kulit yang sensitif bisa mengalami benjolan kecil putih di kulit. Benjolan sperti bernanah tersebut sangat gatal dan bisa menyebabkan luka.

Yang harus dilakukan:
Basuh dengan air dan sabun lalu kompres dengan es batu. Pada umumnya, sengatan semut tidak membutuhkan perlakuan khusus. Gatal akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Peringatan: Jika Anda melihat luka terus membesar setelah satu atau dua hari setelah tersengat, ini mungkin merupakan tanda infeksi sekunder. Anda harus ke dokter bila mengalami kesulitan bernafas, tenggorokan bengkak, dan pusing.


4. Pinjal


Bagaimana bentuknya: Gigitan kutu pinjal (flea) biasanya muncul dalam bentuk 3 - 4 bintik berkumpul di bagian bawah tubuh sekitar kaki. Bentuk gigitannya sendiri sangat kecil dan terlihat seperti lingkaran bintik merah. Meski kecil, gigitannya sangat gatal dan menyakitkan.

Yang harus dilakukan:

  • Gunakan antiseptik untuk menghindari penyebaran infeksi dan hindari menggaruk lukanya.
  • Gunakan es atau air dingin untuk mencegah peradangan dan pembengkakan.
  • Hentikan sensasi gatal dengan krim atau lotion. Jika tak mempan, cobalah minum antihistamin.


Peringatan: Jika Anda merasa mual, sulit bernapas, pembengkakan bibir atau wajah, atau sakit dada, segera kunjungi dokter.

3. Tungau


Bagaimana bentuknya: Anda dapat dengan mudah mengenali luka akibat kutu busuk/ tungau (mites) jika Anda melihat benjolan kecil berwarna merah bengkak yang terletak berdekatan satu sama lain dan membentuk garis lurus, berkelompok, atau pola acak. Biasanya, ini terjadi pada kulit yang terbuka di tubuh bagian atas Anda, seperti Leher, lengan, dan bahu Anda, dan masing-masing memiliki bintik merah gelap di tengahnya. Tungau merupakan parasit yang sulit dilihat oleh mata telanjang, parasit ini akan jelas dilihat dengan bantuan mikroskop. Tungau sangat senang bersembunyi dan membuat terowongan di kulit. Demodex merupakan salah satu tungau dengan bentuk mirip wortel, sangat senang membuat terowongan di kulit sehingga akan menyebabkan kegatalan luar biasa.

Yang harus dilakukan:

  • Gunakan antiseptik untuk menghindari penyebaran infeksi dan hindari menggaruk lukanya.
  • Gunakan es atau air dingin untuk mencegah peradangan dan pembengkakan.
  • Anda juga bisa menggunakan krim anti-gatal atau lotion kalamin secara topikal.

2. Lebah


Bagaimana bentuknya: Kulit setelah terkena sengatan lebah segera menjadi merah dan bengkak, dan sengatannya terlihat jelas di tengah. tak lama kemudian, Anda akan merasakan sensasi terbakar, sakit yang menyengat, dan gatal parah.


Yang harus dilakukan:

  • Lepaskan bisa lebah secepat mungkin. Untuk melakukan ini, gunakan benda bermata tumpul seperti kuku Anda sendiri atau ujung kartu kredit. Hindari menggunakan pinset atau apa pun yang dapat menusuk kulit Anda. Jangan lupa, semakin lama bisa lebah tetap ada, semakin banyak racun yang bisa dikeluarkan, dan semakin menyakitkan bagi Anda.
  • Basuh dengan air dan sabun untuk mencegah infeksi lalu kompres dengan es batu untuk mengurangi penyebaran racun bisa lebah.


1. Tawon


Bagaimana bentuknya: Gejala sengatan tawon mirip dengan sengatan lebah diamana daerah yang tersengat menjadi merah dan bengkak, dan Anda merasakan sakit dan sensasi terbakar. Hanya ada satu pengecualian - tawon tidak kehilangan penyengatnya di kulit Anda dan dapat menyengat berulang kali.

