Empat Peristiwa Penting Yang Akan Terjadi Di Tahun 2017

Tags

Tipsiana.com -  Setelah melewati tahun 2016 yang menjadi salah satu tahun paling dikenang selama dekade terakhir, kita akan kembali menuju ke tahun yang baru. 2017 (MMXVII), menurut Kalender Gregorian, akan dimulai dengan banyak kemeriahan dan ribuan perayaan pada hari Minggu 1 Januari di seluruh dunia.

Banyak hal menarik yang akan terjadi pada tahun 2017. Selain akan digelarnya Pilkada serentak di seluruh Indonesia (dan tentu saja kita menantikan Pilkada 'terpanas' di DKI Jakarta), akan dilantiknya Donald Trump sebagai Presiden AS yang baru dan dirilisnya film Star Wars episode ke delapan, ada beberapa peristiwa yang akan menjadi tonggak sejarah dunia, terutama dalam bidang iptek.

Jadi, apa saja peristiwa penting yang paling dinanti di tahun 2017 nanti? mari kita simak empat diantaranya.

Dibukanya Berkas Pembunuhan JFK Setelah Menjadi Rahasia Selama 54 Tahun

Setelah pemutaran perdana film JFK pada tahun 1991, kemarahan publik Amerika tak terbendung lagi dan pada tahun 1992 mendesak  kongres AS untuk mensahkan President John F. Kennedy Assassination Records Collection Act. Ini berarti pemerintah diwajibkan untuk membuka seluruh rekaman data yang berkaitan dengan pembunuhan Presiden John F Kennedy di tahun 1963.


Butuh waktu enam tahun untuk mengumpulkan semua berkas data yang berkaitan tentang pembunuhan JFK. Berkas itu disebut berisi sekitar 4 juta halaman, namun baru akan dipublikasikan ke publik pada tahun 2017 mendatang. Jadi, akhirnya publik bisa menilai apa yang sebenarnya terjadi, mengapa dan oleh siapa Presiden John F. Kennedy dibunuh.


Penggunaan Ragi Sintetis Pertama

Pada tahun 2010, sel hidup yang dikontrol oleh DNA buatan (sintetis) dibuat untuk pertama kalinya. Ketika itu yang dibuat adalah sebuah sel bakteri sederhana tanpa nukleus. Sebuah program baru kini sedang berjalan untuk memproduksi ragi sintetis, sebuah sel dengan nukleus yang pembuatannya jauh lebih rumit.


Prof. Tom Ellis menjelaskan bahwa manusia telah lama memanfaatkan produk-produk ragi untuk membuat alkohol dan berbagai jenis roti, dan pada tahun 2017, kita akan mampu menggunakan sel ragi sebagai media untuk "membuat beragam produk kompleks yang dibutuhkan untuk kehidupan modern." Diperkirakan studi ini akan memberikan wawasan yang cemerlang dalam ilmu genetika.


Pendaratan ke Bulan oleh Swasta Pertama

Balik ke tahun 2007, Google membuat sebuah sayembara berhadiah sebesar 20 juta dolar bagi perusahaan swasta yang mampu mendaratkan wahananya dengan sukses ke permukaan bulan.  Tiga perusahaan ikut sayembara ini, namun sejauh ini baru satu perusahaan, Moon Express, yang telah mendapat izin dari pemerintah AS.


Peluncuran pesawat dijadwalkan pada pertengahan 2017, Perusahaan ini berharap nantinya dapat mulai melakukan penambangan di bulan. Setelah berpuluh tahun tak pernah didatangi manusia, keberhasilan pendaratan ini akan membuka jalan bagi pesawat berawak swasta ke bulan.

Operasi Tranplantasi Kepala Manusia Pertama

Ahli bedah Sergio Canavero telah berjanji pada tahun 2017, ia akan mampu melaksanakan operasi transplantasi kepala manusia untuk pertama kalinya. Dengan teknik ini, ia akan memberikan tubuh baru bagi orang yang mengalami kelumpuhan total.

Baru-baru ini, Canavero mengumumkan ia telah sukses melakukan operasi transplantasi kepala pada tikus dan monyet, dimana keduanya telah diberikan tubuh baru dan berhasil selamat.


Canavero saat ini sedang mencari sponsor keuangan dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg untuk membiayai operasi seorang pasien berusia 31 tahun asal Rusia, Valery Spiridonov, yang telah mendaftar untuk menjadi orang pertama yang menjalani transplantasi kepala. Jika operasi ini berhasil, ini akan menjadi kisah paling hebat abad ini.

loading...