Seram, 'Makhluk Bersayap' Tertangkap Kamera di Arizona

Tags

Tipsiana.com - Seorang pengguna Facebook mengunggah sebuah foto yang ia klaim memperlihatkan sosok makhluk raksasa bersayap di sebuah jalan sepi di Arizona. Sejak dipublikasikan, gambar yang diambil oleh Richard Christianson ini telah dilihat hampir 100.000 kali.

Suasana yang terekam dalam foto tersebut tampak diselimuti kabut dengan siraman sinar lampu jalan yang membuat lingkungan sekitar bernuansa kuning. Diujung jalan terlihat siluet sesosok makhluk hitam besar bersayap sedang berdiri mematung.


Sambil meminta penilaian netizen yang melihat foto ini, sang fotografer menulis, "Apa yang sebenarnya kalian lihat di  foto ini?" Seorang pengguna yang mengaku punya pengetahuan tentang dunia lain memberi jawaban, "Sepertinya itu adalah Iblis, dimana foto ini diambil?" Sementara ada juga netizen lain yang memberikan jawaban lebih rasional.

Meskipun banyak netizen yang mengusung teori konspirasi menganggap foto tersebut adalah bukti telah dekatnya hari kiamat, sebuah penjelasan rasional membuat semua komentar mereka menjadi terlalu mengada-ada.

"Richard, yang Anda foto hanyalah bayangan sebatang pohon palem. Anda mencoba menjadi terkenal dengan foto ini, tapi itu takkan berhasil."


Jadi, mengapa sebuah bayangan pohon bisa begitu menyeramkan dan mirip sosok setan?  Psikolog mengatakan bahwa otak manusia sangat sulit menentukan perbedaan pola, makna dan bahkan sebuah gambar wajah. Otak akan merespon objek dari benda dengan pola acak namun memiliki kemiripan dengan objek yang terlihat sehari-hari dan akan mengasosiasikan sebagai objek yang dikenal, padahal objek tersebut bukan benda sebenarnya. Fenomena ini disebut pareidolia.

Kesalahan persepsi melihat benda ini juga sering terjadi pada pemburu UFO yang mengaku melihat beberapa alien atau bentuk mirip benda buatan UFO diatas permukaan planet Mars.

Artikel menarik lainnya :
Mengungkap Kebenaran Tujuh Objek Misterius di Planet Mars
Sumber : dailymail.co.uk

loading...