Mengapa Karakter Disney Selalu Pakai Sarung Tangan?

Tags

Tipsiana.com - Siapa yang tak kenal kartun Disney. Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy, Pluto dan belasan karakter lainnya telah menemani masa kanak-kanak kita sejak dulu. Sampai kini, tokoh-tokoh karakter Disney tetap mendapatkan tempat di hati anak-anak.

Ada detil kecil dari karakter Disney yang mungkin belum banyak yang tahu jawabannya. Mengapa hampir seluruh tokoh kartunnya memakai sarung tangan putih? ternyata ada sejarah menarik dibaliknya.


Mickey Mouse adalah karakter pertama yang menggunakan sarung tangan. Padahal, pada film kartun Mickey yang pertama berjudul Plane Crazy (1928), ternyata Mickey tidak mengenakan sarung tangan. Ia baru mengenakan aksesoris terkenal ini pada tahun 1929 di filmnya yang berjudul The Opry House.


Sebenarnya, ada tiga alasan mengapa Walt Disney mulai memberi sarung tangan pada tokoh karakternya.

1. Menghemat waktu

Menggambar telapak tangan karakter pada setiap frame ternyata menghabiskan energi dan waktu. Karenaya, untuk mempercepat proses pembuatan film, para animator mulai menggambar karakternya tanpa terlalu banyak detil. Karakterpun mulai dibuat memiliki kepala dan mata yang besar, lengan yang kurus dan panjang, serta jari tangan dihemat menjadi cuma empat jari.


2. Kontras

Karena pada jaman dulu film awalnya masih hitam putih dan kabur, akan sangat sulit untuk melihat tangan karakter bila sedang berada di badan. Sarung tangan putih membantu memisahkan tangan dengan tubuh ketika mereka bergerak.

3. Agar karakternya mirip manusia

Dalam biografinya, Walt Disney mengakui kalau ia ingin tak ingin Mickey Mouse punya tangan tikus, ia ingin tangannya mirip manusia. Dengan memakai sarung tangan, maka tangan Mickey pun jadi lebih manusiawi.


Trik ini ternyata sangat berhasil, bahkan para pesaing Disney ikut mengadopsinya. Woody Wooodpecker dan Bugs Bunny, karakter dari Universal Pictures dan Warner Brother, ikut-ikutan memakai sarung tangan.