Video Mobil Autopilot Mampu Meramal Kecelakaan Jadi Viral

Tags

Tipsiana.com - Di berbagai belahan dunia, mobil yang bisa berkendara secara otomatis tanpa sopir (autopilot) mulai di ujicoba ke jalan raya. Elon Musk, sang pendiri perusahaan mobil autopilot, Tesla, mengklaim mobil ini jauh lebih aman dibanding mobil biasa. Dengan sistem autopilot, kecelakaan akibat kesalahan manusia (human error) bisa diminimalisir.

Lihatlah rekaman kamera dari dasbor mobil Tesla di sebuah jalan tol Belanda ini. Dengan menakjubkan mobil autopilot ini bisa 'meramalkan' apa yang akan terjadi di depannya sepersekian detik sebelum kecelakaan terjadi.


Dengan kemampuannya, mobil ini melakukan mekanisme pemantauan pola berkendara yang aman. Begitu situasi di depannya dianggap berbahaya, mobil ini akan otomatis menyalakan alarm tanda bahaya dan melakukan pengereman darurat sesaat sebelum kecelakaan terjadi. Sistem ini membuat penumpang terhindar dari tabrakan beruntun.


Tesla menargetkan akan melepas mobil canggihnya ke pasaran awal tahun ini. Seiring dengan peningkatan teknologi untuk menghindari kecelakaan, mobil autopilot ini juga diprogram untuk memiliki kemampuan memarkir dan berpindah jalur secara otomatis.

"Perusahaan ini menargetkan untuk membuat mobil yang sepenuhnya otonom yang memiliki tingkat keamanan duakali lipat dari manusia, bahkan mungkin lebih," ujar Elon Musk, sang pendiri dan pemilik Tesla.


Btw, meski mengalami tabrakan kecepatan tinggi, Hans Noordsij, orang yang mengunggah video ini mengaskan tak ada yang mengalami luka serius dalam kecelakaan tersebut.

loading...