7 Material Buatan Manusia Berkekuatan Super

Tags

Tipsiana.com - Kita sering mendengar tentang perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat; robot, gadget, ponsel pintar, kendaraan canggih, pengobatan mutakhir dan lainnya. Tapi ini hanya bagian kecil dari capaian ilmu pengetahuan yang telah diraih manusia saat ini.

Yang tak kalah penting, bidang teknik kimia ternyata juga telah menemukan beberapa material menakjubkan beberapa tahun belakangan. Sebagai contoh, ilmuwan telah menciptakan bahan super ringan yang terbuat dari asap padat bernama aerogel. Dengan benda semi transparan ini, kita bisa terlindung dari api tanpa merasakan panas sama sekali.


Ada tujuh material menarik dan sangat berguna yang telah ditemukan ilmuwan. Dengan material ini, dalam beberapa tahun kedepan dunia kita akan banyak berubah.

1. Aerogel

Aerogel boleh berbangga karena telah menyandang 15 rekor dunia dari Guinnes Book of Records, prestasi terbesar dibanding material lain yang pernah ada.

Ia dikenal sebagai 'asap beku', sebuah nama panggilan dari bentuknya yang memang mirip asap padat. Aerogel berisi 99,8% ruang hampa, karenanya, bentuknya menjadi semi transparan. Materail ini adalah sebuah insulator sempurna.


Dengan pelindung yang terbuat dari aerogel, Anda dapat terlindung dari semburan api tanpa bahaya. Bahan ini akan menyerap semua panas dari api. Hal yang sama juga terjadi pada udara dingin. Dengan bahan yang cukup, Anda bisa membuat rumah yang nyaman di bulan. Fakta menarik lainnya, Struktur dalam Aerogel sangat kompleks dimana setiap inchinya bila diurai akan selebar lapangan sepakbola.

2. Karbon Nanotube

Bayangkan rantai panjang karbon. Struktur super ini terikat bersama oleh kekuatan terbesar di semua dunia kimia, yaitu ikatan sp2. Karbon Tabung Nano ini dibangun dengan rasio panjang berbanding diameter hingga 132.000.000:1. Materi terpanjang dari semua bahan ciptaan manusia yang pernah ada.


Ini berarti ia menjadi sangat kuat, dan faktanya, mungkin menjadi satu-satunya material buatan manusia yang dapat menjadi bahan pembangunan 'lift angkasa' yang akan membawa manusia dan kargo turun naik dari stasiun ruang angkasa. Karbon nanotube 300 kali lebih kuat dari baja, ini berarti Anda bisa membangun menara dengan tinggi hingga ratusan kilometer tanpa takut ambruk.

3. Metamaterial

Metamaterial adalah material buatan yang direkayasa sehingga memiliki sifat yang mungkin tidak ditemukan di alam. Bahannya dibangun dari berbagai elemen yang merupakan material mikroskopis, seperti metal atau plastik, dan disusun dengan pola tertentu. Metamaterial tidak mendapatkan keistimewaannya dari komposisi penyusunnya, tapi dari struktur disain yang tersusun sempurna.


Bentuk yang benar-benar presisi, geometri, ukuran, orientasi dan penyusunan mempengaruhi gelombang cahaya atau suara, yang menciptakan fungsi yang tak bisa diperoleh dengan menggunakan material biasa.


David Stubbe dalam artikelnya pada Berkeley Science Review menganalogikan material biasa sebagai bongkahan semen seukuran Manhattan, yang terbuat dari substansi-substansi yang kurang lebih sama. Lalu ia membandingkan dengan Manhattan yang sebenarnya sebagai metamaterial, di mana bongkahan semen tersebut disusun kembali menjadi bangunan dengan struktur tata kota tertentu. Walaupun sama-sama terdiri dari semen, sebuah kota dengan gedung pencakar langit memiliki substruktur yang lebih kompleks dari bongkahan semen. Sebagai hasilnya, karakteristik keduanya juga berbeda.

Dengan mengganti semen dengan tembaga dan bangunan dengan kumparan dan kawat, kemudian menyusutkannya menjadi sekitar sepermilyar, itulah dasar dari metamaterial.


Kemampuan paling super dari metamaterial adalah mampu membelokkan cahaya. Dengan bahan ini, ilmuwan telah mampu membuat jubah ala Harry Potter yang bisa membuat pemakainya menghilang.


4. Berlian Nano (Nano-Diamond)

Nanodiamond secara menyakinkan didemonstrasikan produksinya pada tahun 2003 dari bahan granit yang dikompresi. Cara ini hampir sama dengan proses terciptanya berlian mentah, namun jauh lebih kompleks karena dengan teknologi mampu memperpendek pembentukan berlian-nano (Berlian asli butuh waktu ribuan tahun).


Bahan ini menjadi bahan terkeras yang pernah ada, sekaligus terkuat, ringan dan terbuat dari unsur yang paling mudah ditemukan; karbon.

Ia merupakan penghantar panas ajaib dan memiliki titik leleh tertinggi dibanding material lain yang ada di bumi. Jika diaplikasikan, mesin yang dibuat dengan bahan ini akan menjadi sangat ringan, kuat dan lebih bertenaga dari benda manapun yang ada saat ini.

5. Logam Amorf

Dengan cara mendinginkan dengan cepat logam cair sebelum partikelnya kembali ke bentuk padat, ilmuwan berhasil menciptakan logam amorf - logam yang struktur atomnya tak lagi beraturan.


Dengan struktur yang dalam kondisi anomali ini, logam akan menjadi dua kali lebih kuat dari baja, dunia militer tertarik untuk membuat pelindung dari logam ini. Selain kuat, logam amorf juga memiliki daya hantar listrik yang tinggi hingga mampu meningkatkan efisiensinya hingga 40%. Ini akan menghemat energi sangat besar.




6. Alumina transparan

Material ini tiga kali lebih kuat dari baja dan dalam kondisi tembus pandang. Material ini memiliki begitu banyak kegunaan luar biasa. Bayangkan nanti akan ada bangunan gedung pencakar langit yang terbuat dari bahan baja transparan yang kuat. Ini akan mengurangi polusi visual di perkotaan. Akan banyak bangunan yang tidak terlihat (tentu saja dengan sedikit bayangan kabur yang menandakan adanya bangunan).



7. E-Tekstil

Dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, Anda dan siapa saja akan sangat kenal dengan e-tekstil. Bahkan, mungkin sebentar lagi Anda akan mengenakannya. Untuk apa susah-suah menenteng ponsel kalau bisa digabung dengan baju kita.


Pakaian di masa depan akan dilengkapi dengan teknologi e-tekstil (kini teknologi tersebut telah ada), yang bisa memantau kesehatan, memutar video, dan membuat panggilan telpon serta memberikan informasi lewat internet bila dibutuhkan. Dan kerennya, pakaian Anda akan bisa bercahaya dalam gelap.


loading...