Jangan Buang Biji Semangka Anda, Ini Enam Manfaatnya

Tags

Tipsiana.com - Sebelum semangka tanpa biji menjadi tren dan banyak dijual dipasaran, banyak orang yang terganggu dengan banyaknya biji saat memakan semangka biasa. Padahal, biji semangka ternyata memiliki banyak manfaat. Apalagi bila dikeringkan, ia bisa dimakan dan punya kandungan nutrisi tinggi.

Biji semangka banyak mengandung protein, beberapa vitamin B dan vitamin lainnya, magnesium, besi, potasium, fosfor, tembaga, zinc dan mangan. Semua senyawa tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.


Setelah dikeringkan dan dipanggang, biji semangka bisa juga dijadikan makanan ringan sama seperti biji bunga matahari. Berikut enam manfaat biji semangka untuk kesehatan yang bisa Anda coba di rumah.

Sebelumnya, kita akan mencari tahu cara mengeringkan biji semangka:
Banyak yang tak suka rasa dan tekstur biiji semangka mentah, tapi suka dengan rasanya setelah dipanggang. Begini secara mengeringkan biji semangka.

  1. Setelah dikumpulkan, bilas dan keringkan biji.
  2. Rendam biji semalaman.
  3. Tunggu beberapa hari hingga biji mulai bertunas.
  4. Buang kulit biji luar yang keras, lalu keringkan isinya di oven atau dibawah sinar matahari.
  5. Sebarkan benih diatas loyang panggang.
  6. Cipratkan sedikit minyak makan keatasnya dan taburi garam secukupnya.
  7. Panggang dalam oven dengan sehu 163 derajat Celsius selama 15-20 menit.
  8. Biarkan biji semangga yang telah dikeringkan dingin dan siap di konsumsi.
Nah, kini biji semangka siap digunakan. Berikut delapan manfaatnya:


1. Membantu mengontrol diabetes

Biji semangka mengandung asam amino yang mampu membuat rileks dan melebrkan pembuluh darah, sehingg mengurahi tekanan oksidatif. Lebih lanjut, magnesium didalamnya akan mengontrol metabolisme karbohodrat,  yang akan memberi pengaruh langsung pada tingkat gula darah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa merebus biji semangka untuk dijadikan teh biji semangka.

Caranya : 
  1. Ambil segenggam biji semangka dan masukkan kedalam 4 gelas air.
  2. Rebus selama 45 menit, selama perebusan, tutup wadah tempat merebus.
  3. biarkan dingin.
  4. Minum ramuan ini setiap hari.

2. Obat letih

Biji semangka kaya zat besi, sebuah unsur yang diperlukan hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, yang akan membuatmu tetap fit.  Zat besi juga membantu proses perubahan kalori menjadi energi, dan juga menyediakan asupan makanan bagi sistem imun.

3. Menjaga kesehatan jantung

Biji semangka kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh yang membantu melindungi dari serangan jantung dam stroke. Lemak ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah.

Selain itu, biji semangka juga tinggi kandungan natrium yang berguna melawan penyakin jantung dan menjaga kesehatan jantung. Lebih lanjut, asam amino citrilin dan arginin yang terkandung dalam biji akan merawat arteri, aliran darah dan seluruh fungsi kardiovaskular Anda.




4. Mengontrol tekanan darah

Biji smengaka kaya protein yang mengandung beberapa asam amino. Salah satu asam aminonya adalah arginin. Selagi tubuh memproduksi argininnya sendiri, mengkonsumsi arginin tambahan akan menolong menurunkan tekanan darah dan bahkan mencegah penyakit jantung koroner.

Magnesium juga membantu mengontrol tekanan darah. Faktanya, kadar magnesium rendah dalam tubuh berperan pada meningkatnya tekanan darah.


5. Menjaga otot tetap bugar

Biji semangka adalah satu dari beberapa biji-bijian yang mengandung L-citrulin, nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan merawat jaringan otot. Senyawa ini membantu otot menajdi rileks, meningkatkan performa anaeroik dan mengurangi nyeri otot.

Magnesium yang dikandungnya juga penting bagi kesehatan otot. Magnesium menstimulasi pemulihan kalsium yang akan menjaga otot tetap kuat dan mencegah otot mudah kram.

6. Meningkatkan fungsi otak

Biji semangka ternyata merupakan sumber asam folat atau disebut juga vitamin B9. Folat penting bagi fungsi otak yang optimal.

Selain itu, asam lemak yang terkandung dalam biji semangka mampu menggenjot fungsi neurotransmiter, yang akan meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif. Karena juga mengandung anti oksidan, maka biji semangka bisa melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.