17 Kegunaan Koran Bekas Yang Wajib Anda Ketahui

Tags

Tipsiana.com - Koran adalah barang yang paling cepat tak digunakan dibanding barang lain. Setiap pagi ia akan dicari-cari, tapi esoknya sudah jadi tumpukan kertas tak terbaca, tergantikan dengan koran edisi terbaru. Bagi yang berlangganan koran, tumpukan tersebut kian hari semakin banyak sampai memakan tempat cukup besar untuk menyimpannya.


Biasanya, yang bisa dilakukan ketika koran bekas sudah menumpuk adalah menjualnya ke tukang loak. Meski harganya tak sebanding, paling tidak ruangan rumah kita jadi lapang.  Padahal, selain hanya dijual dengan harga sangat murah, koran bekas ternyata punya banyak manfaat dan fungsi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Mulai dari membersihkan kaca jendela hingga bisa menjadi sebuah karya seni, berikut kita akan mengulas 17 penggunaan koran bekas yang sangat bermanfaat.

1. Membersihkan kaca jendela


Tak perlu membeli pembersih kaca jika Anda punya koran bekas. Cukup basahi dengan sedikit air, lalu bersihkan kaca dengan koran bekas. Untuk hasil sempurna, gosok kembali kaca jendela atau meja Anda dengan koran kering. Ingat, ini hanya efektif untuk membersihkan kaca. Bila Anda gunakan untuk membersihkan meja dari bahan aluminium, tinta koran malah akan mengotori meja.


2. Pelapis rak lemari


Gunakan koran bekas untuk melapisi kabinet, lemari pakaian atau rak perabot Anda. Koran jelas lebih murah daripada harus membeli pelapis khusus dan mudah diganti.

3. Pembungkus barang pecah belah


Koran adalah pengganti bubble warp terbaik. Untuk mengemas kotak berisi bahan mudah pecah, pertama bungkus tiap barang dengan koran. Letakkan kedalam kotak, lalu beri jarak dengan cara menyisipkan gumpalan koran kedalamnya. Penuhi kotak dengan gumpalan koran bekas lalu tutup. Barang Anda akan aman sampai tujuan.



4. Pembunuh rumput kebun


Jika rumput liar menjadi masalah di taman kecil Anda, tutup permukaan tanah dengan koran bekas lalu siramkan air keatasnya. Setelahnya Anda juga bisa tutupi koran dengan kompos atau mulsa. Koran akan membuat rumput tak bisa tumbuh dan bahan organiknya membantu pertumbuhan tanaman.



5. Bubur koran


Dulu, anak SD sering diberi tugas kerajinan membuat peta dari bubur kertas koran dicampur  lem. Entah apa sekarang masih ada yang seperti itu. Anak Anda bisa bergembira sekaligus kreatif bila diperkenalkan dengan kerajinan bubur kertas koran ini.



6. Pemicu api


Kertas koran sangat mudah terbakar dan bisa digunakan untuk membantu menyalakan api unggun, arang panggangan atau membakar sampah.

7. Menjaga bentuk barang


Agar bentuk sepatu atau tas Anda tetap bagus, masukkan gumpalan koran bekas kedalamnya hingga penuh saat sedang tak dipakai.


8. Pelapis tempat buah dan sayur


Letakkan lembaran koran dibagian bawah laci buah dan sayur di lemari es Anda. Koran akan menyerap berbagai bau dalam kulkas.

9. Mematangkan tomat


Bungkus tomat yang masih belum matang dengan koran bekas, tempatkan kedalam kotak dan tutup. Tomat akan masak dengan warna merah sempurna. Cara ini juga bisa dilakukan pada buah-buahan lain.


10. Pelapis taplak meja


Letakkan beberapa lembar koran bekas diatas meja sebelum ditutup kain taplak. Ini akan mencegah taplak mudah lepas dan menjaga meja dari kerusakan.

11. Penghilang bau sepatu


Gumpalkan koran dan masukkan kedalam sepatu berbau. Biarkan semalaman dan lepaskan keesokan harinya. Bau sepatu Anda akan hilang.



12. Menjaga kesegaran buah dan sayur


Bungkus buah dengan koran bekas agar tak mudah membusuk. Sementara untuk sayuran, bungkus sayuran (selada misalnya) dengan koran lembab lalu letakkan kedalam kulkas. Sayuran Anda tetap segar dan tak mudah layu atau kering.


13. Pelapis karpet


Jika Anda punya karpet yang bagian bawahnya berbahan busa atau plastik, letakkan lembaran koran di lantai sebelum karpet digelar. Ini akan membuat karpet tak licin.




14. Membersihkan pecahan kaca


Pertama-tama, kutip bagian pecahan kaca yang besar. Lalu dengan hati-hati tempelkan daerah lantai yang terkena serpihan kaca dengan beberapa lembar koran bekas basah. Serpihan kaca akan menempel pada koran lembab tersebut. Pastikan koran yang Anda tempelkan cukup tebal agar serpihan tak melukai tangan.


15. Wadah tumbuh benih


Lipat beberapa lembar koran bekas dan bentuk menjadi wadah benih. Isi wadah dengan tanah kompos lembab dan tempatkan benih kedalamnya.



16. Membuat kerajinan tangan


Pilin koran bekas menjadi berbentuk batangan-batangan kecil. Dari sini batangan koran bisa disusun menjadi berbagai kerajinan seperti keranjang, tempat pensil atau mainan anak.



17. Mahakarya seni dari koran bekas


Chie Hitosuyama adalah seorang seniman muda asal Jepang yang punya bakat dan kesabaran tingkat tinggi. Dengan hanya memanfaatkan kertas koran bekas yang digulung dan direkatkan, ia mampu menciptakan patung-patung indah dengan detail luar biasa. Link dibawah ini adalah rangkaian karyanya.

Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 12 Oktober 2017