11 September 2017

Awas, Konsumsi Berlebih Makanan Ini Justru Bisa Mematikan

Tags

Tipsiana.com - Paracelsus, seorang ahli kimia kuno pernah berkata, "Racun itu ada di setiap benda, tak ada yang tak beracun. Dosislah yang menentukan apakah ia menjadi racun atau menjadi obat."

Dalam sebuah acara kontes di radio lokal California di tahun 2007, peserta berlomba minum air sebanyak-banyaknya tanpa boleh buang air kecil. Jennifer Strange, seorang peserta kontes berusia 28 tahun, bersama 20 kontestan lainnya terus minum tanpa henti selama 15 menit. Setelah kontes selesai, Jennifer pulang dalam kondisi kesakitan. Sejam kemudian ia ditemukan ibunya tewas akibat keracunan air.

Ternyata, makanan atau minuman biasa dapat berbalik menjadi racun mematikan bila dikonsumsi berlebihan karena tubuh memiliki keterbatasan menampung satu jenis makanan dalam satu waktu. Akumulasi zat atau senyawa dari satu jenis makanan tersebut malah berakibat fatal.

Untuk menghindarinya, berikut akan dibahas ambang batas makanan dan minuman yang boleh di konsumsi dalam satu waktu. Angka ini berlaku untuk orang yang memiliki berat tubuh sekitar 90 kg.

Air


Setiap orang pasti pernah mendengar kalau kita setidaknya harus minum air 2 liter setiap hari. Tapi jika Anda minum 3 kali lebih banyak dari yang dianjurkan, ginjal takkan mampu memproses dan mengeluarkan cairan  berlebih di tubuh. Akibatnya Anda beresiko mengalami pembengkakan (edema)  otak dan organ dalam serta sesak nafas. Ini persis seperti kasus yang dialami Jeniifer tadi.

Kopi


Setengah ons kafein dipercaya merupakan dosis yang dapat membunuh. Ini kira-kira sama dengan jika Anda meminum 113 cangkir kopi sekaligus. Dalam kasus ini jelas sebelum mati karena keracunan kopi, manusia akan tewas akibat keracunan air. 113 cangkir kopi sama dengan meminum 30 liter air. Jadi, asal Anda tidak mengunya biji kopi atau menghabiskan 113 bungkus bubuk kopi instan, Anda aman.

Tapi perlu diingat untuk tidak mencampur kopi dengan soda atau minuman berenergi karena berbahaya. Seorang remaja di AS tewas di kelasnya karena minum campuran kopi latte, energy drink dan minuman bersoda.


Coklat


Coklat mengandung sedikit teobromin. Alkaloid ini adalah senyawa kuat yang menstimulasi sistem saraf pusat. Tapi jika Anda maka 11 kilo sekali makan, ini bisa memicu muntah-muntah dan diare, pendarahan dalam, terhentinya aliran darah ke jantung dan akhirnya tewas.

Alkohol


Bagi pria sehat, dosis mematikan alkohol adalah 1,25 liter alkohol 40% (kira-kira 27 kali tegukan gelas 45 ml).Tapi ini terjadi bila diminum dalam satu jam tanpa mengeluarkannya lewat air seni.

Rokok


Merokok 75 batang rokok yang mengandung 0,8 nikotin di setiap batangnya sekaligus akan mengantarkan Anda ke akhirat.

Biji apel


Anda takkan mati bila makan 18 buah apel. Tapi jika Anda mengunyah dan menelan seluruh biji dari 18 apel tersebut, kemungkinan besar Anda akan segera tamat. Ini terjadi karena biji apel mengandung senyawa sianida yang mematikan.

Pisang


Pisang mengandung kalium tinggi yang jika overdosis dan menyebabkan kematian. Tapi ini hanya terjadi jika Anda sanggup makan 400 buah pisang sekaligus.




Jeruk


Untuk bisa mati akibat overdosis jeruk, diperlukan 11.000 buah jeruk yang harus dihabiskan sekali makan.

Garam


Normalnya, setiap hari kita mengunsumsi 2,8 gram garam dapur. Dosis mematikan garam adalah 255 gram (kira-kira 48 sendok teh). Jika seseorang memilih cara makan garam sebanyak-banyaknya untuk bunuh diri, itu benar-beanr pilihan yang akan disesalinya karena kematiannya akan sangat menyakitkan dan butuh waktu lama.

Bubuk cabai lada


Anda butuh 130 sendok makan lada untuk bisa ke akhirat. Tapi tubuh akan segera menolak karena pedasnya.

Gula


Dosis mematikan sukrosa adalah sekitar 280 gr / kg berat tubuh. Ini berarti seseorang butuh makan 25 kg gula atau 500 sendok makan hingga ia mematikan.

Odol


Odol bukan makanan, tapi ia sering tertelan saat gosok gigi. Secara teori, Anda butuh setidaknya 24 buah odol agar efeknya mematikan.

Jadi, aturan mainnya tetap sama: jangan terlalu berlebihan dengan makan kesukaanmu.

Meski dhaif, hadists ini bisa diambil pelajaran untuk kita : "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang."

Sumber : Brightside