Rahasia Sukses Kelola Usia Dari Sang Milyuner Jack Ma

Tipsiana.com - Siapa yang tak kenal Jack Ma? si orang terkaya kedua di Tiongkok dengan kekayaan bersih senilai 38,9 miliar dolar. Ia adalah pendiri sekaligus CEO perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba Group.

Seperti banyak tokoh sukses dunia lainnya, Jack Ma memulai karirnya dari rentetan kegagalan. "Saya menjalani hidup yang pahit," akunya pada suatu saat. Bagaimana tidak, saat kecil sampai remaja, ia harus berulang kali ikut tes masuk sekolah karena secara akademis ia tidak pintar. Ketika kuliah pun, ia masuk Universitas kelas tiga atau empat secara nasional.


Ketika KFC buka cabang di Hangzhou, dari 24 pelamar, ia satu-satunya pelamar yang gagal. Ia juga tak diterima masuk polisi. Namun, kegagalan demi kegagalan sama sekali tak mematahkan semangatnya untuk sukses.

Banyak inspirasi bisa diambil dari kegigihan Jack Ma, salah satunya adalah pandangannya soal rahasia sukses seseorang dilihat dari usia.  Sukses tak bergantung pada usia, usia berapapun kita selama masih punya mimpi dan semangat pantang menyerah, kesuksesan pasti akan diraih. Namun perlu strategi yang tepat untuk mendapatkannya. Dan strategi mengelola usia untuk bisa sukses tersebut dibagikan Jack Ma untuk kita.


Yang harus dilakukan di usia sebelum 20 tahunan

Jadilah murid yang baik, belajarlah bersungguh-sungguh. Jangan langsung terjun ke dunia usaha, namun belajarlah sedikit pengalaman tentang wirausaha.

Di usia 25 tahunan

Lakukan kesalahan sebanyak-banyaknya. Bangkitlah setiap mengalami kegagalan bahkan nikmatilah setiap kegagalan. Jangan kuatir, setiap kesalahan adalah sebuah keuntungan untuk Anda karena ia adalah pengalaman yang berharga.

Yang harus dilakukan sebelum Anda berusia 30 tahun

Ikuti seseorang untuk dijadikan panutan. Bekerjalah ke sebuah perusahaan kecil. Biasanya perusahaan besar bagus untuk belajar tentang sebuah proses yang baik, tapi Anda adalah hanyalah bagian dari sebuah mesin perusahaan. Ketika Anda memilih bekerja di sebuah perusahaan kecil, Anda akan belajar tentang semangat dan mimpi sebuah perusahaan. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dari perusahaan yang sedang berkembang tersebut.

Hal terpenting lainnya adalah saat usia sebelum 30 tahun bukanlah perusahaan mana yang akan Anda masuki, tapi siapa pimpinan yang akan Anda ikuti. Bos yang baik adalah yang bisa mengajarkan banyak hal.

Saat Anda berusia antara 30 hingga 40 tahun.

Jika Anda ingin menjadi seorang wirausahawan, Anda harus mulai berpikir bahwa Anda bekerja untuk diri Anda. Pupuklah kemampuan Anda hingga.



Saat Anda berusia 40 - 50 tahun

Anda harus melakukan sesuatu yang benar-benar Anda kuasai. Jangan lagi mencoba-coba melompat ke ranah baru karena itu telah terlambat. Anda bisa saja sukses dengan usaha baru, tapi resikonya terlalu besar.

Jadi di usia 40 hingga 50 berpikirlah tentang bagaimana agar bisa fokus pada sesuatu yang Anda kuasai.

Tapi saat Anda telah berusia 50 - 60 tahun

Bekerjalah bersama anak-anak muda, karena anak muda bisa melakukan hal yang lebih baik dari Anda. Andalkan mereka, didik mereka agar mereka menjadi lebih baik dalam bekerja untuk Anda.

Ketika Anda telah mencapai usia 60 tahun

Habiskan waktu untuk dirimu sendiri karena biasanya di usia ini sangat sulit untuk membuat perubahan. Inilah waktu yang tepat untuk menikmati hidup.