1 November 2017

Truk Kayu Coba Lewati Tikungan Sempit, Ini Yang Terjadi

Tags

Tipsiana.com - Perlu keahlian tingkat tinggi untuk bisa mengemudikan kendaraan berat seperti truk kontainer atau truk kayu berbadan panjang. Jam terbang tinggi dan insting mengemudi yang handal wajib dimiliki para supir truk tersebut.

Tantangan yang dihadapi supir untuk bisa mengendalikan kendaraan berbadan dan berbobot besar tidak mudah. Seringkali jalanan yang dilalui tidak sesuai untuk dilewati truk. Jalan yang tak rata, terlalu sempit, licin hingga pengendara motor yang sering menyalip truk tanpa perhitungan selalu jadi momok tersendiri pagi supir. Sedikit salah perhitungan, maka keselamatan jiwa supir dan orang lain akan jadi taruhannya.


Satu lagi yang paling menyulitkan adalah bila supir harus melewati tikungan tajam yang sempit. Badan truk yang besar dan panjang mengharuskan supir memiliki ruang yang cukup untuk bisa berbelok. Sebuah video yang merekam momen ketika truk kayu harus melewati tikungan kecil dan sempit ini adalah sebuah contoh dimana keahlian supir diuji hingga batas kemampuannya. Mampukah supir melewati tikungan tersebut?

Kelokan sempit tersebut seperti mustahil untuk dilewati oleh truk kayu dengan panjang sekitar 12 meter. Video yang diambil di sebuah daerah terpencil di Perancis ini benar-benar membuat netizen berdecak kagum. Si supir ternyata berhasil membelok dengan sempurna meski beberapa kali harus berhenti sejenak untuk merubah posisi roda.



Dipastikan, truk biasa akan mustahil melakukan manuver ini. Truk ini memang bukan truk biasa karena telah dilengkapi teknologi terbaru. Rahasianya terletak pada roda belakang truk yang bisa membelok sendiri dengan dikendalikan pengendali elektronik. Jadi, roda depan dan roda belakang bisa digerakkan secara independen.

Sebuah video lain memperlihatkan kemampuan truk dengan roda belakang independen. Truk yang mengangkut baling-baling turbin pembangkit listrik tenaga angin sepanjang 62 meter, berhasil membelok di tikungan tajam.