Lima Kebiasaan Berbahaya Setelah Makan

Tags

Tipsiana.com - Kebiasaan apa yang Anda lakukan selepas makan? banyak yang langsung menyulut api rokoknya sambil sejenak mengobrol dengan teman atau ada pula yang memilih untuk segera pergi tidur. Kenyataannya, ternyata banyak kebiasaan yang dilakukan orang setelah makan ternyata tidak sehat untuk tubuhnya.

Setiap makanan yang kita asup akan diubah menjadi molekul sederhana yang nantinya akan bisa diserap tubuh untuk dijadikan sumber energi. Proses mencerna makanan ini sangat kompleks dan membutuhkan banyak energi dan waktu. Meski tak nampak berbahaya, beberapa kebiasaan ternyata berpotensi mengganggu proses yang sedang berlangsung di dalam sistem pencernaan. Dampaknya malah akan merugikan tubuh.


Untuk lebih jelasnya, kita akan mengulas lima kebiasaan buruk yang dilakukan orang setelah makan berikut ini.

Mandi

Saat kita mandi, temperatur tubuh akan meningkat tajam. Untuk mengatasi kondisi ini, tubuh mengirim lebih banyak darah ke daerah kulit dari biasanya. Akibatnya, proses pencernaan akan terganggu dan metabolisme akan melambat. Saat terbaik untuk mandi adalah 30 menit setelah makan.

Minum Teh

Bagi kebanyakan orang, menyeruput secangkir teh hangat selesai makan adalah sebuah ritual wajib. Tapi penelitian membuktikan kebiasaan ini malah bisa mengganggu asimilasi besi, yang merupakan mineral yang berperan penting bagi tubuh. Karenanya, anak-anak, ibu hamil, dan orang yang menderita kekurangan zat besi harus menghindari minum teh paling tidak satu jam setelah selesai makan.

Selepas makan, orang dewasa malah lebih baik minum secangkir kopi. Tapi sebaliknya, kopi tak boleh diminum saat perut kosong. Yang paling baik adalah minum segelas air putih.

Tidur

Mitos tentang makan sebelum tidur bisa menyebabkan kegemukan telah lama terbantahkan. Namun demikian, tetap kita tetap tak boleh mengabaikan sisi negatif lainnya. TIdur dengan perut penuh dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti mulas, sendawa, dan asam lambung tinggi. Selain itu, telah terbukti bahwa terus- menerus tidur setelah makan siang atau makan malam bisa meningkatkan resiko terserang stroke.

Para ahli menyarankan Anda boleh pergi tidur dua jam setelah selesai makan.


Olahraga berat

Meski Anda punya tubuh yang kuat dan sangat ingin berolahraga berat setelah makan, para ahli sangat tidak menyarankannya. Beban pada perut dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan dan rasa mual. Bahkan ada konsekuensi serius bila Anda tetap nekat melakukannya; Anda beresiko mengalami trauma dan kejang-kejang.

Jika Anda tetap tak sabar ingin latihan selepas makan, lebih baik membatasi diri dengan melakukan olahraga ringan dan mulai olahraga berat paling tidak dua jam setelahnya.

Merokok

Hampir semua sistem dalam tubuh bekerja selama proses pencernaan aktif. Pada titik ini, nikotin akan terserap dua kali lebih cepat, dimana efek merusaknya akan meningkat tajam. terlebih lagi, telah terbukti bahwa tembakau mampu memblokir penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium dan vitamin C serta D, yang membuat makan tersehatpun akan menjadi berefek negatif.

Tentu saja, lebih baik untuk berhenti merokok total. Tapi bila Anda masih menjadi pecandu rokok dan tak mampu menolak godaannya setelah selesai makan, paling tidak beri tubuh Anda waktu 20 menit tanpa asap rokok.

Sumber : brightside.me