Yang harus dilakukan:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika berurusan dengan tawon adalah mencegah sengatan lain yang mungkin terjadi, jadi menjauhlah dari mereka.
  • Basuh dengan air dan sabun untuk mencegah infeksi.
  • Pada kasus sengatan tawon, cuka apel sangat baik untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Cara Mudah Belajar Kimia dengan Tabel Periodik Interaktif

Tipsiana.com - Jika Anda pernah belajar kimia, Anda pasti tahu tabel periodik Mendeleev atau bahkan pernah 'dipaksa' untuk menghapalnya. Tabel yang berisi unsur-unsur kimia ini disusun sedemikian rupa hingga kita mudah untuk memahaminya.

Namun tetap saja, bagi mereka yang baru mulai belajar kimia, tabel tersebut akan membuat kening mengerut karena kebanyakan unsur yang ada tidak kita kenali. Kita mungkin hanya bisa mengenal unsur-unsur umum seperti H (hidrogen), O (Oksigen), atau C (karbon) dan beberapa unsur lain. Selebihnya, kita bahkan sulit membayangkan bentuk dan kegunaan unsur tersebut.


Sebuah proyek menarik dibuat oleh Universitas Nottingham bekerjasama dengan TED-ed. Mereka membangun sebuah tabel periodek interaktif dimana setiap unsur yang ada bisa dieksplorasi lebih jauh dengan hanya mengkliknya. Sebuah video akan muncul untuk menerangkan seperti apa unsur tersebut dan jika Anda ingin mempelarinya lebih lengkap, maka Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk belajar lebih detail.

Ini akan sangat membantu pemahaman kita tentang unsur kimia. Bahkan akan memudahkan anak Anda yang sedang belajar kimia di sekolah. Anda bisa mengunjunginya disini : ed.ted.com/periodic-videos

Sejarah

Pada tahun 1869, Dmitri Mendeleev, seorang ahli kimia Rusia, memperkenalkan tabel periodik unsur miliknya. Tabel yang ia buat merupakan sebuah katalog unsur-unsur kimia paling komprehensif di dunia yang pernah dibuat hingga saat ini.

Alasan mengapa tabel miliknya sangat revolusioner adalah Mendeleev sengaja menyisakan ruang pada tabel untuk unsur kimia lain yang ia yakini belum ditemukan. Alasan lain adalah keputusannya untuk membagi tabel membentuk garis keluarga kimia, bukan hanya berdasarkan berat atom.

9 Agustus 2019

Siapa Perampok Nilai Rupiah Saya?

Tipsiana.com - Alih-alih menjadi sejahtera, daya beli rakyat Indonesia secara riil sebenarnya terus merosot. Negara kita tahun ini akan genap 74 tahun merdeka, namun kemakmuran tampaknya belum beranjak mendekat ke rakyatnya. Kita bahkan secara riil sebenarnya lebih miskin dibandingkan sebelum merdeka!

Saya yakin, karena dalam pernyataan itu ada kosa kata “kita”, akan ada pihak yang keberatan – misal, karena merasa “Saya lebih kaya, tuh.” Baiklah. Karena itu, pernyataan tersebut hanya berlaku untuk saya, dan kalimatnya saya ubah menjadi: Alih-alih menjadi sejahtera, daya beli saya secara riil terus merosot. Secara relatif, saya semakin miskin. Jika negara ini tahun ini genap 67 tahun merdeka, namun tingkat kemakmuran saya tidak bergerak ke arah yang lebih baik, bahkan secara riil sebenarnya saya lebih miskin, boleh dong saya curiga: pasti ada sesuatu yang demikian serius salahnya dengan (di) negara-bangsa ini!


Kemerosotan daya beli saya tersebut saya ketahui melalui indikator nilai tukar rupiah dibandingkan Dinar emas. Saya membandingkan rupiah dengan Dinar emas, misalnya, semata karena fokus edisi ini kebetulan bertema uang kertas (rupiah, misalnya) versus uang intrinsik dari emas (contohnya Dinar emas). Kalau curiga saya sedang punya agenda tertentu, baiklah, saya juga akan membuat perbandingan rupiah dengan mata uang lain: dolar AS, misalnya.

Jika saya membandingkan nilai tukar antara rupiah dan Dinar emas, hari ini saya sekitar 256.000 kali lebih miskin! Sebesar inilah kemerosotan nilai riil uang rupiah saya terhadap Dinar emas. Yang naik nilai tukarnya sebenarnya bukan Dinar emas. Nilai tukar atau kurs rupiah saya-lah yang menurun.

