10 Trik Membuat Ruangan Sempit Terlihat Jadi Luas

Tags

Tipsiana.com - Beberapa minggu menjelang lebaran biasanya kita mulai berbenah dan bersih-bersih rumah. Akan menyenangkan bila saat merayakan hari raya, rumah juga punya tampilan baru. Tapi bagi mereka yang memiliki ruangan sempit, membuat wajah baru agar bisa terlihat rapi dan luas merupakan masalah tersendiri.

Tanpa merenovasi kembali ruangan sempit, tentu kita tak bisa membuatnya menjadi lebar. Tapi dengan memanfaatkan efek ilusi optis, kita bisa 'mengakali' ruangan sempit menjadi terlihat lebih luas.


Trik yang bisa kita gunakan untuk memperluas ruangan kali ini adalah dengan menggunakan variasi corak dan warna pada dinding, lantai dan langit-langit ruangan. Tak peduli seberapa sempit rasanya ruangan Anda saat ini, dengan menerapkan cara ini, ruangan Anda akan terasa lebih luas.

1. Di ruangan terang, lantai yang berwarna akan 'mendorong' dinding menjadi tampak lebih jauh ke belakang dan membuat ruangan secara visual terlihat lebih tinggi dan lebar.


2. Pilihan warna terang dan penuh tidak hanya berlaku pada lantai, tapi juga bisa diterapkan pada langit-langit. Ia akan menciptakan kesan lingkungan yang luas. Meski begitu, trik ini akan membuat langit-langit terlihat lebih rendah.


3. Memilih warna yang sama antara dinding belakang dengan lantai akan membuat ruangan terlihat lapang.



4. Dengan menggunakan skema warma yang sama untuk dinding belakang  dan langit-langit juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Tapi, secara visual akan mengurangi kedalaman ruangan.


5. Cara lain untung 'mendorong' dinding samping agar terlihat lebih melebar adalah dengan mengurangi kedalaman ruangan. Ini bisa didapat dengan memakai warna terang pada dinding belakang.


6. Sebaliknya, Anda dapat mengurangi lebar dan menambah kedalaman ruangan dengan menggunakan warna jenuh (saturated color = warna yang tidak diencerkan dengan warna putih/ warna murni sama seperti spekturmnya) pada sisi kanan kiri dinding.


7. Jika masalahnya terletak pada langit-langit yang rendah, Anda dapat mengatasinya dengan memilih warna terang pada dinding belakang dan samping. Secara visual ini akan menurunkan kedalaman dan luas ruangan sehingga langit-langit akan terlihat lebih tinggi.





8. Memilih warna terang bukan cara satu-satunya untuk meningkatkan kesan ruang yang luas. Wallpaper dengan gambar berpola juga memberikan efek yang sama. Agar terlihat lebih lapang, gunakan kertas dinding berwarna terang dengan desain gambar pola kecil-kecil.


9. Pada beberapa ruangan, langit-langit mungkin terlihat terlalu tinggi. Garis-garis mendatar akan membuat langit-langit ruangan terlihat lebih rendah sekaligus mengurangi kedalaman ruangan.


Garis-garis vertikal sebaliknya, akan membantu mebuat langit-langit terlihat lebih tinggi.


10.  Jika Anda ingin membuat ruangan tampak lebih luas dan mengurangi kedalamannya, pola garis mendatar pada lantai akan membantu mendapatkan efek yang diinginkan.


Sumber : Brightside