7 Cara Ketahui Kualitas Pakaian Yang Akan Anda Beli

Tags

Tipsiana.com - Saat kita  akan membeli baju atau jenis pakaian lainnya, tentu kita ingin yang berkualitas. Sejalan dengan peribahasa 'ada rupa ada harga', biasanya semakin mahal harga pakaian maka akan semakin bagus kualitasnya.

Namun tetap saja kita harus hati-hati karena ternyata banyak harga yang ditawarkan tak sebanding dengan kualitas yang diberikan. Ini sering terjadi bila kita belum berpengalaman mengetahui ciri pakaian berkualitas.

Berikut kita akan mengulas tujuh cara mengetahui kualitas barang yang akan kita beli.

1. Cek kualitas katun dengan cara meremasnya


Genggam kainnya, lalu remas kuat dalam genggaman Anda selama beberapa detik. Jika kain tampak jadi kusust seperti kertas, itu berarti kain telah diberi perlakuan dengan penambahan bahan khusus agar tampak rapi. Pakaian jenis ini biasanya akan langsung mudah kusut setelah di cuci.


2. Tarik jahitan untuk melihat celahnya


Pakaian berkualitas bagus biasanya memiliki jahitan yang rapat, padat dan tebal. Cobalah sedikit menarik jahitan baju yang akan Anda beli. Jika jahitan menunjukkan celah, itu berarti pakaian tersebut tidak bermutu.



3. Hindari memilih pakaian dengan resleting yang terbuka


Pastikan membeli pakaian atau aksesoris lainnya yang memiliki resleting besi yang ditutupi dengan kain penutup. Resleting ini biasanya akan lebih tahan lama dan tahan banting. Resleting tanpa pelindung sering mudah pecah dan menjadi penanda kualitas buruk barang tersebut.

4. Pastikan jahitan keliman cukup lebar


Celana dan rok idealnya harus memiliki keliman hingga 4 cm, blus dan kemeja bisa lebih kecil hingga sekitar 2 cm. Jika pinggiran pakaian yang akan Anda beli hanya memiliki jahit pinggir tanpa keliman, Anda sedag memegang pakaian kurang berkualitas.

5. Rentangkan kain


Barang berkualitas selalu tak mudah berubah bentuk. Coba tarik bagian kain dari gaun atau rok, lalu lepaskan. Jika kain tak segera kembali ke bentuk awalnya alias molor, Anda sedang berhadapan dengan brang murah berkualitas jelek.



6. Pastikan resleting sama panjang


Resleting pada baju, rok, atau segala jenis pakaian harus sama panjang, bahkan, barang berkualitas ditandai dengan warna resleting sama persis dengan warna pakaian.


7. Perhatikan label pakaian


Kain alami, seperti katun, sutra, dan wol, adalah jenis kain yang kuat dan tahan lebih lama dibanding dengan kain sintetis. Meskipun begitu, jika kain berisi 100% katun, maka akan mudah mengerut dan mengecil setelah dicuci. Karenanya, lebih bijak memilih pakaian dengan tambahan sekitar 5-30% bahan sintetis (viscose, polyester, nylon, dsb). Pakaian dengan jenis kain ini tidak mudah molor dan akan tahan lebih lama.

Sumber dan kredit foto : brightside