13 Fenomena Alam Paling Misterius

Tags

Tipsiana.com -  Berbagai fenomena alam biasanya selalu bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada zaman dulu, berbagai keanehan alam selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau mistik, namun kini ilmu pengetahuan hampir selalu bisa menjelaskannya. Meski begitu, ada beberapa fenomena alam yang masih misterius dan ilmuwan masih membutuhkan waktu untuk memecahkannya.

Alam takkan berhenti membuat kita takjub. Tak peduli apakah fenomena yang terjadi telah mampu dijelaskan dengan logika atau sama sekali masih belum dimengerti, mereka akan selalu membuat manusia heran. Alam akan selalu menunjukkan pesonanya


Bila kita berpikir manusia telah mampu memahami semua hal yang terjadi di bumi ini, itu masih jauh dari kenyataan.  Kali ini kita akan menyimak 13 fenomena alam paling langka dan aneh yang menjadi bukti bahwa manusia masih perlu banyak tahu tentang dunianya.

Bola Api St. Elmo (St. Elmo's Fire)


Diatas puncak tiang kapal kadang diterangi oleh bola api hantu, biasanya fenomena ini terjadi saat hujan badai di tengah samudra.

Nama St. Elmo's Fire berasal dari Erasmus dari Formiae (yang juga dikenal sebagai St. Elmo), seorang santo pelindung dan pelaut. Fenomena ini muncul di kapalnya yang sedang dihadang badai petir, ia melihat fenomena ini dengan takjub, sehingga ia menamai fenomena ini dengan nama Api Santa Elmo.

Orang-orang Eropa pada abad pertengahan percaya bola api yang menari-nari ini adalah hadiah yang diberikan oleh St. Elmo. Dalam legenda dicerikan kalau St. Elmo berjanji untuk selalu berdoa dan memberikan peringatan dalam bentuk bola cahaya di puncak tiang kapal.

Pipa Salju Gunung Berapi Antartika


Gunung Erebus merupakan salah satu gunung berapi terbesar dan paling aktif di Antartika. Uniknya, puncak gunung ini tertutup dengan pipa salju yang terbuat dari uap beku yang keluar dari celah es.

Pilar Cahaya


Fenomena optik yang indah ini muncul saat cahaya dari matahari, bulan atau lampu-lampu kota dipantulkan oleh partikel kecil es di udara.

Salju "Spaghetti" di danau Finlandia


Seorang pria dari Hämeenlinna, Finlandia, menemukan benang salju yang tampak seperti mie di danau dekat rumahnya. Dan ternyata ia bisa mengambil benang ini untuk membuat bola salju. Benang salju ini kemungkinan muncul oleh gerakan angin dan air sesaat sebelum salju meleleh.

Hutan Menari


Sebuah hutan di Rusia memiliki pohon-pohon aneh yang membungkuk, dan ilmuwan sampai sekarang belum sepakat pada satu kesimpulan tentang fenomena ini. Beberapa orang mengatakan penyebabnya adalah karena serangan parasit, sementara yang lain mengklaim angin kencang yang jadi penyebabnya, sementara orang-orang tua menganggap tempat ini berhantu.


Sprite


Percikan cahaya berwarna merah atau biru yang muncul diatas langit dulu sering disangka alien. Setelah fenomena ini pertama kali tertangkap kamera pada tahun 1989, barulah orang tahu bahwa sprite adalah 'saudara jauh' dari petir yang sangat langka.

Gelompang Pasang Merah Darah


Air pasang yang berwarna merah bak darah ini terbentuk dari sejumlah alga merah yang sangat kecil yang tumbuh di dekat permukaan air. Air pasang merah ini berbahaya bagi penghuni laut karena kandungan oksigen air berkurang, sementara hidrogen sulfida dan amonia meningkat. Sejumlah ilmuwan menghubungkan air pasang merah ini dengan kejadian wabah air sungai nil yang berubah menjadi darah dan membunuh ikan-ikannya.

Hantu Brocken


Jika Anda sedang berada di pegunungan dan melihat ke arah matahari, kadangkala akan tampak bayangan lingkaran pelangi raksasa. Inilah yang terjadi pada fenomena hantu Brocken.

Broken Spectre ini terjadi apabila benda/orang menutupi sinar matahari yang jatuh pada awan atau kabut yang mengandung air. Persepsi kedalaman yang dipengaruhi oleh kabut/awan menghasilkan ilusi optik yang membuat bayangan benda/seseorang muncul diperbesar. Pembiasan cahaya dalam kabut/awan di sekitarnya, menyebabkan efek pelangi.

Hal ini hanya dapat terjadi ketika matahari berada tepat di belakang punggung pengamat, dan ketika kabut di belakang mereka cukup tebal dan berisi tetesan air yang cukup untuk membuat efek terlihat.

Bola Naga Sungai Mekong


Pada bulan Oktober, dari dalam sungai Mekong sering keluar beberapa bola api merah yang naik membungbung hingga ketinggian 15 meter sebelum kemudian menghilang. Penduduk setempat percaya bola-bola api yang muncul ini adalah semburan dari naga yang berdiam di dasar sungai Mekong. Untuk menghormati sang naga, mereka membuat Festival setiap tahunnya. Ilmuwan menjelaskan bola api tersebut adalah kumpulan gas yang keluar dari dasar sungai.




Lembah Burung Jatuh


Selama ratusan tahun, burung- burung di sekitar lembah Jatinga, India, memiliki perilaku aneh. Mereka terbang rendah dalam lingkaran, dan beberapa diantaranya akan jatuh dengan kondisi setengah pingsan.

Burung biasanya menggunakan matahari dan medan magnet bumi untuk bernavigasi dan menemukan jalan pulang. Alasan kelakuan aneh mereka kemungkinan besar disebabkan oleh anomali geofisika yang terjadi di lembah Jatinga yang akhirnya mengacaukan sistem navigasi alami mereka.

Anomali Laut Baltik


Sebuah objek misterius ditemukan di dasar laut Baltik, benda ini seperti pesawat UFO. Para ilmuwan belum sepakat dari mana asal muasal benda ini. Benda ini terbuat dari basal, batuan beku yang biasa terjadi dari magma. Jadi ini bukan pesawat ruang angkasa. Banyak teori menyebut ini adalah hasil dari luruhan glasier, namun ada juga yang menyebutkan ini adalah fasilitas militer rahasia milik NAZI.


Brinicle, Sang Jari Es Kematian


Fenomena ini terjadi selama terjadinya perbedaan temperatur beku di air laut Artik yang juga memiliki perbedaan keasinan. Terlihat seperti pertumbuhan es tiba-tiba yang mengubah musim semi di dasar laut menjadi musim beku. Jari es ini membekukan setiap binatang air yang disentuhnya.

Brinicle pertama kali dihipotesakan pada tahun 1974, namun baru dibuktikan keberadaannya pada tahun 2011. Hanya ada satu video yang merekam fenomena luar biasa ini, dimana pertistiwa ini terekam secara tak sengaja oleh stasiun BBC saat membuat film dokumenter tentang laut beku.

Lingkaran Es di Sungai


Sebuah lingkaran sempurna yang secara perlahan berubah menjadi es terbentuk di aliran sungai. Sepotong es mulai berputar, sudut-sudutnya terkikis dan berubah menjadi lingkaran sempurna. Fenomena ini telah dilaporkan juga terjadi di Skandinavia, Amerika Utara, Jerman, Inggris, dan Rusia.

loading...