Sembilan Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Tags

Tipsiana.com - Pada akhir tahun 1980-an, Badan Antariksa NASA dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) melakukan penelitian tentang bagaimana cara memurnikan udara di pesawat luar angkasa. Mereka menemukan ternyata tanaman hias tertentu mampu membersihkan udara lebih baik daripada banyak gadget berteknologi tinggi.

Beberapa tanaman hias tersebut sangat familiar dengan kita dan mungkin telah ada yang kita miliki di rumah. Artikel ini akan mengulas sederet tanaman hias yang mampu menyerap dan menghilangkan substansi berbahaya dan tak diinginkan yang melayang bersama udara di rumah Anda.

Dengan menanam tanaman ini di berbagai ruangan, Anda akan selalu bisa menikmati udara segar dan sehat.

1. Untuk diletakkan di dapur


Saliyah atau Azaela adalah tanaman yang awalnya hidup di iklim sedang yang tumbuh di hutan dan wilayah berawa. Kini keindahan bunganya menjadikan saliyah tanaman hias yang populer. Letakkan ianaman ini di dapur Anda untuk membantu menyaring senyawa formalin dan benzena yang berasal dari detergen dan perabot furnitur Anda.

2. Untuk ruang bermain anak


Gerbera (Gerbera jamesonii) mempunyai kemampuan menghilangkan benzena yang berasal dari produk plastik, serat sintetis, karet, tinta, dan bahan industri lainnya yang ada di rumah Anda.

3. Untuk ruang keluarga


Beringin (Ficus benjamina) bisa dijadikan tanaman hias yang eksotis. Selain itu, ia mampu menetralisir formalin, toluena, xylena dan amoniak. Ia sangat cocok diletakkan dekat dengan printer, scanner dan peralatan kantor lainnya. Tanaman beringin juga sangat baik untuk menjaga kelemaban udara di ruangan.

4. Untuk ruang tidur


Manusia telah mengenal lidah buaya (Aloe Vera) lebih dari 6000 tahun. Orang Mesir kuno memujanya karena memiliki kemampuan menyembuhkan dan menyebutnya sebagau 'tanaman keabadian'. Hingga hari ini lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati penyakit kulit, luka iris dan luka bakar. Selain kemampuan medisnya, tanaman ini ternyata juga mampu menyerap formalin dan benzena dari rumah Anda, Malah, ia menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari saat kita tidur, ini bertolak belakang dengan jenis tanaman lainnya.


5. Untuk belajar


Kaktus apel Peru (Ceres peruvianus) dibanding tanaman lainnya, punya kemampuan paling baik dalam menyerap emisi elektromagnetik yang berasal dari komputer Anda.

6. Di ruangan kurang pencahayaan


Lili Paris (Clorophytum comosum), sangat mudah dirawat. Ia mampu tumbuh di tanah yang kering atau di ruang remang-remang dan dingin. Tanaman ini mampu menyerap emisi dari kulit manusia, lukisan, kertas dinding dan produk cetak lainnya. Disamping kemampuan membersihkan udara, tanaman ini juga tidak beracun.

7. Untuk Aula


Coleus (Solestemon) adalah tanaman hias yang hidup dengan baik didalam ruangan. Ia tak butuh banyak pupuk untuk bisa tumbuh. Tanaman yang berasal dari daerah tropis ini dikenal mampu menyaring berbagai polutan di udara terutama polutan yang berasal dari asap rokok.





8. Untuk koridor


Peace Lily (Spathiphyllum) adalah tanaman hias indah yang toleran terhadap naungan. Ia dinobatkan NASA sebagai tanaman yang punya kemampuan paling baik untuk menghilangkan tiga senyawa mudah menguap berbahaya yang paling umum ditemui; formalin, benzena, dan trikloroetilena. Ia juga mampu menyerap senyawa toluena dan xylena.

9. Untuk rumah tua


Geranium (Pelargonium) mampu mendekontaminasi dan menghilangkan bau, membunuh bakteri, dan mengusir ngengat. Minyak esensial yang terkandung dalam bunganya tak hanya memberikan aroma yang segar, tapi juga mampu membuat tidur nyenyak dan menenangkan sistem saraf.

Sumber : mnn.com