Sepuluh Trik Cerdas Memasak Di Dapur

Tags

Tipsiana.com - Hanya koki tingkat mahir yang bisa memotong apel tanpa pisau, mengupas kulit telur dalam sekali gerakan, dan mampu memotong bawang tanpa menangis. Mereka sudah tahu semua trik memasak dan karenanya, mereka menikmati setiap proses memasak dengan nyaman.

Meski bukan juru masak profesional, itu bukan berarti kita tak bisa menguasai keahlian mereka. Sepuluh trik memasak berikut ini akan membuka rahasia keahlian mereka dan kita dengan mudah bisa menguasainya.

Cara mengupas kulit telur dengan mudah


Rebusan telur akan lebih mudah dikuliti juga Anda memasukkan sepotong lemon kedalam panci saat merebus. Cara lain adalah dengan memasukkan  1/2 sendok teh baking soda, efek yang dihasilkan akan sama.

Memotong bawang tanpa menangis


Jangan biarkan air matamu menetas kembali, cukup tempatkan bawang kedalam freezer kulkas selama 15 menit sebelum Anda mulai memasak. Bawang yang dingin akan mengurangi reaksi pencampuran senyawa sulfur dengan asam amino sulfoxides yang menghasilkan gas 'air mata'.

Membuat kue tanpa telur


Jika Anda ingin membuat bolu atau kue kering tapi Anda tiba-tiba baru sadar kalau kehabisan telur, Anda bisa menggunakan pisang sebagai bahan pengganti. Gunakan rasio 1 telur = 1/2 pisang. Kue akan tetap lembut dan enak.

Membuat rasa secangkir kopi menjadi sempurna


Trik ini akan sangat disukai oleh para pecinta kopi dan siapapun yang tak ingin bangun pagi tanpa secangkir kopi panas. Tambahkan sedikit garam dan kayu manis pada bubuk kopi sebelum diseduh. Garam membantu menyingkirkan rasa pahit dan kayu manis akan menambah cita rasa kopi Anda.


Cara membelah dua apel tanpa pisau

Jika Anda hanya punya satu apel untuk berdua, berikut cara mudah membagi buah apel menjadi dua tanpa pisau:
  • Putar tangkai apel hingga putus
  • Letakkan apel dalam genggaman sambil diputar-putar hingga mendapatkan posisi jari yang nyaman
  • Tekan kuat dan dorong kearah samping, apel akan terbelah dua dengan mudah.


Cara cepat mengupas kulit bawang putih


Untuk menghemat waktu saat mengupas kulit bawang putih, tempatkan kedalam microwave selama 15 detik, ini akan membuat kulit bawang mudah dikupas.

Memilih paprika paling enak


Ketika membeli paprika, lihatlah bagian bawahnya. Jika paprika memiliki 3 benjolan, itu berari paprika jenis 'jantan', sementara 4 benjolan adalah paprika 'betina'. Paprika 'betina' rasanya lebih manis, dan baik digunakan saat masih segar. Paprika 'jantan' lebih padat, dan aromanya lebih kuat, jadi ia sangat baik untuk bahan berbagai masakan.

Memotong bolu dengan benang


Anda bisa memotong bolu dengan benang jahit atau benang gigi untuk mendapatkan potongan sempurna




Kentang goreng tanpa digoreng


Jika Anda mengira tak ada lagi yang lebih enak dari kentang goreng, cobalah memasak kentang dengan cara ini: potong-potong kentang seperti gambar diatas, percikkan minyak zaitun atau minyak makan, sisipkan potongan keju ditiap irisan, serta tambahkan garam dan lada untuk penambah cita rasa. Masukkan kedalam oven dengan suhu 220 derajat Celcius selama 40 menit. Rasakan kenikmatan rasanya.

Mengupas kulit kentang dengan cepat

Jika Anda tak sabar mengupas kulit kentang, cobalah trik ini :
  • Buatlah irisan tipis melingkar ditengah badan kentang
  • Tuang air panas kedalam panci berisi kentang, letakkan diatas kompor dan tunggu hingga mendidih
  • Buang air panas dan ganti dengan air dingin
  • Ambil kentang yang telah dingin dan cobalah kupas kulitnya, dalam satu gerakan kulit kentang akan mengelupas.

loading...