Meski Tampak Biasa, Kemampuan Portal Pelindung Ini Selamatkan Banyak Nyawa

Tags

Tipsiana.com - Saat melakukan perjalanan ke daerah pegunungan dengan kondisi jalan curam dan berkelok tajam, Anda pasti sering menahan napas ketika kendaraan yang ditumpangi melaju kencang di tikungan. Meski biasanya disetiap tikungan terdapat portal pelindung yang berfungsi menahan kendaraan agar tak masuk jurang bila terjadi kecelakaan, tapi kita semua tahu itu takkan banyak membantu.

Kualitas portal pelindung jalan di Indonesia masih sangat diragukan keandalannya. Bahkan di beberapa tempat, portal pelindung dibangun hanya sebagai 'pajangan' tanpa kualitas. Tertabrak sedikit saja, pagar pembatas akan tercabut dari pondasinya.


Hal ini sangat berbeda dengan di luar negeri, mereka secara terus-menerus mencari cara untuk bisa menyelamatkan jiwa seseorang lewat kreativitasnya. Baru-baru ini, sebuah perusahaan di Korea Selatan mengembangkan sebuah portal pelindung model baru yang di desain khusus untuk menyelamatkan nyawa dan mampu mengurangi kemungkinan pengemudi atau penumpang terluka.



Serangkaian roller plastik dipasang diantara kolom portal penghalang. Sedangkan bagian logam mampu menyerap kekuatan benturan mobil. Saat tertabrak, rol plastik bisa melentur untuk mencegah mobil terbalik, dan pada saat yang sama mengurangi potensi kerusakan mobil.


Dengan teknologi ini, dipastikan akan mampu menyelamatkan ribuan nyawa manusia saat terjadi kecelakaan di jalan raya. Semoga teknologi ini akan diterapkan juga di Indonesia dengan kualitas yang sama dengan di Korea Selatan.

loading...