Mengungkap Sepuluh Fungsi Baru Smartphone yang Multiguna

Tipsiana.com - Siapa yang sekarang ini bisa lepas dari kebutuhan akan ponsel pintar? Perkembangan alat komunikasi yang satu ini begitu pesat dan masif. Karena kemampuannya yang bisa ditanamkan aplikasi baru baik dari developer maupun pihak ketiga, membuat ponsel pintar selalu memiliki kemampuan baru setiap  harinya.

Sepuluh tahun lalu, jika kita ingin melakukan sepuluh pekerjaan berbeda maka kita perlu 10 alat berbeda juga. Kini, dengan smartphone, Anda bisa melakukan panggilan, pesan, menonton tv, membaca berita, bahkan melakukan transaksi online. Bahkan lebih dari itu.

Kita akan mengungkap sepuluh fungsi ponsel pintar yang akan mempermudah kebutuhan Anda.

10. Membuat pesan di Lock Screen


Andaikata ponsel Anda hilang, dan pada layar hanya terlihat tampilan untuk memasukkan password, maka orang lain takkan ada yang tahu kodenya, bukan? Meski kemungkinan ponsel Anda kembali, tapi ada cara yang mungkin bisa membuatnya kembali ke tangan Anda.

Gunakanlah fungsi khusus pada versi terbaru Android, dimana Anda bisa menuliskan pesan (dan nomor HP yang bisa dihubungi) di lock screen. Jadi bila ponsel hilang, orang lain yang mungkin berbaik hati bisa membaca pesan Anda dan bisa menghubungi Anda.

Masuklah ke menu "Setting"-"Lock screen and security." Kemudian tulislah pesan dan nomor handphone backup atau email Anda di pesan tersebut. Selesai.

9. Fungsi Anti maling


Jika pesan di lock screen belum cukup, gunakanlah aplikasi anti maling. beberapa aplikasi, semisal Cerberus, mampu mengambil foto, mengaktifkan mic, memblokir ponsel dan atau menghapus seluruh data, melacak lokasi via GPS, atau bahkan bisa megeluarkan suara keras yang akan menarik perhatian orang sekitar.




8. Menghemat memori


Cepat atau lambat, memiri di perangkat Anda akan penuh. Anda bisa menggunkan layanan penyimpanan data cloud seperti Dropbox atau Google Drive atau Anda bisa langsung membuat backup ke komputer PC.

Sebenarnya kalau aplikasi Telegram tidak dilarang di Indonesia, ia akan sangat berguna. Telegram membolehkan Anda mengirim seluruh file, pesan dan link ke Anda.  Anda bisa menggunakan sebagai notepad dan juga penyimpanan online (cloud storage). Cukup masukkan nomor handphone Anda.

7. Smartphone jadi CCTV


Gunakan ponsel pintar lawas Anda untuk membuat sistem keamanan sederhana di rumah. Aplikasi dengan fungsi sensor gerak akan mengubah perangkat Anda menjadi kamera CCTV yang akan merekam ketika seseorang terdeteksi. Dan Anda bisa langsung dikabari lewat  online.

6. Dashcam


Ponsel pintar Anda juga bisa diubah menjadi kamera DVR di mobil Anda. Pasang ponsel Anda mengarah ke jalan dan atur hingga jalan terlihat jelas. Lalu gunkan aplikasi khusus DVR yang bisa Anda download di Google Playstore.

5. Mengakses menu spesial


Jika Anda penggila berat smartphone dan selalu menggunkannya, Anda mungkin mengubah settingan ponsel layaknya seorang profesional. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke dalam Developer menu.

Masuk ke "Settings" - "About the phone" - lalu klik 7 kali pada "Model Number."

Selamat, kini Anda telah menjadi seorang developer. Dengan menggunkan menu ini, Anda bisa meningkatkan seluruh performa, kualitas penerimaan sinyal, dan tampilan sistem.


4. Sinar UV


Sinar Ultra Violet bisa sangat berguna, khususnya bila Anda ingin mengecek keaslian uang. Buat sendiri UV dengan bahan sederhana berikut: selotip, spidol dan ponsel pintar.

Tempelkan selotip ke lampu flash, dan tutupi dengan spidol biru. Ulangi langkah pertama, lalu beri tinta spidol ungu, dan kemudian tambahkan dua lapis lagi dengan cara yang sama. Selesai! Simak video berikut untuk tutorial lengkapnya :


3. Menggunakan smarthphone sebagai timbangan air


Setiap smartphone kini dilengkapi dengan akselerometer dan gyro sensor. Keduanya berfungsi sebagai penunjuk posisi perangkat. Unduh aplikasi khusus untuk Android dan iOS, dan ponsel Anda akan bisa digunakan sebagai timbangan air. Ini akan bekerja efektif pada fungsi konstruksi sederhana seperti menyeimbangkan posisi foto. Untuk kerja-kerja profesional, disarankan untuk memakai timbangan air asli.

2. Melihat statistik aplikasi yang paling sering dibuka


Jika Anda adalah seorang pecandu berat smartphone, dan keluarga Anda mulai mengeluh dengan hobi Anda tersebut, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk melihat seberapa candu Anda dengan melihat statistik penggunaan aplikasi di smartphone.

Di iOS, Anda tinggal masuk ke menu "Settings" - "Battery" dan tekan tombol dial ke sebelah kanan dari kolom "last 7 days." Daftar aplikasi yang paling sering digunakan akan muncul. Untuk Android, Anda harus menginstall aplikasi semisal Instant.


1. Mode Monokrom


Jika Anda ingin menghemat baterai dan menyederhanakan pandangan Anda, Anda dapat mengubah pewarnaan smartphone ke mode monokrom selagi membaca. Masuk ke menu developer, dan temukan pilihan "simulate anomaly," lalu geser tombol monochrome mode on. Kini ponsel pintar Anda akan berwarna hitam putih.

Sumber: Brightside