Jurus Jitu Hadapi Kejaran Anjing Galak

Tags

Tipsiana.com - Di keseharian kita, pasti ada saat dimana kita sedang sial dan harus menghadapi hal tak terduga. Mendorong motor mogok di malam hari, kecopetan, atau malah harus menghadapi anjing galak yang entah datang dari mana tiba-tiba menyergap.

Mari kita bicara soal anjing galak. Setiap hari kita menghadapi resiko diserang anjing liar saat sedang berjalan atau sekedar berolahraga lari. Beberapa anjing kadang dapat berperilaku tak terduga dan menjadi sangat agresif. Situasi ini menjadi ancaman serius bagi kita karena bila sampai tergigit, resiko cidera atau infeksi rabies bisa sangat membahayakan.


Apa yang harus dilakukan saat menghadapi anjing yang mengejar kita? Bila yakin lari kita lebih kencang dari si anjing, lari menjauh bisa jadi pilihan. Tapi bila tidak, lima langkah rekomendasi dari pelatih anjing profesional berikut bisa menyelamatkan kita dari serangan anjing.

Jangan panik!

Banyak orang percaya kalau anjing dan binatang lainnya bisa merasakan ketakutan manusia. Jadi, Anda bisa berusaha sekuatnya untuk tetap tenang saat anjing galak tiba-tiba menggeram dan menggonggong kearah Anda. Jika Anda berteriak ketakutan, merentangkan tangan, atau lari menjauh, itu malah akan memicu insting memangsa anjing dan memprovokasi dia untuk menyerang.

Pelankan lari Anda menjadi berjalan

Jika Anda menghadapi anjing galak saat sedang berlari, ubahlah dari lari ke berjalan. Berbaliklah dan berjalan menjauh membelakangi anjing, tapi tetap awasi dengan sudut mata Anda.

Selain itu, meletakkan kedua lengan Anda lurus di sisi tubuh akan membuat anjing kehilangan minat dan akan pergi menjauh.

Jangan tatap mata anjing!

Kontak mata langsung dapat membuat anjing semakin agresif. Menatap mata anjing akan diartikan sebagai ancaman dan ini jadi alasan anjing malah akan menyerang Anda. Tetap perhatikan si anjing, tapi hindari kontak mata. Ini akan menjadi sinyal bagi anjing kalau Anda bukanlah ancaman baginya dan ia mungkin akan pergi menjauh.


Alihkan perhatian anjing dengan benda lain

Bila tiga cara diatas belum berhasil, banyak benda yang bisa menolong Anda. Beri sesuatu yang akan digigitnya, seperti kayu, botol, atau bila terpaksa, sandal Anda. Ini bisa mengalihkan perhatian anjing sejenak dan memberikan waktu bagi anda untuk melarikan diri.

Perintahkan si anjing untuk pergi

Jika anjing tetap agresif, apa boleh buat, Anda harus hadapi. Sambil tetap menghindari kontak mata, perintah anjing untuk pergi menjauh. Pastikan suara perintah anda lantang dan percaya diri, tapi jangan bernada tinggi. Bentak anjing dengan kata "Jangan!" atau "Pergi sana!" dengan nada tegas. Anjing akan ketakutan dan pergi menjauh.

Sumber : runnersworld.com, brightside.me

loading...