Ya, kemakmuran rupanya belum beranjak menghampiri saya. Mengapa saya secara riil lebih miskin? Apa gerangan yang terjadi pada uang kertas rupiah saya selama ini? Wah, jangan-jangan karena rupiah saya berbentuk uang kertas? Saya yakin, inilah yang sebenarnya terjadi dengan uang rupiah saya: karena ia berbentuk kertas yang tidak ada nilai instrinsiknya.

Kurs Dinar-Rupiah

Setahun setelah Indonesia merdeka (1946), 1 koin Dinar emas nilai tukarnya terhadap rupiah sebesar Rp 8,5. Pada 1966, saat saya masih kanak-kanak, kurs Dinar emas nilainya Rp 850. Ini artinya nilai riil rupiah saya turun 100 kali. Saya persingkat saja. Pada 30 Oktober 2007, untuk pertama kalinya nilai tukar Dinar emas terhadap rupiah menembus angka Rp 1.000.000. Ini harga Dinar emas yang jauh di atas prediksi semua orang. Pada Mei 2010, 1 keping Dinar emas nilainya sekitar Rp 1.500.000, dan pada awal Agustus 2011 menembus angka Rp 2.000.000. Pada 11 November 2011, kurs Dinar emas sekitar Rp 2.270.000. Pada 9 Mei 2011 sebesar Rp 2.160.000, dan angka ini relatif stabil setelah itu sampai tulisan ini saya susun (simak Tabel).

Tabel Nilai Tukar Dinar Emas terhadap Rupiah, 1946-2016

Kenaikan kurs Dinar emas berhubungan dengan tren kenaikan harga emas. Emas memang instrumen investasi penangkal inflasi. Semakin tinggi laju inflasi biasanya semakin baik kenaikan harga emas. Dalam 10 tahun terakhir, apresiasi Dinar emas terhadap rupiah mencapai 20-25% per tahun. Kenaikan kurs Dinar emas berhubungan dengan tren kenaikan harga emas. Ya, emas memang instrumen investasi penangkal inflasi. Semakin tinggi inflasi biasanya semakin baik kenaikan harga emas. Karena harga emas cenderung naik, orang-orang berpunya sering menjadikan emas sebagai safe heaven. Dalam keadaan normal pun, emas menjadi alat investasi, tabungan yang memberikan perlindungan nilai terbaik terhadap harta.

Perbandingan kurs rupiah dengan Dinar emas yang saya sampaikan sebelumnya barangkali masih rumit untuk menggambarkan betapa pemiskinan yang saya alami secara relatif terjadi melalui uang kertas rupiah saya. Semoga dengan contoh dalam uraian berikut ini saya berhasil menyederhanakannya.


Sebelum krisis moneter (Krismon) 1997, dengan uang Rp 100.000, jika saya membeli telur ayam ras, saya akan beroleh 50 kg, karena saat itu harga telur ayam ras sekilonya Rp 2.000. Tapi beberapa bulan sesudah Krismon, dengan uang itu, saya hanya mendapatkan 13,33 kg, karena harga telur ayam ras naik menjadi Rp 7.500/kg. Dan pada November 2011 saya cuma dapat 6,25 kg telur ayam ras, karena harga telur ayam ras naik menjadi Rp 16.000 sekilo. Saat tulisan ini disusun, dengan uang Rp 100.000, saya tidak akan memperoleh telur ayam ras sebanyak yang saya dapatkan 5 bulan silam.

Daya beli saya juga cenderung melorot jika saya membandingkan rupiah dengan dolar AS yang sama-sama uang kertas. Ketika harga telur ayam ras naik dari Rp 2.000 sebelum Krismon 1997 menjadi Rp 7.500 per kg saat Krismon terjadi, saat itu kurs 1 dolar AS sama dengan Rp 9.000, naik dari Rp 2.000 per 1 dolar AS. Nilai rupiah saya kembali merosot lebih dari 50% ketika harga telur ayam ras naik menjadi Rp 16.000 per kg. Padahal dolar AS masih pada kurs sekitar Rp 9.000/dolar AS. Tidak ada Krismon pun, rupiah saya tetap saja loyo. Dibandingkan dengan sebelum Krismon 1997 dengan hari ini, kurs rupiah di dompet saya nilainya merosot lebih dari 70%. Daftar kemerosotan nilai rupiah dapat saya perpanjang jika saya menggunakan perbandingan dengan memakai barang apa saja. Saya juga mendapatkan kondisi yang sama: daya beli uang kertas rupiah saya terus merosot!

