8 Februari 2018

Wow, Ada Mobil Di Luar Angkasa

Tipsiana.com - Elon Musk, si Iron Man dunia nyata, bercerita tentang lamunan liarnya di Twitter, "Aku suka membayangkan tentang mobil yang melayang tanpa henti di luar angkasa dan mungkin akan ditemukan oleh alien jutaan tahun mendatang."

Lamunan sang visioner tulen itu kini sebagiannya telah nyata, pada Selasa (6/2) sore waktu Florida, roket SpaceX terbaru bernama Falcon Heavy berhasil diluncurkan ke orbit bumi. Roket ini adalah roket terkuat yang dibuat perusahaan luar angkasa milik Elon Musk. Ia mampu mengangkut muatan berat keluar angkasa. Dan untuk membuktikannya, Falcon Heavy membawa muatan sebuah mobil listrik Tesla Roaster.


Mobil yang juga buatan Tesla Motors milik Elon Musk tersebut kini telah mengorbit di bumi. Ia melayang bersama sang supir bernama Starman, sebuah manekin berbaju asronot dengan gestur mengemudi santai.

Banyak yang mengkritik 'kegilaan' Musk yang membawa mobil ke luar angkasa, namun ia punya alasan untuk itu. Roket Falcon Heavy dipersiapkan untuk penjelajahan manusia ke Mars, ia dirancang untuk bisa mengorbit di Mars. Falcon Heavy mampu membawa beban muatan yang sangat berat (hingga 64 ton) yang diperlukan dalam perjalanan ke planet merah nantinya. Mampu membawa mobil sebagai muatan ke orbit bumi adalah bukti dari kehandalan roket ini.


Roket SpaceX Falcon Heavy sendiri membuat rekor sebagai roket paling kuat dengan biaya rendah. NASA yang berencana membuat roket kuat Space Launch System (SLS) generasi terbaru membutuhkan biaya hingga 1 milyar dolar untuk pengembangannya, sementara Falcon Heavy hanya membutuhkan biaya 90 juta dolar. Bagai langit dan Bumi.


Keistimewaan lain dari sistem roket milik SpaceX adalah kemampuan roket pendorongnya untuk bisa kembali ke bumi dengan selamat hingga bisa digunakan kembali untuk misi selanjutnya. Ini adalah revolusi besar karena sebelumnya roket pendorong biasanya akan terbuang di laut.

Setelah misi yang sukses, Elon Musk membagikan video spektakuler di akun Twitternya. Tampak sang Starman sedang duduk santai di atas kemudi sambil memandang bola bumi nun jauh disana. "Pemandangan dari ruang kontrol peluncuran SpaceX. Kelihatannya, ada sebuah mobil yang mengorbit di sekitar planet bumi."


Kini tinggal menunggu jutaan tahun lagi sampai ras alien menemukan mobil listrik tersebut dengan penuh kebingungan.

This Is The Newest Post