Muncul Bintik Merah di Kulit, Berbahayakah?

Tags

Tipsiana.com - Tanpa pertanda apapun, tiba-tiba muncul bintik merah di kulit Anda. Bila diamati lebih dekat, bintik ini benar-benar berwarna merah darah. Dan bila terluka, darah akan keluar dari bintik tersebut. Tentu ini akan membuat Anda bingung dan kuatir.

Ada yang menghubungkan munculnya bintik merah di kulit dengan sesuatu yang berbau mistis. Padahal, kemunculannya adalah murni kondisi medis. Bintik seperti tahi lalat tapi berwarna merah darah ini dalam ilmu medis disebut cherry angioma atau dikenal juga sebagai Campbell De Morgan spots. Bintik merah terbentuk akibat adanya pembuluh darah yang rusak tepat dibawah kulit.


Cherry angioma adalah tipe Angioma yang merupakan penyakit tumor jinak yang menyerang pembuluh darah dan biasanya ditemukan di bawah kulit. Penyakit ini cukup banyak di derita di masyarakat. Pertanyaannya, apakah bintik merah ini berbahaya?

Angioma paling sering ditemui pada bayi yang baru lahir berupa toh atau tanda lahir berwarna merah di bagian tubuh bayi. Seiiring waktu, biasanya bercak merah pada bayi ini akan menghilang.

Apa penyebabnya?

Ada dua faktor penyebab mengapa tumbuh bintik merah angioma pada orang dewasa:

1. Karena usia

Kebanyakan orang dewasa memiliki angioma pada usia 30 tahun atau lebih. Biasanya, angioma berbentuk seperti tahi lalat kecil berwarna merah yang sering muncul di bagian badan, lengan dan bahu.

2. Adanya masalah kesehatan atau gaya hidup yang salah

Jika angioma bertambah banyak di satu titik, ada kemungkinan penderitanya mengalami masalah gangguan hati, penyakit pembuluh darah, gangguan atau kegagalan hormon.


Berbahayakah?

Jika Anda menemukan bintik merah tampak berubah ukuran, bentuk, atau mulai mengeluarkan darah, Anda sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Angioma biasanya tidak berbahaya. Namun, untuk amannya, lebih baik memeriksakannya ke dokter bila gejala diatas muncul.

Baik juga untuk mencegah munculnya angioma dimasa datang. Cara terbaik mencegahnya adalah dengan pola hidup sehat dan diet seimbang. Minum jus dan banyak akir putih, makan sayuran segar, dan jangan lupa megkonsumsi lemak sehat semisal alpukat dan minyak zaitun. Aturan sederhana ini akan menolong Anda untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

loading...