Siapa Perampok Rupiah Saya?

Saya, mungkin juga Anda, sering menyimak pejabat statistik dan lembaga penjaga kebijakan moneter di negeri ini melalui televisi bilang bahwa kenaikan harga barang-barang-lah yang menyebabkan inflasi. Tapi saya tidak percaya. Sebagian ekonom akhirnya memang berterus terang dan menunjuk inflasi-lah biang kerok merosotnya kurs rupiah.

Menurut saya, mereka semua tetap tidak akan bersedia jujur mengatakan yang terjadi sebenarnya dan pangkal persoalannya, bahwa kalau secara relatif saya semakin miskin, penyebabnya ada pada sistem uang kertas – karena rupiah saya bentuknya kertas. Saya yakin mereka pun tidak akan berani menunjukkan kepada saya jika saya bertanya: siapa yang mengambil uang saya, dan bagaimana caranya? Saya yakin ada yang merampok nilai uang saya. Sungguh, perampokan ini sangat halus caranya dan tidak terlihat. Rupiah saya diambil bukanlah melalui fisik kertasnya. Tapi melalui sistem ekonomi ganjil yang berlaku saat ini.

Ilustrasi mengenai perubahan harga telur ayam ras tadi juga menggambarkan betapa uang kertas rupiah saya bukanlah alat takar yang tetap dan pasti. Apalagi jika saya menghubungkannya dengan mata uang lain. Alat takar berat, yakni kilogram misalnya, tetap dan pasti di mana pun. Di pasar becek maupun di laboratorium yang steril.

Yakni 1 kg sama dengan 1.000 gram. Seperti juga 1 liter sama dengan 1.000 mililiter, 1 meter sama dengan 100 sentimeter, atau 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Demikian seharusnya sebuah mata uang, termasuk semestinya juga uang kertas rupiah saya. Namun uang kertas saya ternyata tidak memiliki takaran yang pasti, karena nilainya, menurut saya, hanya fantasi atau ilusi.

Hanya fantasi atau ilusi karena melalui perbedaan “nilai” antar-uang kertas, yang sering disebut kurs, selembar kertas berwarna hijau muda bertuliskan dolar AS denominasi 1 sama nilainya dengan Rp 13.000 saat ini hanya karena nama, gambar, warna dan angkanya berbeda. Yang satu bernama rupiah dan yang lain dolar Amerika Serikat. Akibatnya, uang kertas sama sekali tidak bisa menjadi patokan harga dan nilai sesuatu, yang tiba-tiba berubah hanya karena dinilai dengan uang kertas yang lain.

Judul asli: Pemisikinan melalui uang kertas?
Penulis : Budhi W. Soekardjo
Sumber :  https://pengusahamuslim.com/5393-pemiskinan-melalui-uang-kertas.html

26 Juli 2019

Perubahan Dramatis Benda-benda yang Dimakan Waktu

Tipsiana.com - Sekeras-kerasnya batu bila tertimpa hujan akan retak juga. Peribahasa ini tak hanya kiasan akan kegigihan yang bisa merubah pendirian seseorang saja. Secara harfiah, benda-benda yang punya daya tahan tinggi pun akan bisa berubah oleh hal-hal kecil yang dilakukan terus menerus. Semua perubahan tersebut hanya meminta satu syarat; butuh waktu.

Orang bilang waktu adalah guru terbaik. Waktu juga bisa menjadi dokter yang mampu menyembuhkan dan sebaliknya, kritikus yang kejam. Waktu punya kemampuan membalikkan segalanya. Kalau belum percaya, Anda bisa menyimak foto-foto menakjubkan yang bisa dilakukan oleh waktu berikut ini.

1. Jejak kaki yang menunjukkan seorang biarawan Budha berdoa di tempat yang sama selama 20 tahun. Pada masa mudanya, Hua Chi berdoa sebanyak 2000 - 3000 kali sehari. Namun setelah ia makin menua, ia 'hanya' mampu berdoa seribu kali sehari.


Begitu banyaknya ia berdoa, sampai-sampai lantai kayu tempat ia berpijak membentuk tapak kakinya.

