13 April 2017

Tips Jitu Kenali Berita Hoax di Facebook

Tags

Tipsiana.com - Demi mencari sensasi dan jumlah kunjungan yang melejit ke situsnya, pihak yang tak bertanggung jawab banyak memanfaatkan media sosial untuk menyebar berita bohong. Judul sensasional beserta gambar yang membuat orang penasaran, menjadi salah satu trik agar pembaca terperdaya. Pada akhirnya, pembaca akan dibuat kecewa karena disuguhi berita bombastis tanfa fakta.

Pemerintah kini giat mengampanyekan gerakan anti hoax di dunia maya. Meski ditengarai gerakan ini sedikit berbau politis, tapi semangat memerangi berita bohong patut di apresiasi. Keseriusan pemerintah terlihat dengan melakukan kerjasama dengan penyedia media sosial untuk menahan laju hoax.


Baru-baru ini Facebook menerbitkan tips untuk mengenali berita palsu yang sangat masif menyebar di laman facebook. Tips ini akan menghindarkan kita menjadi korban berita palsu, yang kadang tanpa sadar, kita juga turut menyebarkannya. Berikut tipsnya.


1. Spektis pada judul berita

Berita palsu sering diberi judul yang sangat menarik dengan huruf besar dan tanda seru. Jika judul berita tersebut seperti sulit dipercaya, sangat mungkin memang beritanya tak bisa dipercaya.


2. Perhatikan alamat URLnya

Sebuah alamat URL palsu atau mirip dengan kantor berita besar mungkin menjadi tanda peringatan kalau berita yang akan Anda baca adalah berita hoax. Banyak situs berita palsu meniru sumber berita otentik dengan membuat perubahan kecil pada alamat URL. Anda dapat membandingkan URL tersebut dengan URL situs berita valid.


3. Selidiki sumbernya

Pastikan berita ditulis dari sumber yang Anda percaya yang memiliki reputasi akurasi yang baik. Jika berita datang dari organisasi tak dikenal, cek halaman "tentang kami" untuk mengetahui kredibilitas sumber lebih jauh.

4. Perhatikan format yang tak biasa

Banyak situs berita palsu memiliki banyak kesalahan pengejaan atau desain layout yang aneh. Hati-hati jika Anda menemui tanda-tanda ini.


5. Perhatikan fotonya

Berita palsu biasanya berisi foto atau video yang telah dimanipulasi. Kadang fotonya asli tapi keluar dari konteks (gak nyambung dengan isi berita). Anda dapat mencari foto atau gambar untuk memverifikasi asalnya.

6. Lihat tanggal terbitnya

Berita hoax biasanya berisi penanggalan yang tak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang telah diubah.


7. Periksa saksinya

Periksalah sumber penulis untuk memastikan keakuratan berita. Kurangnya bukti atau menyertakan sumber atau ahli yang tak disebut namanya mungkin menunjukkan berita yang Anda baca adalah hoax.

8. Bandingkan dengan berita lain

Jika tak ada sumber berita yang melaporkan cerita yang sama, bisa jadi berita tersebut adalah berita bohong. Jika berita dilaporkan oleh banyak sumber terpercaya, kemungkinan adalah berita benar.

9. Apakah berita tersebut hanya lelucon?

Kadang berita palsu akan sulit dibedakan dengan humor atau tulisan satir. Periksa apakah sumber berita tersebut hanya dimaksudkan hanya sebagai lelucon.

10. Banyak berita palsu memang dibuat dengan sengaja

Berpikirlah dengan kritis saat Anda membaca sebuah berita, dan sebarkanlah berita tersebut jika Anda yakin berita tersebut memang dapat dipercaya.

Sumber : facebook