6 November 2017

Sembilan Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Dalam Penerbangan

Tags

Tipsiana.com - Sejak penerbangan menjadi semakin murah dan mudah dijangkau, kita jadi makin sering melakukan perjalanan melalui mode transportasi udara ini. Meski perjalanan dengan pesawat adalah sesuatu yang menyenangkan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari situasi yang tidak diinginkan selama terbang.

Dalam pesawat kita dihadapkan pada resiko kontaminasi penyakit, perubahan tekanan udara yang tiba-tiba, dan gangguan kesehatan lainnya. Untuk menghindarinya, Anda harus mengerti sembilan hal yang harus dihindari selama melakukan penerbangan berikut ini.


1. Hindari minum soda

Ketinggian yang naik dengan cepat saat terbang dapat menyebabkan pencernaan kita menghasilkan banyak gas. Inilah sebab mengapa kita direkomendasikan untuk menghindari minuman bersoda selama penerbangan. Anda juga disarankan untuk tidak memakan kacang-kacangan, gorengan, dan produk susu selama terbang. Tak mengkonsumsi makanan tersebut selama terbang akan terhindar dari perut kembung dan peristiwa memalukan akibat secara tak sengaja Anda buang angin dalam pesawat.

2. Anda mudah mabuk perjalanan? jangan duduk di bangku belakang

Jika Anda tipe orang yang mudah mabuk dalam perjalanan, cara efektif untuk menghindarinya sama seperti saat Anda sedang naik mobil pribadi atau bus. Hindari duduk di bangku bagian belakang dan usahakan memilih tempat duduk yang dekat dengan sayap pesawat. Anda juga harus menjaga jenis makanan sebelum terbang dengan tidak memakan gorengan atau makanan berlemak dan alkohol.

3. Jangan gunakan ponsel

Semua sudah tahu larangan yang satu ini. Tapi fenomena yang terjadi kini malah makin banyak orang yang dengan cueknya memainkan ponsel di dalam pesawat. Meski pada ponsel Android ada fitur mode pesawat, namun mematikan ponsel selama terbang adalah yang paling aman.

Gangguan navigasi akibat sinyal ponsel Anda dapat membahayakan seluruh penumpang.


4. Hindari menggunakan benda-benda yang ada di pesawat

Pada penerbangan kelas premium biasanya disediakan earphone dan selimut untuk menghabiskan waktu dan menghangatkan badan. Meski earphone terbuat dari plastik dan selimut tampak bersih, lebih baik untuk tidak menggunakannya. Ini adalah tindakan berjaga-jaga agar Anda tidak tertular kotoran dan bakteri penumpang lain. Lebih baik Anda memakai earphone sendiri dan membawa selimut kecil dalam perjalanan.

Benda-benda lain juga harus diperhatikan, hindari memegang langsung pegangan toilet dan jendela pesawat. Sebinya bersihkan dulu dengan tisu. Bila sulit dihindari, paling tidak jangan sentuh wajah dan mulut Anda dengan tangan sebelum mencuci tangan.

5. Jangan gunakan lensa kontak

Lensa kontak akan membuat mata kering, dan jika digabung dengan kondisi udara kering dalam kabin pesawat, akan merusak mata. Jika Anda tak ingin memakai kacamata, gunakan lensa kontak sekali pakai yang memiliki ruang bernafas. Jika perlu gunakan obat tetes mata untuk melembabkan mata.

6. Jangan tutup lubang udara diatas kepala Anda

Jika ventilasi udara diatas kepala Anda terasa terlalu dingin, lebih baik Anda menggunkan pakaian tebal. Alasan mengapa lubang udara harus tetap menyala adalah agar udara yang menyemprot dari lubang membuat kuman menyingkir dari tubuh Anda.





7. Jangan tidur saat pesawat belum lepas landas

Telinga kita akan budeg selama lepas landas dan mendarat akibat perubahan tekanan udara. Tidur seleum lepas landas akan membuat tubuh sulit untuk meyeimbangkan tekanan. Jika telinga Anda tetap tertutup, cobalah mengunyah permen karet atau usahakan untuk menguap. Jika belum berhasil, pencet hidung Anda, tutup mulut lalu tekan udara keluar dari paru-paru.

8. Jangan terbang dengan hidup tersumbat

Hidung tersumbat tidak bisa kita kontrol, tapi masih bisa kita atasi, terutama saat akan terbang. Hidung tersumbat akan membuat tekanan kuat pada kuping dan dapat menyebabkan trauma kepala dalam penerbangan. Jika Anda sedang flu, gunakan obat semprot hidup untuk melegakan pernafasan. Jika Anda menderita sinusitis, konsultakan dengan dokter Anda sebelum melakukan pernerbangan.

Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 5 November 2017


9. Jangan hanya duduk diam dalam penerbangan

Melakukan perjalanan udara dalam waktu lama akan menyebabkan perdaran darah menjadi lambat jika Anda hanya duduk diam. Cobalah untuk sedikit berjalan di sekitar kabin atau paling tidak bukalah sepatu Anda dan gerak-gerakkan kaki. Dengan cara ini  Anda akan terhindar dari resiko terserang trombosis atau pembekuan darah dalam pembuluh kaki.