2. Lapisan selebaran yang menempel di tiang. Kalau biasanya selebaran yang tertempel di tiang selalu dipasang dan terlepas silih berganti, tidak dengan yang satu ini. Tampaknya butuh waktu bertahun-tahun untuk membuat ribuan selebaran ini menempel saling menimpa. Efeknya, tiang pun menjadi semakin 'gemuk' dari waktu ke waktu.



3. Sebuah gelas dari Burger King yang telah dipakai selama 20 tahun berdampingan dengan gelas baru dengan bentuk yang sama.



4. Yakin pipa air ledeng Anda bersih? coba lihat ini. Karat yang terakumulasi selama 15 tahun didalam pipa besi air minum membuat air menjadi sulit keluar. Mirip dengan pembuluh darah yang tertumpuk kolesterol, ya.




5. Butuh waktu hingga 500 tahun untuk membuat tangga marmer menara Pisa menjadi berlekuk seperti ini.



6. Setelah sekian tahun tertutup debu dan jelaga, rumah-rumah ini dicuci. Begini perbedaannya setelah dibersihkan.


7. Untuk pertama kalinya setelah 15 tahun, karpet di ruangan yang diterangi sinar matahari ini dipindahkan. Hasilnya, lantai yang tertutup karpet tampak masih seperti baru sementara yang terkena sinar matahari tampak pudar.


8. Lantai marmer di sebuah Bank ini telah dipakai bertahun-tahun sebagai tempat berdiri nasabah. Pijakan kaki mereka mampu membuat marmer keras ini seperti melunak.

Strategi Menghadapi Karyawan Berkinerja Buruk

Tipsiana.com - Seorang karyawan adalah sebuah aset penting untuk sebuah perusahaan. Perusahaan yang berkembang dengan baik, biasanya memiliki kualitas karyawan yang sama baiknya juga. Dengan memiliki karyawan dengan kualitas terbaik tentunya akan sangat berpengaruh pada performa perusahaan. Selain itu, kinerja karyawan terkadang juga mempengaruhi kinerja tim yang ada pada satu unit kerja.

Terkadang ada beberapa kinerja karyawan yang buruk, memang tidak menutup kemungkinan karena karyawan juga merupakan manusia biasa. Sebagai perusahaan yang memiliki visi yang bagus tentunya harus sudah bisa mengatasi dan mengantisipasi terjadinya kinerja karyawan yang buruk ini. Agar bisa menghadapi kinerja karyawan yang buruk, tentunya perusahaan mempunyai berbagai strategi dan juga langkah yang harus diambil.

Strategi Menghadapi Karyawan Dengan Kinerja Buruk

Sebagai perusahaan yang ingin berkembang dan terus maju tidak dipungkiri ekspektasi perusahaan haruslah tinggi terhadap kinerja. Permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah karyawan tidak selalu memiliki kinerja yang baik dan maksimal. Terkadang karyawan juga memiliki kinerja yang buruk. Nah, dengan cara dan strategi dan cara ini diharapkan bisa menghadapi karyawan dengan kinerja yang buruk.

1. Melihat Faktor Penyebab Kinerja Buruk

Setiap kinerja yang buruk tentunya memiliki penyebab dan juga faktor – faktor tertentu yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Untuk itu ada baiknya jika manajemen HR memeriksa sejarang kinerja dari karyawan tersebut. Faktor penyebabnya bisa jadi jam kerja berlebih, target yang terlalu tinggi, atau penyebab lainnya. Jika memang bisa di perbaiki berikan kesempatan pada karyawan agar bisa memperbaiki kinerja mereka selanjutnya.


2. Membuat Rencana Peningkatan Performa Kerja

Membuat rencana peningkatan performa kerja bisa jadi salah satu solusi yang baik untuk menghadapi karyawan yang memiliki kinerja buruk. Dengan rencana yang baik dan terstruktur akan membuat karyawan kembali ke performa terbaik mereka. Dimulai dengan berbicara dengan karyawan yang mengalami kinerja buruk, kemudian mengumpulkan data dari karyawan berupa keluhan, dan permasalahan dalam pekerjaan yang mereka alami, kemudian dijadikan sebuah action plan yang bisa meningkatkan kinerja.



3. Berikan Apresiasi Terhadap Peningkatan Kerja

Dalam sebuah pekerjaan apresiasi sangatlah dibutuhkan. Karyawan yang diapresiasi tentunya memiliki tingkat kepuasan bekerja yang lebih. Dengan mengapresiasi karyawan tentunya perusahaan juga secara tidak langsung memberikan sebuah motivasi agar bekerja dengan maksimal dan optimal. Salah satu bentuk apresiasi ini adalah penghargaan atas pencapaian target kerja yang sudah ditentukan.

