Wow, Jembatan Ini Dibangun Untuk Penyeberangan Kapal

Tags

Tipsiana.com - Jembatan biasanya dibuat sebagai penghubung moda transportasi darat yang terhalang oleh sungai atau jurang. Kita sering melihat jembatan untuk mobil atau kereta api. Namun ternyata, di beberapa negara, ada jembatan yang dibangun khusus untuk penyeberangan kapal.

Salah satunya adalah jembatan Sart Canal Bridge (Pont-canal du Sart) yang terletak di Belgia. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1998 dan baru selesai pada tahun 2002 lalu. Meski telah beroperasi lebih dari 15 tahun, belakangan jembatan air ini kembali viral di dunia maya setelah foto kemegahannya tersebar di internet.


Jembatan ini sangat unik. Ia membalikkan keadaan dimana biasanya jalan raya berada diatas jembatan dan air dibawahnya, namun dibawah Sart Canal Bridge malah melingkar jalan raya beserta taman yang tertata rapi.

Memiliki panjang 498 meter, lebar 46 meter dan dalam 7,1 meter, Sart Canal Bridge merupakan jembatan air yang mampu menampung air seberat 80 ribu ton. Jadi tak heran, kapal berjenis menengah bisa melaluinya.


Menurut laman structurae.net, jembatan air Sart Canal Bridge yang dibangun dengan biaya hampir 4 triliun rupiah ini tercatat sebagai jembatan terberat di dunia yang pernah dibangun melalui teknik ILM (Incremental Launching Method/Metoda Peluncuran Bertahap). Teknik yang sama dengan pengerjaan jembatan layang Sudirman di Jakarta.

Jembatan air adalah struktur seperti jembatan yang berisi kanal air yang dapat dilayari melintasi sungai, lembah, kereta api atau jalan lainnya. Kapal-kapal dan boat dengan leluasa berlayar melalui saluran air ini.

Jembatan Air Magdebur, Jerman

Jembatan air yang paling populer adalah Jembatan Air Magdeburg di Jerman, ia merupakan jembatan air terpanjang dan paling mengesankan di dunia. Tapi setelah melihat foto keindahan Sart Canal Bridge, sepertinya Jembatan Air Magdeburg menemukan pesaingnya.

 jembatan Sart Canal Bridge, Belgia