6 Fungsi Keren Aluminium Foil yang Serbaguna

Tags

Tipsiana.com - Kebanyakan kita menggunakan aluminium foil hanya untuk keperluan di dapur. Padahal, banyak yang bisa dilakukan lembar aluminium tersebut selain untuk membungkus makanan. Berikut enam fungsi keren aluminium yang bisa berguna bagi keseharian Anda.


1. Menyetrika pakaian langsung dari dua sisi


Dengan membungkus papan setrikaan sebelum menyetrika, akan sangat menghemat waktu. Dengan dilapisi aluminium foil, maka papan setrikaan juga akan sangat panas. Karenanya, pakaian kita hanya perlu sekali gosok tanpa harus membaliknya.

2. Menajamkan gunting


Cukup lipat alumuminium foil menjadi 6 lapis lalu perlahan potong dengan gunting tumpul yng ingin ditajamkan. Ulang beberapa kali sambil dicek apakah gunting telah cukup tajam.


3. Memperpanjang umur baterai


Begitu baterai kita melemah, kita harus membeli yang baru. Tapi dengan lembaran aluminium yang disisipkan dibagian positif baterai, ternyata mampu memperpanjang umurnya. Bertambahnya tekanan pada kutub baterai membuat arus yang tersisa bisa dipakai. Ini bisa dilakukan bila kita belum sempat membeli yang baru.

4. Membersihkan setrika


Agar efektif, bagian bawah setrika kita harus dari bahan baja stainless. Potong lembar aluminium kemudian gulung menjadi bola. Gosokkan bola aluminium tadi ke permukaan gosokan yang kotor. Setrika Anda akan kembali bersih cemerlang.




5. Memindahkan perabot dengan mudah


Secuil aluminium foil dapat digunakan untuk mempermudah memindahkan perabot yang berat. Cukup tempatkan lembar aluminium tepat dibawah kaki perabot. Ini akan membuat kaki perabot menjadi licin dan gampang digeser.

6. Menghilangkan karat pada permukaan logam yang berlapis chrome


Gumpalkan aluminium foil menjadi bentuk bola lalu rendam dan gosokkan ke permukaan berlapis krom yang berkarat. Karat adalah logam yang terosidasi, aluminum foil adalah alternatif yang tepat karena mampu menghilangkan atom oksigen yang terkandung dalam karat.