Tiga dari Sembilan Makanan Termahal di Dunia Ternyata Berasal dari Indonesia

Tags

Tipsiana.com - Kita mengartikan sebuah makanan mahal dalam bentuk beragam. Ada yang menyebut ikan salmon merah adalah makanan termahal, ada juga yang menyebut jamur truffle hitam dari Perancis yang paling mahal. Sebenarnya, di dunia ada begitu banyak produk makanan yang harganya mungkin tak pernah terbayangkan.

Kelezatan dan kelangkaan makanan tersebut menjadi salah satu faktor tingginya harga yang dibanderol. Tapi demi sebuah citarasa, banyak orang rela memburu sepiring makanan lezat ke seantero penjuru dunia dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Hebatnya, tiga dari sembilan makanan yang disebut paling mahal di dunia ternyata berasal dari Indonesia. Penasaran? mari kita simak ulasannya.

1. Jamur Matsutake


Jamur ini tergolong sangat langka dan harganya kini mencapai sekitar 8 juta rupiah sekilo. Jamur Matsutake adalah tumbuhan asli Jepang, namun ia juga tumbuh dibeberapa negara di Asia. Namun, jumlah tanaman ini jauh berkurang karena efek serangan serangga dan pertumbuhan pohon yang mendesak hingga daerah teduh dimana jamur ini tumbuh. Karena belum ada yang berhasil mengembangbiakkan jamur Matsutake, dikuatirkan jamur ini akan punah di masa depan.

2. Kopi Luwak


Kopi ini adalah produk asli dari Indonesia, dan mulai juga diproduksi di Filipina dan sebelah selatan India. Kopi Luwak adalah kopi paling mahal di dunia. Harganya beragam antara 3,3 juta hingga 16 juta rupiah per kilogram. Kopi ini terkenal karena citarasa yang tak ada duanya. Anda tahu, kopi ini sebenarnya berasal dari biji kopi yang dikeluarkan bersama kotoran musang liar.

3. White Pearl Albino Caviar


Satu kilo telur ikan ini berharga sekitar 121 juta rupiah! Sturgeon albino adalah jenis ikan besar yang hidup di Laut Kaspia. Harga kaviar yang begitu tinggi dikarenakan fakta bahwa telur sturgeon albino sangat-sangat langka, mereka hanya bertelur ketika usianya mencapai 100 tahun.




4. Jamur Truffle putih


Mahalnya harga jamur ini dikarenakan dibutuhkan kondisi tumbuh yang spesifik. Belum lagi jamur ini harus dipanen dan dimasak dengan metode khusus untuk menjaga aroma dan rasanya. 28 juta rupiah harus dibayar untuk sekilo jamur ini.

5. Saffron


Harga bumbu ini berkisar antara 5,3 juta hingga 13,3 juta per kilogram. Kenapa begitu mahal? Saffron ternyata hanya panen selama 7 hari setahun disaat musim gugur. Ia dipanen dan di proses secara manual. Parahnya lagi, untuk menghasilkan 1 kg saffron dibutuhkan hingga 300.000 bunga.

6. Sup Sarang Walet


Hampir seluruh sarang burung ini berbahan air liur walet, tanpa ada tambahan bahan lain. Konsekuensinya, sarang mereka jadi hidangan lezat dalam masakan Cina. Di luar negeri, biaya yang harus dikeluarkan untuk kelezatan ini sekitar 40 juta rupiah per kilogram.

Ini alasan mahalnya harga sepiring sup sarang burut walet: Mengambil sarang burung walet sering harus mempertaruhkan nyawa. Burung ini membuat sarangnya diatas tebing terjal, dimana resiko terjatuh sangat tinggi. Salah satu pemasok utama sarang burung walet di dunia adalah dari Indonesia.


7. Steak Wagyu Jepang


Steak Wagyu, yang terbuat dari daging sapi Jepang, adalah salah satu makan terlezat dan termahal di dunia. Dagingnya memiliki aroma yang menakjubkan, dengan tekstrur selembut mentega. Di Jepang, daging ini berasal dari anak sapi ras Wagyu yang diberi minum bir, dipijat dan diperdengarkan musik klasik. Harga 1 kg daging Wagyu sekitar 6 juta rupiah.

8. Keju Moose


Keju Moose adalah keju termahal di dunia dan hanya diproduksi di satu tempat: di peternakan Moose di Swedia. Susu rusa besar Moose menjadi bahan dasar keju ini. Keju Moose berwarna putih, dengan tampilan mirip keju feta. Harganya sekitar 14,3 juta per kilogram dan hanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas.

9. Ayam Cemani


Ayam Cemani adalah jenis ayam asli Indonesia. Ayam cemani mulai diternakkan, namun karena isu flu burung, ekpor ayam ini masih belum bisa dilakukan. Jenis ayam ini sangat langka dan berharga selangit. Satu ekor ayam hitam legam ini dihargai sekitar 2,5 juta rupiah. Di luar negeri harganya bisa melambung hingga puluhan juta rupiah. Konon, seluruh badan ayam ini berwarna hitam, termasuk bulu, paruh, kulit, daging dan tulangnya.

Sumber: brightside.me