Di jaman sekarang ini apresiasi terhadap seorang karyawan masih sangat kurang. Mungkin bagi perusahaan yang sudah berkembang dan memiliki budaya saling support hal ini sudah biasa, tapi kebanyakan dari perusahaan sangat jarang untuk mengapresiasi karyawan mereka. Jadi ada baiknya untuk memulai budaya ini dari hal – hal kecil.

Tingkatkan Performa Karyawan Dengan Software Performance Management LinovHR

Salah satu solusi yang bisa perusahaan miliki adalah dengan menggunakan sebuah software yang bisa memantau semua kinerja karyawan. Dengan software performance management milik LinovHR ini, anda bisa dengan mudah mengetahui perkembangan kinerja, dan berbagai komponen kinerja dari karyawan, sehingga akan lebih mudah untuk membuat sebuah strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Selain itu ada sebuah Modul performance appraisal yang berguna untuk memberikan apresiasi kepada karyawan yang memiliki kinerja yang bagus. Kemudian ada fitur yang terhubung dengan kompetensi unit kerja, yang merupakan sebuah kompentensi yang harus dimiliki oleh setiap karyawan pada unit kerja tertentu, dan masih banyak fitur - fitur terkait performance appraisal yang dapat anda baca lewat sini - > https://www.linovhr.com/software-performance-appraisal-linovhr/

Itulah informasi terkait bagaimana cara menghadapi karyawan yang memiliki kinerja buruk, Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Terutama bagi Para HR yang sedang menghadapi kinerja karyawan yang buruk.

19 Mei 2019

Sembilan Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari Saat Berkomunikasi

Tipsiana.com - Tidak banyak orang yang menyadari bahwa sebenarnya sebagian besar komunikasi kita bukan verbal, melainkan disampaikan melalui bahasa tubuh dan respon apa yang kita perlihatkan kepada lawan bicara. Karena kita akan terus berhubungan dengan individu lain dengan tujuan yang berbeda-beda, penting untuk mengetahui pesan yang disampaikan tubuh kita, dan apakah bahasa tubuh kita cocok dengan apa yang ingin kita katakan.

Ada sembilan posisi tubuh yang harus diperhatikan yang akan menyampaikan pesan negatif tentang diri Anda kepada orang lain. Ini akan membantu Anda mengembangkan kesadaran tubuh, serta memungkinkan Anda berkomunikasi seefektif mungkin:


1. Postur membungkuk

Postur tubuh memiliki peran besar dalam hal kepercayaan diri dan apa yang kita komunikasikan kepada orang lain. Berdiri atau duduk jongkok melambangkan rasa tidak aman, merasa rendah dan menunjukkan kelemahan. Di sisi lain, bersandar terlalu jauh ke belakang berarti Anda terlalu nyaman dan tidak tertarik dengan apa yang Anda lakukan atau apa yang dikatakan kepada Anda.

Postur terbaik yang bisa diadopsi adalah duduk tegak, dengan bahu menghadap ke belakang, ini menunjukkan kepercayaan diri dan memastikan bahwa orang-orang memperhatikan Anda secara positif.

2. Posisi kaki yang salah

Posisi kaki kita memiliki efek yang signifikan pada pesan yang kita kirim ke orang yang duduk di depan kita. Pada gambar di bawah ada tiga posisi yang harus Anda hindari dan dua posisi yang harus Anda adopsi.


Posisi yang harus dihindari:
  • Lutut menempel, pergelangan kaki melebar (1) - mengesankan sifat kekanak-kanakan, tidak aman, dan sedang melamun.
  • Menyilangkan kaki Anda (2) - mengesankan perilaku defensif, jauh, dan picik.
  • Lutut, pergelangan kaki yang terpisah (3) - mengesankan dominasi dan rasa mementingkan diri sendiri, arogansi, dan bahkan kurangnya sopan santun.
Posisi yang sebaiknya diadopsi:
  • Kaki sejajar (4) - postur netral yang menunjukkan pola pikir yang tenang dan terbuka.
  • Pergelangan kaki menyilang (5) - posisi ini lebih umum di kalangan wanita dan akan mengesankan feminitas dan ketertarikan.

