14 Desember 2017

Lihat Foto ini, Medsos Barat Sebut Madinah Bagai Kota Star Wars

Tipsiana.com - Beberapa hari belakangan media sosial diramaikan oleh postingan sebuah foto landskap bangunan indah dengan arsitektur berkesan futuristik. Warganet barat menyebutnya sebagai kota yang mirip dengan kota dalam film saga Star Wars.

Foto yang tak lain adalah pemandangan pelataran Masjid Nabawi tersebut beredar luas di beberapa media sosial seperti Twitter, Pinterest, Imgur, 9gag hingga Reddit. Mereka memberi judul postingannya sebagai, "Terlihat seperti sedang berada di suasana Star Wars, padahal ini adalah kota Madinah di Arab Saudi."


Pilar-pilar tinggi yang bersusun rapi dengan ornamen indah terlihat sangat unik. Sejauh mata memandang, pilar yang sebenarnya adalah tiang penyangga payung raksasa ini membentuk pola layaknya menara-menara kota.


Warganet menyamakan pemandangan ini mirip dengan kota Coruscant, sebuah kota fiktif yang muncul dalam film Star Wars Episode III. Kota ini memenuhi seluruh planet dengan gedung pencakar langit berbentuk meruncing dengan nuansa keemasan. Mungkin karena sama-sama memiliki tiang menara tinggi keemasan inilah, ditambah para penduduknya yang berpakaian jubah, membuat suasana pelataran Masjid Nabawi ini mereka samakan dengan kota Coruscant.


Meski bersetting suasana planet lain, film-film fiksi ilmiah seringkali mengadopsi landskap yang ada di bumi. Sebut saja pada film Avatar, pulau-pulau melayang di planet Pandora ternyata terinspirasi dari bukit-bukit lancip di Taman Nasional ZhiangJiaJie di China.


Di Film Star Wars sendiri ada sebuah kota bernama Theed yang bentuk kubah-kubah bangunannya mirip dengan kubah bangunan Hagya Sophia dan Masjid Biru di Istanbul Turki.


Namun tampaknya kemiripan yang ada pada Masjid Nabawi di Madinah dengan kota fiksi Coruscant terjadi secara tidak sengaja.


Dan mereka tentunya akan semakin terkagum-kagum saat melihat tiang-tiang yang mereka anggap menara ini ternyata bisa mengembang menjadi payung-payung raksasa yang menaungi para jamaah dari terik matahari.

This Is The Newest Post