30 Oktober 2017

Muncul Garis Hitam Di Kuku, Ini Bahayanya

Tags

Tipsiana.com - Kuku bisa menjadi indikator kesehatan yang akurat. Jika Anda mendapati garis hitam pada kuku, bisa jadi ia sedang memberi pesan bahwa Anda tengah mengalami penyakit yang lebih serius dari yang Anda duga.

Pesan peringatan inilah yang diterima seorang wanita ketika ia mengeluh ada garis hitam di bagian kuku jempol tangan. Ia pun pergi ke salon untuk mengecat kukunya agar garis hitam tersebut tertutupi. Selama ini ia mengira garis tersebut hanyalah lepuh darah dibawah kuku akibat kurang kalsium. Namun petugas salon yang melihatnya menyarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.


Beberapa minggu kemudian, wanita tersebut kembali ke salon dan memberitahu kalau garis hitam pada kukunya telah didiagnosa sebagai kanker melanoma agresif, yang telah menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Melanoma kuku yang secara medis disebut subungual melanoma jika berada di bawah kuku, atau periungual melanoma jika berada disekitar kuku, adalah penyakit kanker langka namun mematikan. Separuh dari kasus kanker melanoma terjadi pada orang Asia, 35% pada orang berkulit gelap, dan hanya 2,5% pada individu berkulit putih.

Alasan utama mengapa penyakit ini sangat serius adalah karena biasanya penderita tidak mendapat diagnosa akurat dengan segera. Faktanya, keterlambatan diagnosa penyakit subungual melanoma terjadi hingga 2,5 tahun. Ini bukan karena mereka tidak menyadari adanya garis hitam di kuku, tapi karena mengira garis tersebut muncul karena penyakit lain.

Ditambah lagi, subungual melanoma muncul mirip dengan ciri penyakit subungual hematoma, yang sering disebut lepuh darah (blood blister). Lepuh darah biasanya muncul akibat trauma, semisal saat jari Anda terjepit pintu. Ini akan membuat pembuluh darah kecil di bawah kuku pecah, menyebabkan  keluarnya darah dibawah kuku.


Pada kasus lepuh darah, biasanya kuku akan terus tumbuh dan perlahan darah di bawah kuku juga akan menghilang. Pola perubahan warna pada kuku juga cenderung lebih tidak beraturan, dengan genangan atau berbentuk tetesan. Sementara pada melanoma subungual, ia berkembang mirip seperti pita yang rapi, yang timbul di akar kuku dan memanjang ke ujungnya.

Jadi, jika Anda mendapati tanda garis hitam baru dibawah kuku jari tangan atau kaki, dan tak ingat pernah mengalami trauma terjepit atau tertimpa benda berat, Anda harus waspada. Dokter Anda kemungkinan besar akan melakukan biopsi untuk mengecek ada tidaknya melanoma.

Kabar baiknya, bila Anda bisa mendeteksinya lebih awal, pengangkatan lewat operasi dapat menghilangkan semua sel kanker sebelum mereka menyebar ke organ lain.