3. Gerakan berlebihan


Gerakan tangan dan tubuh yang berlebihan menimbulkan rasa tidak aman dan terkesan kurang dewasa, ini merupakan pesan yang tidak ingin disampaikan oleh siapa pun. Bermain dengan rambut, mengetuk jari atau menggigit kuku dan bibir juga menimbulkan ketidakpastian. Gerakan ini harus dihindari ketika Anda ingin terlihat percaya diri, seperti saat wawancara kerja.

4. Melipat tangan


Ketika kita berbicara dengan seseorang yang menyilangkan tangan, kita biasanya merasa tidak senang karena lawan bicara terkesan tidak terbuka. Perasaan ini berasal dari fakta bahwa lengan menyilang yang menghalangi tubuh tersebut menunjukkan kurangnya minat, dan membuatnya tampak tak ingin dekat.

Jika ini bukan yang ingin Anda sampaikan, letakkan tangan Anda sejajar dengan tubuh atau punggung Anda sehingga Anda mengekspresikan keterbukaan dan minat pada orang lain yang akan membuat percakapan menjadi lebih menyenangkan.

5. Kontak mata yang salah


Saat Anda menatap mata orang lain, Anda memberi sinyal perhatian. Ketika Anda menghindari kontak mata, ini menunjukkan kurangnya kesiapan atau kurangnya profesionalisme, yang dapat sangat merusak dalam pertemuan bisnis.

Kontak mata yang berkepanjangan mungkin juga tidak pantas, jadi yang terbaik adalah menjaga kontak mata saat mengobrol dan berpaling sesekali sehingga Anda tidak terlalu lama menatap.


6. Gerakan gelisah


Perilaku gelisah dan panik, seperti bermain dengan rambut atau telepon, dapat mengalihkan dan mengganggu komunikasi Anda dengan orang lain. Karena itu, ketika Anda berbicara dengan orang lain, Anda harus fokus pada mereka dan apa yang dikatakan dan bukan pada hal-hal lain yang akan membuat Anda tampak tidak fokus, lemah bahkan terkesan labil.

7. Menggosok-gosokkan tangan


Menggosok-gosokkan tangan atau menyilangkan jari membuat Anda terlihat seolah-olah sedang merencanakan sesuatu, dan ini adalah dua bahsa tubuh yang harus dihindari. Selain itu, gerakan-gerakan ini menyampaikan bahwa Anda mencoba memaksakan pendapat Anda pada orang lain alih-alih membujuk mereka dengan argumen cerdas, yang dapat membuat orang menjauh. Jadi Anda harus mencoba untuk menjaga tangan Anda bebas dan membiarkannya senormal mungkin.

8. Meniru orang lain


Meniru gerakan orang lain saat berkomunikasi membantu membangun rasa saling percaya dan membuat orang secara tidak sadar merasa bahwa Anda menyukainya.

Perilaku seperti itu memperkuat hubungan dan oleh karena itu disarankan untuk menggunakan ini dari waktu ke waktu alih-alih duduk di depan seseorang yang tidak bergerak. Jadi ketika Anda ingin menunjukkan kepada seseorang bahwa Anda menyukai mereka dan bahwa Anda dapat dipercaya, cukup adopsi beberapa gerakan tubuh mereka selama percakapan dan sampaikan pesan-pesan penting ini langsung ke pikiran bawah sadar mereka.

Tapi ingat, jangan tiru gerakan tubuh orang lain secara berlebihan. Bila ia sadar Anda terlalu sering meniru gerak geriknya, ini malah membuat Anda terkesan mempermainkannya.

9. Memasang wajah datar


Ketika berkomunikasi dengan orang lain, yang ingin mereka ketahui adalah Anda memang sedang mendengarkannya. Jika Anda berdiri di depan mereka dan tidak menanggapi mereka dengan tubuh Anda, ini akan terkesan Anda kurang berminat. Jadi Anda harus tersenyum atau mengangguk untuk aktif dalam percakapan.

Ketika Anda melakukan ini, orang-orang akan fokus pada senyum di wajah Anda daripada bagian lain dari tubuh Anda, dan merasa bahwa mereka merasa nyaman. Mereka akan merasakan bahwa Anda adalah seseorang yang tahu bagaimana mendengarkan dan bereaksi terhadap apa yang ia sampaikan.