Warga Muslim Jadi Pahlawan Penyelamat Kebakaran London

Tags

Tipsiana.com - Warga Muslim yang tinggal di apertemen Grenfall London dipuji sebagai pahlawan penyelamat pada peristiwa kebakaran gedung kemarin. Mereka membangunkan para tetangga yang masih tertidur lelap ketika kejadian terjadi.

Warga muslim yang sedang santap sahur mencium bau asap pada sabtu dinihari dan segera berlarian menggedor pintu para tetangga agar segera menyelamatkan diri. Mereka menjadi penyelamat setelah belakangan diketahui alarm dan penyemprot api tidak berfungsi.


Khalid Suleman, 20, yang tinggal di lantai delapan gedung Grenfell Tower mengatakan biasanya ia terjaga hingga larut malam untuk menunggu makan sahur. "Tak ada alarm tanda peringatan berbunyi, Aku sedang main Playstation sambil menunggu sahur hingga terciup bau asap" katanya.

"Aku langsung beranjak melihat keluar jendela dan terlihat lanta tujuh gedung berasap. Kubangunkan bibiku, berpakaian dan langsung menggedor pintu para tetangga."

Semua pintu terbuka kecuali dua pintu, tapi yg terakhir akhirnya ikut membuka pintunya. Jadi hanya satu keluarga yang tak bisa dibangunkan."


Menurut Lembaga Masjid London, sahur di kota London pada sabtu keamrin selesai saat fajar pada pukul 2.40 dinihari. Rashida, berkata,"Kebanyakan umat muslim baisanya belum tidur hinggga pukul 02.00 atau 02.30 dinihari untuk shalat malam dan sahur. Jadi seluruh keluarga masih bangun sehingga bila ada sesuatu yang tak beres di lingkungan sekitar pada jam tersebut, mereka pasti mengetahuinya."

Seorang warga yang diwawancarai reporter mengatakan, "Andai saja tak ada para remaja Muslim yang berdatangan dari masjid untuk menolong kami, bakal banyak orang yang akan mati."

"Mereka lah orang pertama yang membagikan air, berlarian dan berteriak membangunkan warga."

Relawan Muslim membantu para korban kebakaran

Andre Barroso, 33 tahun, bercerita pada The Independent, "Warga Muslim berperan besar menyelamatkan orang-orang keluar dari sini . Kulihat orang-orang yang menolong kebanyakan adalah Muslim. Mereka juga menyediakan makanan dan pakaian."

200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan beserta 40 mobil damkar. Sejauh ini ditemukan 6 orang tewas akibat kebakaran gedung 27 lantai tersebut.

Sumber : dailymail.co.uk