10 Trik dan Tips Unik Yang Permudah Keseharian Anda

Tags

Tipsiana.com - Dalam mengerjakan rutinitas sehari-hari, kita akan selalu menghadapi kegiatan yang seringkali sama dan terus berulang. Ibu rumah tangga setiap pagi akan selalu memasak untuk sarapan keluarga, menyiapkan kebutuhan anak ke sekolah, sampai seharian membersihkan rumah.

Nah, kita sering jengkel bila sebuah pekerjaan sepele ternyata bisa membuat kita menghabiskan banyak waktu sia-sia. Tentu ini akan mengganggu tugas lainnya. Kita akan sangat terbantu bila ada trik 'jalan tikus' yang bisa digunakan untuk mempermudah tugas.


Sepuluh trik dan tips sederhana dan unik ini akan mempermudah Anda menjalani keseharian. Malah, beberapa trik akan membuat suasana baru dan mengobati kebosanan mengerjakan rutinitas sehari-hari.

1. Menemukan benda kecil yang hilang


Gunakan vacuum cleaner untuk menemukan benda-benda mungil yang tercecer, semisal anting. Cukup tutupi mulut vacuum cleaner dengan stoking, dan mulailah mencari. Periksa secara berkala apakah benda yang Anda cari sudah ditemukan.

2. Mengeringkan pakaian dengan cepat


Jika Anda tidak memiliki mesin pengering dan butuh pakaian cepat kering, ini yang harus dilakukan. Letakkan kain basah yang sebelumnya sudah diperas semampunya ke handuk kering. Pelintir handuk yang berisi pakaian basah tadi sekuatnya agar air bisa terserap handuk dengan baik. Setelah itu, gantung dan jemur pakaian memakai hanger.


3. Menghilangkan bau sepatu


Jika sepatu Anda bau, letakkan beberapa kantong teh celup kering kedalam sepatu agar menyerap bau. Jika sepatu Anda tak hanya bau tapi juga basah, isi kedalamnya campuran beras dengan baking soda dan biarkan selama beberapa hari.


Anda juga bisa menghilangkan bau sepatu dengan menggunakan gumpalan kertas koran lembab yang dimasukkan kedalam sepatu. Biarkan selama 1-2 hari. Bila mungkin lakukan sambil menjemur sepatu dibawah terik matahari. Untuk sepatu yang baunya parah dan Anda masih malas untuk mencucinya, gunakan trik ini sambil mengganti kertas koran beberapa kali hingga bau hilang.




4. Mengatasi sepatu kekecilan

Jika sepatu baru Anda terasa terlalu ketat, masukkan kedalamnya gumpalan koran basah sebanyak yang bisa disumpalkan. Biarkan hingga koran mengering lalu keluarkan koran. Sepatu anda akan lebih longgar.


Cara lain adalah dengan menggunakan hair dryer. Pakai beberapa kaus kaki tebal lalu pakai sepatu Anda. Panasi sepatu dengan hair dryer sampai kulit sepatu melunak dan terasa melonggar. Hati-hati dengan cara terakhir ini, jangan gunakan hair dryer terlalu lama atau terlalu dekat karena beresiko merusak sepatu.

5.  Membuat sepatu tahan air


Ubah sepatu canvas Anda menjadi sepatu tahan air, yang dibutuhkan hanyalah lilin lebah dan kipas pengering. Gosokkan lilin lebah diseluruh permukaan sepatu Anda. Lalu, gunakan pengering untuk melumerkan lilin lebah hingga meresap kedalam sepatu dan tak terlihat. Sepatu Anda kini akan tahan air.

6. Membesarkan suara speaker ponsel


Letakkan ponsel Anda kedalam gelas kosong atau mangkuk untuk memperbesar suaranya.

7. Menghilangkan noda toilet

Tuang sekaleng Coca-Cola kedalam lubang toilet, dan biarkan semalaman. Setelahnya, cuci dan air sabun dan bersihkan.


8. Membersihkan saluran pembuangan air

Siram pipa saluran pembuangan dengan air panas. Semenit kemudian, taburi secangkir baking soda kedalamnya. Dengan perlahan, tuangkan juga secangkir cuka kedalam salauran pembuangan. Siram sekali lagi dengan air panas.

9. Penghilang bau badan


Jika Anda lupa memakai deodoran dan tak mau bau badan saat sedang beraktivitas, potong jeruk atau lemon segar menjadi dua bagian dan gosokkan ke kulit. Bau badan akan segera hilang.

10. Menghilangkan bau mulut


Nah, jika kali ini Anda lupa gosok gigi atau kehabisan odol gigi, kunyahlah buah apel. Apel dapat membantu menghilangkan bau mulut.