1 Desember 2016

Ular-Ular Ini Mati Setelah Memangsa Korbannya

Tags

Tipsiana.com - Ular adalah salah satu predator berbahaya yang berkeliaran di muka bumi ini. Mereka memiliki banyak spesies dengan beragam bentuk dan ukuran. Sebagai predator ulung, tiap jenis ular memiliki cara yang berbeda-beda untuk menangkap mangsanya.

Beberapa jenis ular membunuh mangsanya dengan bisa beracun dan yang lainnya dengan melilit korban hingga kehabisan napas dan menghancurkan tulang-tulang mangsanya. Namun ternyata, tak selamanya superioritas ular ini berlaku. Kadangkala, hewan pemangsa ini malah berbalik dimangsa. Tragisnya, mereka mati setelah memangsa korbannya sendiri.


Cara membunuh mereka cukup mengerikan, namun skenario terburuknya adalah ketika ular ternyata tak mampu mencerna makanan yang telah ia telan. Delapan kejadian berikut ini adalah contoh saat ular mengalami pengalaman buruk dengan makanannya.

#8 : Dua ekor ular piton berkelahi berebut tikus. Salah satunya berhasil memakan tikus, namun lawannya tak terima. Ibarat jeruk makan jeruk si ular memutuskan untuk memakan piton yang baru memangsa tikus tadi.



#7 : Pada tahun 2014, seekor ular piton Afrika sepanjang 4 meter ditemukan mati dibawah tebing berbatu di Afrika Selatan. Setelah perut ular dibelah, ia ternyata menelan landak seberat 15 kg. Ular tersebut mati karena duri-duri landak menusuk bagian dalam perut ular tersebut.




#6 : Seekor ular beludak muda seberat 4,2 g mencoba memangsa kelabang seberat 4,8 g hidup-hidup. Ular nekat tersebut mati setelah kelabang mencari jalan keluar dan merobek tubuhnya. Peneliti menyebutkan, kelabang telah merusak seluruh organ dalam si ular. Kejadian ini terjadi di pulau Golem Grad di Macedonia pada tahun 2013. Karena ular sangat banyak di pulau ini, ia juga dikenal sebagai Pulau Ular.



#5 : Seekor ular Piton  Burma sekarat setelah memakan selimut listrik lengkap dengan kabel listrik dan kotak kontrolnya.  Sebuah operasi besar dilakukan untuk mengeluarkan selimut sepanjang 2,5 meter dari dalam perutnya. Piton ini, cukup beruntung masih tertolong dan jadi pengecualian dari daftar ini.



#4 : Neil McDougall, penduduk di wilayah Julatten, menemukan ular piton sepanjang 4,5 m mati tergeletak di halaman rumahnya. Perut gembungnya menunjukkan kalau ia baru saja menelan sesesuatu yang besar - seekor babi hutan. Menurut seorang ahli, ular tersebut  mati karena organ dalamnya tertusuk mangsangnya.



#3 : Perut ular Piton Burma sepanjang 4 meter meledak ketika ia hampir berhasil menelan seekor buaya sepanjang 2 meter di Florida. Ini terjadi pada bulan Oktober 2015, ketika piton tanpa kepala ditemukan mati dengan seekor buaya keluar dari bagian tengah tubuhnya.



#2 : Pada 27 Oktober 2011, ular piton sepanjang 5 meter tertangkap dan dibunuh oleh petugas PAM Frorida Selatan. Ini adalah penemuan reptil terbesar di Florida Selatan yang baru saja menelan seekor rusa dewasa.


#1 : Seekor piton sepanjang 5,5 meter menelan bulat-bulat kambing betina yang sedang hamil. Tapi naas, kambing tersebut terlalu besar untuk ditelan dan ia berusaha kembali memuntahkannya, namun tak berhasil. Peristiwa ini terjadi pada bulan September 2006 di sebuah desa di daerah Kampung Jabor, Malaysia. Petugas kebakaran dipanggil untuk menepikan ular piton kembung yang mati di tengah jalan raya.



loading...