10 September 2017

Dokumen Rahasia CIA Sebut Hitler Masih Hidup di Tahun 1950-an

Tags

Tipsiana.com - Sebuah dokumen rahasia yang telah di deklasifikasi Central Intelligence Agency (CIA) mengungkap bahwa  Adolf Hitler ternyata masih hidup dan tinggal di wilayah Amerika Selatan di tahun 1955, satu dekade setelah sang Führer diketahui bunuh diri.

Dokumen yang diungkap ke publik ini dikirimkan kepada kepala Western Hemisphere Division (WHD) di CIA yang menyebutkan sebuah laporan dari intelejennya yang mendapat informasi dari "teman terpercaya" memberikan informasi tentang kondisi Adolf Hitler.


Dokumen bertanggal 3 Oktober 1955 itu menyebutkan "CIMELODY-3 (nama sandi seorang agen rahasia CIA) telah melakukan kontak pada 29 September 1955 ke seorang teman terpercaya yang bekerja dibawah perintahnya di Eropa dan saat ini tinggal di Maracaibo. CIMELODY-3 memilih tak mengungkap identitas temannya. Teman CIMELODY-3 menyatakan bahwa selama akhir September 1955, Philip CITROEN, mantan tentara SS Jerman, mengatakan kepadanya secara rahasia bahwa Adolph HITLER masih hidup," tulis dokumen tersebut.




"CITROEN mengaku telah melakukan kontak dengan HITLER sebulan sekali di Kolombia dalam perjalanannya dari Maracaibo," tambah memo tersebut.

"CITROEN memberitahu teman CIMELODY-3 kalau ia mengambil foto dirinya bersama HITLER tak lama sebelumnya, namun tak menunjukkan foto tersebut," klaim dokumen tersebut. Meskipun demikian, dilembar terakhir dokumen, intelejen CIA berkata"Pada 28 Septer 1955, teman CIMELODY-3 diam-diam berhasil mendapatkan foto yang dikatan CITROEN. Pada 29 September 1955, foto tersebut diperlihatkan ke CIMELODY-3 untuk mengetahui reaksinya terhadap kemungkinan kebenaran cerita fantastis ini." Sebuah foto yang sangat kabur dilampirkan di halaman terakhir dokumen rahasia.



"Ia juga menyatakan bahwa HITLER meninggalkan Kolombia menuju Argentina sekitar bulan Januari 1955. CITROEN berkomentar bahwa setelah sepuluh tahun berlalu sejak Perang Dunia II berakhir, pihak sekutu tak lagi menjadikan HITLER sebagai penjahat perang."

Sejauh mana kebenaran dokumen rahasia ini tak ada konfirmasi lanjutan. Namun dokumen ini kini dapat dilihat oleh umum di situs CIA. Sesuai dengan Executive Order 13526 Amerika Serikat, dokumen-dokumen yang usianya lebih dari 25 tahun sejak dokumen dibuat bisa dibuka untuk publik. Namun deklasifikasi itu harus mendapatkan persetujuan dan filterisasi dari otoritas di AS.

Sumber :
https://www.cia.gov/library/readingroom/docs/HITLER%2C%20ADOLF_0003.pdf