10 Desain Fasilitas Umum 'Paling Kejam'

Tags

Tipsiana.com - Tiap warga kota mendambakan lingkungan sekitar yang nyaman dan bersih. Pemerintahan kota pun berusaha untuk bisa menciptakan kota dambaan warganya. Tak ada sampah berserakan di jalanan dan fasilitas umum yang terjaga adalah ciri dari kota yang tertata rapi.

Berbagai inovasi dibuat untuk menyulap wajah kota menjadi tempat yang bersih, rapi dan efisien. Namun hanya karena mengejar predikat rapi dan bersih, kadang faktor kenyamanan harus dikorbankan. Para arsitek mulai membuat desain fasiltas umum yang tak bisa disalahgunakan pengguna namun malah terkesan 'kejam'.


Berikut Anda akan menyimak sepuluh desain fasiltas umum 'terkejam' dari berbagai kota di dunia. Banyak penduduk yang suka dengan idenya namun banyak juga  yang tak setuju dengan desain tersebut karena menghilangkan kenyamanan penggunanya.



Penutup khusus di tiang lampu tepi jalan ini dipasang untuk mencegah tiang ditempeli stiker dan iklan.



Temuan ini kadang disebut sebagai "sudut anti pipis". Terbuat dari metal berbentuk segitiga. Ditempel dengan sudut miring sehingga bila ada orang yang mencoba buang air kecil di sudut bangunan tersebut maka air seninya akan terciprat ke kaki dan sepatunya sendiri.



Mulut tong sampah ini dibuat kecil dan hanya muat untuk membuang puntung rokok dan sampah kecil. Ini untuk mencegah tong cepat penuh akibat dari orang yang membuang sampah rumah tangganya disini.



Dekorasi piramid beton yang diletakkan di lantai depan gedung kantor di Kanada ini dibuat untuk mencegah para pelintas nongkrong atau berdiri merokok di depan kantornya. Kantor yang sombong.



Gundukan batu tak rata ditambahkan di lantai bawah jembatan di Calgary, Kanada. Ini dibuat untuk mencegah orang nongkrong berlama-lama disana yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan mereka.




Elemen dekoratif berupa tonjolan besi dipasang disepanjang pagar beton ini. Tujuannya untuk mencegah para pemain skateboard melakukan aksi.



Desain aristektur bangunan Kampus di Cambridge, Inggris ini  juga dibuat anti-skateboard.




Bangku di London permukannya dibuat berbentuk tak rata, membuatnya tak bisa dijadikan tempat tidur. Bangku ini banyak diprotes orang karena menghilangkan hak para tuna wisma untuk bisa beristirahat.




Tak boleh nongkrong disini! pagar kejam ini tak bisa diduduki lama-lama karena tonjolan batu kasar akan membuat bokong tak nyaman.



Bangku separuh ini terletak di Kota Rotterdam, Belanda. Para pejalan kaki dan calon penumpang bus hanya bisa menunggu sambil bersandar. Ini disebut oleh para pengkritik sebagai "Bangku anti gelandangan".

Ada satu lagi ide menggelitik dari perusahaan Nike yang dibuat pada bangku taman. Bangku tersebut juga sengaja tidak dibuat tempat duduk. di sandarannya tertulis kata "Run" yang dimaksud agar orang disarankan untuk berolahraga lari, jangan hanya duduk-duduk saja.


loading...