14 Desember 2016

Jangan Buang Gigi Susu Anak Anda, Ini Alasannya

Tags

Tipsiana.com - Ada kebiasaan unik di barat, dimana anak kecil sering menunggu gigi susunya tanggal untuk kemudian disimpan dibawah bantal sambil berharap peri gigi datang mengambil giginya untuk ditukarkan dengan uang. Mitos 'komersil' yang dipercaya anak-anak tersebut kini ada benarnya. Gigi susu ternyata sangat berharga dan layak disimpan baik-baik.

Kini, dokter dan para ahli telah berhasil mengekstrak sel induk dari gigi susu. Bila dulu diketahui sel induk bisa diambil dari tali pusar bayi dan tulang sumsum, gigi susu rupanya juga membawa sel-sel induk yang berharga.


Apa itu sel induk? secara umum, dokter dan pasien meyakini bahwa sel induk adalah terobosan ilmu kedokteran di masa depan. Para ahli mengatakan bahwa sel-sel induk adalah perangkat unik yang bisa memperbaiki tubuh kita sendiri. Mereka adalah pluripoten, yang berarti sel induk dapat berubah menjadi semua sel yang ada dalam tubuh kita.


Artinya, bila dalam perkembangannya tubuh si anak tiba-tiba mengalami penyakit tertentu yang membutuhkan pergantian jaringan organ, sel induk dari gigi susu mereka bisa digunakan untuk menumbuhkan jaringan yang dibutuhkan tersebut. Ia bisa menumbuhkan organ tubuh, tulang, otot, syaraf, bahkan sel yang bisa memproduksi insulin. Bila transplantasi organ dari donor luar memerlukan prosedur rumit dan jenis organ yang harus cocok agar tidak di tolak tubuh, semua jaringan yang ditumbuhkan lewat sel induk dari diri sendiri ini tidak akan mengalami penolakan.

Dengan potensi luar biasa ini, praktek menyimpan gigi susu anak bisa menyelamatkan nyawa dan mengobati berbagai penyakit yang dideritanya.