29 Maret 2017

Hanya Ingin Uang, Pengemis Buang Makanan Pemberian ke Tong Sampah

Tags

Tipsiana.com - Mengemis seharusnya adalah jalan terakhir untuk bertahan hidup. Menggadaikan harga diri dan rasa malu harus dijalani agar bisa mendapatkan sesuap nasi. Namun sayangnya, mengemis kini telah menjadi profesi yang banyak dilakukan orang untuk memperkaya diri. Jangan heran kalau kita sering melihat para pengemis yang terjaring razia ternyata memiliki uang berjuta-juta rupiah di kantongnya.

Sebuah gambaran miris tentang betapa arogannya pengemis terjadi di China. Seorang wanita tua meminta-minta kepada orang yang lewat di sebuah jembatan di Xi'an, China. Seorang wanita dermawan terlihat mendekati pengemis tersebut dan memberi sekantong besar makanan. Ia berharap makanan tersebut dapat menolong wanita tua yang mungkin kelaparan ini.


Seorang pejalan kaki yang sedang lewat tersentuh dengan kejadian tersebut dan langsung mengambil beberapa foto, berharap dapat menyebarkan kebaikan ini ke media sosial. Tapi yang ia temukan malah membuatnya geram.


Apa yang dilakukan pengemis tua pada makanan pemberian tersebut membuatnya terkejut. Begitu sang dermawan pergi, si pengemis langsung membuang semua makanan ke tong sampah tanpa menyentuhnya sama sekali. Rupanya, pengemis ini tak butuh makanan. Yang ia butuhkan hanyalah uang.


Foto-foto yang diunggah ke media sosial China membuat marah netizen. Mereka mengecam pengemis yang telah menyia-nyiakan makanan dan kebaikan orang lain. Tingkah para pengemis gadungan inilah yang membuat banyak orang jadi skeptis untuk menolong orang.


Betapa bersalahnya mereka, andaikata ada orang yang benar-benar membutuhkan bantuan akhirnya sama sekali tak ditolong karena orang-orang menganggap semua pengemis hanyalah penipu dan memanfaatkan kebaikan orang untuk mencari uang.