7 November 2017

Trik Sederhana Agar Daging Buah Alpukat Tidak Menjadi Cokelat

Tags

Tipsiana.com - Alpukat adalah buah favorit mereka yang sedang menjalankan diet. Dengan kandungan lemak sehat, serat, Vitamin E, Vitamin B, kalium dan asam folat, alpukat menjadi makanan menyehatkan yang bercita rasa nikmat.

Hanya satu kekurangan dari buah ini, saat akan diolah menjadi smoothies atau jenis makanan lain, alpukat akan sangat cepat berubah menjadi kecoklatan bahkan sebelum diolah. Akhirnya tampilan alpukat tak lagi sesegar ketika baru di potong.


Peristiwa pencokelatan daging buah (browning) adalah hal lumrah. Apel, pisang, dan buah lainnya juga cepat berubah menjadi kecoklatan. Ini disebabkan enzim yang ada pada daging buah bereaksi dengan udara.

Memang warna cokelat takkan merubah kandungan gizi dan rasa, namun penampilan akan semakin menggugah selera. Lalu, apa yang bisa kita lakukan?


Ada dua pilihan yang bisa dilakukan, menonaktifkan enzim buah dengan cara penceluran (bleaching), atau mencegah udara menyentuh daging buah. Trik ini akan menggunakan prinsip mencegah daging buah bereaksi dengan udara dengan cara sangat sederhana.

Yang dibutuhkan hanyalah sebuah wadah dengan penutup yang diisi air hangat. Masukkan daging buah alpukat kedalam air hangat hingga terendam. Ini akan mencegah buah bereaksi dengan udara.

Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 6 November 2017


Jika Anda ingin menyimpan sisa alpukat yang belum sempat diolah, caranya sama, masukkan buah kedalam wadah berisi air hangat hingga terendam sempurna lalu tutup rapat wadah. Lalu masukkan kedalam kulkas. Udara dingin akan memperlambat metabolisme buah alpukat. Dengan cara ini, buah akan tetap segar dan tahan disimpan hingga 3 hari.

Untuk pilihan cara lain Anda bisa membaca artikel Trik Agar Potongan Apel Tidak Menjadi Coklat ini, prinsip kerjanya sama dengan alpukat.

Selamat mencoba.