3 November 2016

Beginilah Orang Buta Warna Melihat Dunia

Tags

Tipsiana.com - Menurut data tentang buta warna dari sumber terpercaya, sebanyak 0,5 % wanita dan 8 % laki-laki di dunia menderita gangguan penglihatan yang membuat persepsi mereka akan warna menjadi tidak akurat. Umumnya, kita menyangka orang yang mengalami buta warna sama sekali tidak bisa melihat warna selain hitam dan putih. Ternyata, sangkaan itu tidak tepat.

Artikel ini akan membandingkan cara melihat orang yang mengalami beberapa jenis bentuk buta warna dalam melihat dunia. Dari sini kita akan mengetahui sebagian besar dari mereka ternyata tidak hanya melihat dalam hitam dan putih saja.


Ada beberapa kategori berbeda dari penderita buta warna, tapi kita akan fokus pada yang paling umum. Hasilnya akan membuat kita takjub.


Orang dengan penglihatan normal akan melihat dunia sekitar mereka dengan warna-warni ini.


Deuteranomalia adalah bentuk paling umum dari buta warna. Sekitar 4, 63% laki-laki menderitanya dan pada banyak kasus mereka bahkan tak menyadarinya. Terlihat jelas pada foto ada beberapa warna yang kehilangan kecerahannya, terutama yang mengarah pada warna hijau dan merah.


Protanopia adalah bentuk yang lebih meluas dari buta warna. Hanya sekitar 1% penderita yang mengalaminya. Semua nuansa hijau dan merah tampak menghilang, sementara nuansa biru dan kuning tetap tak berubah.


Tritanopia adalah bentuk langka dari buta warna yang dialami sebagaian kecil pria dan wanita. Mereka yang mengalami jenis buta warna ini akan melihat dunia dalam nuansa warna kehijauan dan merah muda.


Orang yang mengalami buta warna total benar-benar ada, tapi teramat sangat jarang. Hanya 0,00003% dari populasi dunia yang cuma melihat dalam hitam putih.



 




Sumber : color-blindless.com via brightside.com

loading...