13 November 2016

Tips Sederhana Buat Pakaian Tidak Cepat Luntur dan Pudar

Tags

Tipsiana.com - Menjaga agar pakaian tetap bersih dan selalu berwarna seperti baru meski telah dipakai lama adalah idaman setiap ibu rumah tangga. Hanya saja untuk bisa menjaga warna pakaian agar tetap kinclong sering membuat bingung para ibu.

Kualitas kain dan teknik mencuci yang benar adalah faktor kuncinya. Salah memperlakukan sejak awal akan membuat warna pakaian mudah luntur dan pudar. Untuk mencegahnya, tips sederhana berikut ini akan membuat ibu bisa tetap merawat warna pakaian dengan baik.


Berikut tipsnya :

1. Pada tiap-tiap pakaian serta celana sudah pasti terdapatkan label kecil, di mana pada label tersebut berisikan simbol-simbol yang akan menuntun kita dalam merawat pakaian tersebut supaya awet, tahan lama, warna pakaian tak pudar dan lainnya.

2. Untuk pakaian berwarna gelap semisal hitam, cokelat serta maroon. Sebaiknya jangan merendamnya dengan deterjen, sebab pakaian berwarna gelap umumnya mudah luntur. Dan jangan pula menggabungkannya dengan pakaian berwarna cerah, warna lunturnya tersebut bisa menempel pada pakaian berwarna cerah. Orang tua pun kerap memberitahukan bahwa mencuci pakaian berwarna gelap mesti di balik yaitu bagian dalam pakaian berada di posisi luar, hal ini di sebabkan warna gelap lebih banyak menyerap panas sehingga membuat warnanya cepat pudar.

3. Ketika menggunakan mesin cuci, jangan terlalu penuh. Cara tersebut memang akan menghemat waktu sebab tak harus mencuci berkali-kali. Namun hal itu bukanlah cara yang benar, mencuci terlalu penuh justru akan membuat kinerja mesin cuci tidak maksimal. Sehingga hasil cucian pun tak akan maksimal.


4. Penggunaan deterjen bisa membuat warna pudar dan ada pula deterjen yang dapat membuat warna pakaian tetap awet serta terjaga. Bacalah label pada pakaian dan label pada deterjen, sebab tiap-tiap deterjen berbeda fungsi untuk jenis pakaian apa saja deterjen tersebut digunakan.

5. Jangan menjemur pakaian terlalu lama, sebab akan membuat pakaian menjadi bau matahari dan juga akan mengurangi warna serta kualitas pakaian.

6. Agar warna pakaian tak luntur sebaiknya dicuci menggunakan air dingin sebab warnanya akan awet.

7. Dikutip dari Housekeeping.com, menambahkan cuka ketika proses pencucian bisa membuat warna pakaian tetap cerah serta awet. Meskipun bau cuka terasa tak mengenakan, tetapi bau tersebut akan menghilang ketika proses pembilasan dan ternyata cuka pun bisa menjadi pelembut pakaian alami.

Sumber : https://www.instagram.com/p/BMu3QQsgl6A/

loading...