7 Februari 2017

Sembilan Tanda Tubuh Anda Punya Masalah Kesehatan Serius

Tags

Tipsiana.com - Tubuh manusia adalah salah satu mesin biologis paling rumit yang pernah ada. Sebagaimana mesin, mereka memberikan informasi dan peringatan dini bila ada mekanisme tubuhnya yang mengalami gangguan. Dalam hal ini, informasi tersebut berkaitan dengan sistem kerja tubuh dan organ-organ dalam.

Namun, kita seringkali mengabaikan tanda-tanda yang disampaikan tubuh lewat gejala yang timbul. Peringatan dini tersebut terabaikan dan pada akhirnya kita selalu terlambat mengantisipasinya. Padahal, bila kita bisa mengenali peringatan dini yang disampaikan tubuh, kita akan segera bisa mengobati penyakit tersebut pada fase awal.


Kali ini kita akan mengenali sembilan gejala yang ada di tubuh sebagai tanda kalau kita sedang mengalami masalah kesehatan serius.

Lingkaran hitam dibawah mata


Lingkaran hitam dibawah mata bisa muncul jika Anda kurang tidur. Dokter merekomendasikan setidaknya kita tidur tak kurang dari 7-8 jam setiap malam. Meskipun begitu, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa merupakan sebuah indikasi dari penyakit lain semisal anemia. Dimana tubuh tak cukup menghasilkan sel darah merah yang membuat kulit dibawah mata menjadi gelap.


Perubahan warna pada jari tangan


Jika Anda mendapati jari tangan Anda sering mengalami perubahan warna, Anda harus curiga mungkin ada sesuatu yang serius terjadi pada tubuh Anda. Perubahan warna jari tangan menandakan Anda terkena Sindrom Reynaud, sebuah kondisi dimana suhu rendah menyebabkan kejang urat pembuluh darah, yang membuat warna jari berubah.

Pandangan kabur

Jika mata Anda mudah lelah dan Anda pandangan mulai kabur hingga kadang tak bisa mengenali orang atau marka jalan pada jarak normal, kemungkinan Anda mulai mengalami astigmatisme atau myopia (kerabunan). Segera kunjungi dokter mata.


Gumpalan terang di penglihatan


Bentuknya bisa bermacam-macam, kadang seperti titik terang atau garis seperti benang. Tanda ini bisa muncul dan baru disadari saat melihat ke cahaya terang semisal memandang kelangit biru. Jika Anda memiliki tanda ini dan tak hilang setelah lebih dari seminggu, konsultasikan ke dokter mata. Kemungkinan ini adalah indikasi awal dari penyakit katarak atau masalah serius lain pada penglihatan Anda.


Ada suara 'musik' dari perut

Suara keroncongan di perut disebabkan oleh proses yang terjadi pada organ pencernaan. Jika suara musik 'keroncong'an ini terjadi sesekali, itu normal. Tapi bila suara tersebut terlalu sering muncul disertai rasa nyeri, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

Kulit mengelupas


Pengelupasan kulit adalah indikasi kalau tubuh Anda kekurangan vitamin. Asupan gizi makanan yang seimbang dapat dengan cepat mengembalikan kulit ke kondisi normal. Tapi bilang pengelupasan kulit terjadi disertai rasa gatal, ANda harus segera ke dokter. Kemungkinannya adalah Anda telah terkena infeksi jamur.

Sebagian penciuman hilang

Pengurangan ketajaman indera penciuman akan terjadi ketika Anda semakin menua sebagai konsekuensi dari mulai rusaknya sebagian sistem saraf. Tetapi bila kondisi ini terjadi pada usia relatif muda, Anda harus segera mengunjungi dokter. Bisa jadi Anda sedang terkena infeksi akut.




Mata berkedut

Kedutan berkepanjangan mengindikasikan mata Anda terlalu lelah. Untuk mengatasinya, basuh kelopak mata dengan kapas yang dibasahi air dingin. Jika kedutan terus berlanjut, Anda harus mengunjungi ahli patologi saraf. Kedutan terus-menerus bisa menjadi tanda Anda mengalami masalah serius pada sistem saraf.

Telinga berdenging


Tinnitus adalah kondisi dimana telinga Anda seperti mendengar suara denging yang bising, padahal tidak ada suara apapun di sekitara Anda. Penyebab paling umum timbulnya denging disebabkan oleh telinga menerima suara keras yang konstan dalam waktu yang lama di lingkungan kerjanya. Banyak orang tak peduli ketika mengalami sensasi ini. Padahal, bisa jadi ini adalah tanda Anda sedang mengalami sesuatu yang serius. Dengingan terus-menerus pada pendengaran sangat mungkin disebabkan oleh penyakit.